Estimasi Harga Dekorasi Pernikahan Sederhana

Biaya Pernikahan Zaman Sekarang

Pernikahan tentu membutuhkan biaya yang sangat besar. Namun apakah Anda berkenan mengosongkan kantong hanya demi pesta pernikahan mewah? Banyak pasangan yang melakukan kesalahan tersebut: pesta mewah yang menggunakan ratusan juta tapi belum memiliki rumah, kendaraan bermotor, investasi, bahkan dana darurat.

Apakah Anda ingin jadi salah satunya? Tentunya tidak kan?

Memang betul saat memiliki rencana pernikahan, kita bakal menghadapi stres akibat dituntut untuk membuat rencana masak dengan dana yang terbatas. Selain itu, Anda juga dipaksa menghadapi berbagai variasi vendor pernikahan dengan dengan harga dekorasi yang beragam.

Lalu bagaimana memiliki rencana pernikahan yang terkesan mewah dengan budget yang pantas tanpa perlu bertengkar dengan pasangan karena stres?

Jawabannya memang sederhana: MEWAH dan INDAH tidak perlu MAHAL.

Masih banyak alternatif vendor pernikahan yang memberikan penawaran yang pas di kantong dengan hasil yang maksimal. Jika Anda juga ingin pernikahan mewah dan indah tanpa perlu menguras kantong, kami telah merangkum beberapa tips didalam memiliki rencana dana pernikahan sampai harga dekorasi pernikahan atau dekorasi pelaminan yang murah dan minimalis.

 

Rincian Biaya Menikah Sederhana

Setiap pasangan yang tengah menjalin pertalian tentu saja memiliki tujuan, yaitu pernikahan. Tetapi tak jarang pasangan menunda pernikahan karena terhalang biaya. Kebahagiaan akan pernikahan jadi sebuah ketakutan akibat pemikiran bahwa MENIKAH ITU MAHAL.

Padahal, Anda bisa mengakalinya dengan membuat persiapan dana pernikahan sejak jauh-jauh hari. Adapun beberapa tips didalam membuat persiapan dana pernikahan adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Tanggal Pernikahan

Jika Anda telah memastikan untuk menikah, tentu saja Anda perlu tahu kapan pernikahan tersebut bakal dilangsungkan. Dengan demikian, Anda bisa paham berapa lama waktu yang Anda miliki untuk menyatukan dana yang dibutuhkan.

2. Perhitungkan Dana yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui tenggat waktunya, kini Anda perlu mengkalkulasi semua kebutuhan dana bagi pernikahan Anda. Jangan lupa untuk perhitungkan faktor inflasi bila pernikahan Anda masih jauh waktunya.

Menghitung dana sejak dini akan memberikan Anda waktu dan kesiapan yang lebih masak untuk menyatukan dana tersebut.

Daftar Kebutuhan Pernikahan beserta Biayanya

Sebelum memilih dana pernikahan, Anda dan pasangan perlu membuat daftar kebutuhan pernikahan beserta biayanya.

Misalkan, daftar kebutuhan pernikahan Ray dan Emma adalah sebagai berikut:

No Kebutuhan Harga (Rp)
1 Biaya Lamaran 5.000.000
2 Biaya Pre Wedding 7.000.000
3 Biaya Undangan 4.000.000
4 Biaya Souvenir 5.000.000
5 Biaya Mempelai Wanita 100.000.000
6 Biaya Mempelai Pria 40.000.000
7 Biaya Pendamping Mempelai Pria Wanita 10.000.000
8 Biaya Transportasi 5.000.000
9 Biaya Administrasi Pernikahan 40.000.000
10 Biaya Sewa Gedung 50.000.000
11 Biaya Dekorasi, Pencahayaan dan Audio 100.000.000
12 Biaya MC 5.000.000
13 Biaya Juru Foto dan Cetak 30.000.000
14 Biaya Video 10.000.000
15 Biaya Pengisi Acara (Musik) 20.000.000
16 Biaya Wedding Organizer 15.000.000
17 Biaya Catering 50.000.000
18 Biaya Kue Pengantin 15.000.000
19 Biaya Tiket Liburan 20.000.000
20 Biaya Liburan 30.000.000
TOTAL 595.000.000

 

Menghitung Kebutuhan Dana Pernikahan

Untuk membuat persiapan dana tersebut, Ray dan Emma memiliki rencana untuk menginvestasikan uangnya pada sebuah jenis investasi, yaitu reksa dana. Diketahui saat ini tingkat pengembalian reksa dana adalah 12% per tahun. Dengan pemikiran tingkat inflasi 2 tahun ke depan adalah 4%, maka diperoleh hasil sebagai berikut:

Dari hasil perhitungan, bisa diketahui berapa besar jumlah yang perlu diinvestasikan per bulannya oleh Ray dan Emma, yaitu sebesar Rp 21.051.800.

 

3. Mengikuti Rencana Dana Pernikahan dengan Tertib

Langkah terakhir yaitu ikuti rencana yang telah dibikin dengan tertib. Percuma jika rencana tidak diikuti dengan tindakan. Sehingga Ray dan Emma perlu mengikuti rencana tersebut dengan berinvestasi tiap bulannya sebesar Rp 21.051.800.

Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi investasi Anda, karena adanya perubahan tingkat pengembalian tiap saat. Jangan sangsi untuk mengubah jenis investasi jika memang ada tingkat pengembalian yang lebih baik tanpa risiko besar.

Pilihan Dekorasi Murah Meriah

Mari lihat kembali simulasi tadi, bisa diketahui dengan mudah bahwa dekorasi merupakan salah satu faktor termahal didalam pernikahan. Dalam contoh tadi dibutuhkan Rp 100 juta hanya untuk dekorasi. Bagi sebagian orang yang baru saja bekerja dengan gaji minim, bakal sulit untuk mendapatkan uang sebanyak itu didalam waktu singkat bukan?

Oleh karena itulah kita perlu kembali ke pola pikir yang benar. Pernikahan indah dan mewah BUKAN BERARTI MAHAL. Masih banyak kok alternatif dekorasi pelaminan yang indah dan mewah, bila saja desain minimalis yang tentu saja terlihat manis pada pernikahan Anda.

Dekorasi pelaminan (kuade) tradisional jawa juga kini tengah naik daun dan banyak diminati lho. Tentunya karena desain klasik yang minimalis dan kebiasaan istiadat kental bakal kesopanan dan kesantunan.

Dan kabar baiknya adalah dekorasi minimalis yang kelihatan elegan dan mewah tersebut bisa Anda peroleh mulai dari harga Rp 3 jutaan saja lho! Murah sekali bukan?

Anda hanya perlu menghubungi beberapa vendor dekorasi dan memperbandingkan harganya. Namun, ingatlah beberapa tips berikut ini untuk memangkas biaya dekorasi pelaminan Anda:

  • Hindari pemakaian bunga asli dan carilah bunga palsu yang bagus kualitasnya. Tidak ada yang bakal peduli dengan bunga-bunga pada dekorasi pelaminan saat Anda dan pasangan telah tampil memukau.
  • Anda bisa meniru desain yang telah pernah digunakan sebelumnya, sehingga vendor tidak memberikan biaya tambahan untuk membeli kebutuhan dekorasinya.
  • Pilih dekorasi yang senada dan manfaatkan produk lokal. Tidak ada tamu yang tahu bunga yang lokal atau import kok.

Leave a Comment