Guerilla Marketing adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Penerapannya

Guerilla marketing, Apakah Anda lelah menerapkan taktik pemasaran yg tidak sama lantaran Anda melihat hasilnya? Jika benar strategi marketing lama Anda tidak membuahkan hasil meski dilakukan dengan benar, saatnya Anda mencoba teknik marketing lain yaitu guerilla marketing atau pemasaran gerilya.

Pemasaran macam apa ini? Simak penjelasannya di akhir artikel ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengertian, jenis, manfaat dan contoh guerilla marketing di Indonesia!

Apa itu Guerilla Marketing?

Secara umum, pemasaran gerilya atau pemasaran digital adalah strategi pemasaran di mana pengiklan menggunakan pendekatan, kejutan, dan interaksi yang tidak biasa untuk memasarkan produk mereka. Dengan kata lain, jenis pemasaran ini biasanya berbeda dengan teknik pemasaran tradisional pada umumnya.

Dalam bahasa Indonesia, istilah ini juga sering disebut dengan gerilya marketing. Karena ide dasar periklanan adalah mempromosikan layanan Anda sendiri dengan interaksi yang mengejutkan.

Oleh karena itu, teknik pemasaran ini sangat bergantung pada kualitas interaksi antara perusahaan dengan audiens. Selain itu, pelaksanaan pemasaran gerilya juga harus bergantung pada pengiklan handal yang bertanggung jawab untuk memasarkan produk di wilayah tertentu.

Banyak yang mengatakan bahwa metode pemasaran gerilya dapat mencapai konversi yang lebih tinggi. Selain itu, biaya awal iklan yang cukup murah masih mempengaruhi penjualan perusahaan khususnya di Indonesia.

Oleh karena itu, pemasaran guerilla di Indonesia seringkali menjadi andalan para pemasar. Karena dapat menghasilkan hasil yang mengejutkan dengan uang yang relatif sedikit.

Keuntungan dari Guerilla Marketing

Dibandingkan dengan metode pemasaran lainnya, pemasaran gerilya adalah teknik yang dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi bisnis apa pun. Berikut adalah beberapa manfaat pemasaran gerilya untuk upaya periklanan Anda:

  • Banyak orang sering membicarakan produk.
  • Iklan yang lebih mudah diingat untuk audiens yang lebih luas.
  • Pengiklan kemudian dapat dengan mudah menerima tanggapan secara langsung sebagai bahan evaluasi.
  • Biaya pemasaran rendah.

Prinsip Pemasaran Girelya

Pada prinsipnya semua produk bisa menggunakan metode pemasaran gerilya. Pengiklan yang memenuhi syarat dapat mengemas iklan mereka dalam tampilan yang kreatif, segar, dan inovatif.

Kunci efektifitas pemasaran gerilya di Indonesia dan daerah lainnya adalah pengiklan harus mampu memahami emosi target konsumen dan menunjukkan kreativitasnya dengan baik.

Selain itu, pemasaran gerilya lebih cocok untuk perusahaan yang kelompok sasarannya masih muda dan menyukai keunikan dan luar biasa. Secara singkat, prinsip metode pemasaran gerilya adalah:

  • Penuh kejutan, tantangan atau kontroversi.
  • Membutuhkan imajinasi yang kreatif dan inovatif.
  • Hanya berlangsung singkat di area tertentu.
  • Tidak membutuhkan anggaran yang besar.
  • Mampu menyampaikan pesan khusus kepada penonton, menghibur atau menyampaikan nilai-nilai positif lainnya.

Cara Penerapan Guerilla Marketing

Guerilla Marketing

Bagaimana menerapkan Pemasaran Gerilya? Kualitas penting dari pemasaran gerilya adalah unik dan penuh kejutan. Sekilas, melakukan pemasaran gerilya tampaknya membutuhkan lebih banyak upaya untuk membuat iklan yang hebat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jika Anda mengetahui cara menerapkan pemasaran gerilya di bawah ini, siapa pun dapat membuat iklan gerilya yang hebat. Metode ini meliputi:

  • Sesuaikan strategi pemasaran gerilya Anda dengan bisnis Anda
  • Rencanakan anggaran Anda dengan hati-hati
  • Menyajikan ide kreatif dan inovatif
  • Siapkan ajakan bertindak yang jelas dan kuat.

Diatas ialah penjelasan tentang guerilla marketing, Pengertian, Jenis-jenis guerilla, Cara penerapannya, Bagaimana menurut anda? Apakah Anda siap menerapkan pemasaran guerilla untuk bisnis Anda? sekarang waktunya meningkatkan penjualan yang lebih canggih dari sebelumnya.

Leave a Comment