Ketahui 3 Macam Tes Psikologi Yang Sering Digunakan

Tes Psikologi memiliki berbagai macam tingkatan. Macam-macam tes tersebut biasanya dipakai oleh perusahaan untuk mengetes para pencari kerja. Tidak hanya perusahaan swasta namun juga digunakan pada seleksi pegawai BUMN, CPNS dan lain sebagainya.

Sebagian besar perusahaan atau instansi pemerintah memang melakukan tes ini pada proses seleksi karyawannya. Hal itu untuk menentukan apakah kandidat karyawan mempunyai organization fit dan job fit. Untuk lebih jelasnya simak beberapa macam tes psikotes dibawah ini:

1. EPPS Atau Edward Personal Preference schedule

Tes psikologi yang pertama yaitu Edward Personal Preference Schedule. Tes ini menggunakan metode forced choice dalam pengerjaannya. Metode forced choice adalah metode dimana peserta seleksi hanya dapat memilih satu diantara dua pilihan soal.

Tes EPPS dipakai untuk mengukur aspek kepribadian yang jumlahnya 15. Hal tersebut didasarkan pada gagasan dari ahli yang bernama Allen L. Edward pada tahun 1954. Aspek di dalam tes ini uniknya didasarkan pada teori needs Henry Murray. Teori tersebut menyatakan bahwa manusia mempunyai needs 2 yakni secondary needs and primary needs.

2. Kraepelin

Tes Kraepelin sering disebut juga dengan tes koran. Hal tersebut disebabkan karena lembar tes yang lebar seperti koran. Tes ini diciptakan oleh psikiater Emil Kraepelin yang saat itu dipakai untuk mendiagnosa kondisi mental individu. Cara mengerjakan tes Kraepelin sangat sederhana. Peserta hanya memerlukan waktu sekitar 10 hingga 12 menit saja.

Peserta akan harus menjumlahkan lanjur angka yang berjumlah 50. Penjumlahan angka tidak boleh melintang namun harus membujur keatas. Penguji akan memberikan waktu sekitar 15 detik untuk menyelesaikan satu lajur. Kemudian jika penguji mengatakan pindah maka peserta harus mengerjakan lajur yang berikutnya.

3. PAPI Kostick

Tes kepribadian yang satu ini sangat populer dan tentu sudah banyak yang tahu. Dilihat sekilas cara mengerjakan tes PAPI Kostick ini terlihat sepele. PAPI Kostick diciptakan oleh guru besar psikologi DR.Max Martin Kostick pada tahun 1960. Tes ini terdiri dari 90 nomor.

Masing-masing nomor mempunyai dua pertanyaan yang mesti dipilih sesuai dengan keadaan peserta. Cara mengerjakannya yaitu dengan melingkari jawaban sesuai dengan yang tertera di lembar jawaban. Tes ini memang cukup tricky karena peserta harus dengan teliti dan memastikan jawaban tidak terlewat ketika melingkari panah.

Nah itulah 3 macam tes psikologi yang sering digunakan. Sebenarnya masih banyak tes yang lainnya akan tetapi 3 tes diatas yang memang umum digunakan. Peserta dapat mempelajari tes-tes di atas terlebih dahulu sebelum melamar kerja.

 

Leave a Comment