Inilah Jenis Bioma dengan Karakteristiknya Masing-Masing

Bioma merupakan sekelompok flora dan fauna yang tinggal di bumi dengan berdasarkan variasi iklim, cahaya, suhu, curah hujan, serta kelembaban. Nah, salah satunya bioma taiga yang ada di negara Rusia dan Kanada.

Selain itu, ada juga beberapa bioma lainnya seperti bioma gurun, sabana, hutan gugur, stepa, hutan basah, hutan hujan tropis, tundra dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Bioma

Karena dipengaruhi iklim, setiap bioma tentu saja mempunyai karakteristiknya sendiri. Nah sama seperti flora dan fauna yang berbeda di setiap bioma. Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis bioma tersebut, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Bioma Hutan Gugur

Bioma hutan gugur beriklim sedang dengan musim dingin. Biasanya terletak di ujung selatan Benua Amerika dan Amerika Serikat di bagian Timur.

Tumbuhan yang terdapat di daerah tersebut sedikit dan berjauhan, sebab pohon-pohon menggugurkan daunnya saat musim dingin. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penguapan.

Sementara itu, untuk jenis hewannya seperti serigala, rusa, burung pelatuk dan beruang.

2. Bioma Gurun

Bioma gurun atau bioma padang pasir dikenal sebagai kawasan dengan kehidupan yang sangat kecil. Namun sebenarnya wilayah bioma ini juga menyimpan kehidupan yang tersembunyi supaya bisa bertahan hidup.

Perlu diketahui bahwa sekitar sepertiga kawasan di muka bumi merupakan gurun, misalnya Gurun Sahara di Afrika Utara, Takla Makan, Gibson di Australia, Gurun Gobi di Asia, Parangtritis di Indonesia dan Great Basin di Amerika Utara.

3. Bioma Tundra

Bioma tundra dikenal dengan kawasan terdingin, sebab hanya menerima 60 hari tumbuh dan curah hujan yang rendah. Sebagian tanaman terdiri dari lumut hati, alang-alang dan semak.

Sedangkan untuk jenis hewannya seperti ikan, lemming, karibu, nyamuk, burung migran dan lalat.

Perlu Anda ketahui bahwa, ekosistem organisme saling berinteraksi satu sama lain dengan lingkungannya. Bioma merupakan sebuah wilayah geografis yang luasnya lebih besar daripada sebuah ekosistem. Sumber https://genemil.com.

Biasanya bioma diberi nama dengan berdasarkan iklim, tumbuhan serta hewan yang ada di sana. Contohnya yang sudah dijelaskan di atas. Jadi saat bepergian keliling dunia, Anda bisa mengunjungi gurun kering dengan berbagai kaktus, hutan hujan tropis yang lembab serta kutub dingin dengan sedikit tumbuhan.

Leave a Comment