Cara Membuat Ice Coffee Latte Sendiri di Rumah

Pernah gak sih kepikiran untuk membuat kopi kekinan di rumah?­­ Kamu bisa loh bergaya ala barista dengan cara membuat iced coffee latte sendiri di rumah.

Bagi para barista coffe junkie, mungki berkunjung ke coffee shop setiap hari adalah hal yang wajib banget dilakukan. Nah, siapa nih yang selalu pesan online atau ke kafe terlebih dahulu sebelum berangkat ke kantor? Apalagi, sekarang ini kopi menjadi salah satu gaya hidup yang ga akan terpisahkan bagi sebagian besar kaum urban.

Cara Membuat Ice Coffee Latte

cara membuat ice coffee latte

Bagi kamu yang pecinta berat kopi, kini kamu bisa membuat iced coffe sendiri lho di rumah. Rasanya ga akan kalah dengan buatan para barista lhooo. Ini dia cara membuat ice coffee latte di rumah.

Pertama, seduh kopi. Belilah kopi dalam bentuk biji lalu seduhlah untuk menghasilkan rasa yang terbaik. Kamu bisa memilih biji kopi sesuai dengan kesukaanmu lalu menggilingnya dengan burr atau mill grinder untuk menghasilkan bubuk kopi yang konsisten. Seduh kopi dengan metode yang kamu sukai seperti French press, aeropress, ataupun pour over.

Kedua, dinginkan kopi. Setelah kopi kamu seduh, biarkan kopi dingin dengan sendirinya lewat suhu ruang. Jika kopi sudah dingin sempurna, masukkan ke dalam ice cube tray dan biarkan semalaman sampai membeku di lemari es.

Ketiga, buatlah cold brew. Cold brew merupakan minuman kopi yang menggunakan metode perendaman dengan air biasa dengan suhu ruangan atau air yang dingin. Hal yang perlu kamu ingat adalah cold brew tidak pernah terkena paparan atau suhu panas, sehingga rasanya lebih ringan dan istimewa.

Mengapa harus membuat cold brew dulu? Untuk kamu yang suka rasa agak strong, cold brew akan memberikan rasa iced coffee lattee yang lebih intens.

Keempat, buat susu. Siapkan wadah, lalu tuangkan satu cangkir susu full cream hangat dan dua hingga tiga sendok makan cream. Aduklah hingga merata, dan teksturnya berbuih atau foamy. Namun, jika kamu tidak punya cream, kamu bisa menggunakan susu full cream saja yang telah direbus dan diaduk hingga menghasilkan buih.

Kelima, meracik iced coffee latte. Siapkan gelas, masukkan es batu kopi yang telah kamu buat sebelumnya, lalu masukkan cold brew dan susu full cream hangat. Es batu yang telah dimasukkan tadi akan segera mencair saat terkena susu hangat.

Keenam, tambahkan ekstra kenikmatan. Bagi kamu yang suka whipped cream, kamu bisa menambahkannya di bagian paling atas gelas saji. Kamu juga bisa menambahkan pemanis seperti gula cair, ekstrak vanilla, sirup, hingga sedikit kayu manis.

Ketujuh, aduk dan nikmati kesegarannya. Jika semua elemen tadi sudah tercampur, aduklah dan taraaa iced coffee latte siap dinikmati.

Minuman dingin ala kafe ini bisa menjadi ide untuk menemani akhir pekanmu di rumah. Kamu bisa menikmati iced coffee latte ini dengan santai, atau bisa juga bersama dengan keluarga. Pilihlah moment yang paling tepat agar iced coffee latte ini terasa lebih nikmat.

Bagi kamu pecinta kopi, akan lebih mudah ketika membuat kopi dengan menggunakan mesin pembuat kopi. Mesin pembuat kopi ini merupakan sekumpulan alat yang berfungsi untuk membuat kopi. Mulai dari awal proses pengupasan biji kopi hingga kopi menjadi kopi bubuk.

Nah ternyata hanya butuh tujuh langkah mudah kan untuk membuat iced coffee latte di rumah, yuk cobain!

 

Leave a Comment