Modal Awal Usaha Sosis Bakar dan Trik Jualannya

Camilan sederhana ini memang tak pernah membuat lidah kita bosan, pasalnya selalu ada saja inovasi rasa dengan makanan satu ini. Pada artikel kali ini saya akan membahas modal awal usaha sosis bakar dan trik usahanya.

Pengertian Sosis bakar

modal awal usaha sosis bakar

Sosis bakar adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia, mulai dari kanak-kanak, remaja, dewasa, hingga orang tua semuanya menggemari dan menyukai sosis bakar . Tak bisa dipungkiri karena cita rasanya memang nikmat, apalagi kalau disantap dalam keadaan hangat, ditambah sambal serta sebagai cemilan bersama teman teman.

Selain bisnis burger sosis, salah satu bisnis olahan sosis yang banyak dijajakan di pasar adalah bisnis sosis bakar. Melihat banyaknya penggemar sosis bakar, sangat wajar saja jika olahan makanan yang satu ini layak dijadikan peluang bisnis. Setelah Anda tau tentang apa itu sosis bakar, mari kita bahas analisa usahanya dan trik usahanya.

Analisa Usaha Usaha Sosis bakar

Nah penasaran kan kira-kira apa saja yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis sosis bakar ini dan berapa kira-kira perkiraan keuntungannya, silahkan lihat analisa kami berikut ini :

Modal Awal Usaha Sosis bakar

Berikut ini kami berikan contoh proposal usaha sosis bakar secara sederhana yang telah meliputi modal awal usaha seperti perlengkapan usaha sosis, modal atau pengeluaran bulanan, penetapan harga sosis bakar serta keuntungan bulanan yang mungkin bisa Anda raih dari usaha sosis bakar ini.

  • Modal Awal 
    Peralatan memanggang: Rp. 500.000,00
    Etalase: Rp. 750.000,00
    Total modal awal : Rp. 1.250.000,00
  • Pengeluaran Biaya Bulanan 
    Biaya bahan baku (sosis) : 150 sosis @ 1.500,00 = 225.000,00 x 30 hari : Rp. 6.750.000,00
    Harga Bumbu : Rp. 300.000,00
    Gas, tusuk sate, dan lain-lain : Rp. 400.000,00
    Total biaya pengeluaran bulanan : Rp. 7.450.000,00
  • Keuntungan Bulanan 
    Omset harian : 50 x 8.000,00 = Rp. 400.000,00
    Omset bulanan : 30 x 400.000,00 = Rp. 12.000.000,00
  • Keuntungan Bersih 
    Keuntungan Bulanan – Pengeluaran Bulanan = Rp. 4.550.000,00

Trik Dalam Berusaha Sosis bakar

Berikut ini beberapa trik jualan sosis bakar agar bisa sukses mendulang keuntungan :

Pemilihan Lokasi Bisnis Yang Strategis 

Pemilihan lokasi jualan sangat menentukan banyaknya konsumen yang akan kita layani. Oleh karena itu pilihlah tempat usaha yang memang mudah dijangkau dan dekat dengan keramaian seperti di dekat komplek, alun-alun, sekolah, dam sebagainya.

Harga Sosis Bakar 

Penetapan harga merupakan salah satu aspek yang cukup penting untuk menarik minat pembeli, karena biasanya pembeli mudah tergoda dengan harga yang murah dan terjangkau. Namun tentu bukan hanya harga yang murah saja, yang membuat pengunjung dan pembeli juga akan tertarik tetapi rasa yang enak dari sosis bakar dagangan Anda juga merupakan faktor penting yang dimana para pembeli tersebut nantinya akan menjadi pelanggan setia Anda.

Menjaga Kebersihan Tempat Usaha Sosis Bakar

Rasa nikmat dan harga yang murah memang merupakan aspek terpenting yang tak bisa dihiraukan begitu saja, namun selain itu kebersihan tempat usaha juga merupakan sebuah alasan bagi pembeli mengapa mereka mau membeli dagangan Anda. Rasa yang enak dan harga yang murah saja belum cukup jika Anda kurang menjaga kebersihan makanan maupun tempat usaha Anda.

Membuat Etalase atau Gerobak Yang Menarik Perhatian

Pada awalnya trik ini bisa digunakan dan memang cukup ampuh untuk menarik pembeli. Gerai yang menarik akan mengalihkan pandangan pengunjung yang melintas didepan gerai Anda sehingga secara tidak sengaja mereka akan membaca menu yang Anda tampilkan dan ketika mereka berminat mereka akan menjadi konsumen Anda. Jadi akan sangat penting jika membuat gerai etalase atau gerobak yang menarik perhatian pengunjung.

Sedikit tips tambahan agar bisnis sosis bakar Anda semakin laris manis dipasaran yakni kreasikan dan variasikan sosis bakar Anda dengan memberikan aneka pilihan rasa yang berbeda seperti sosis bakar balado, sosis bakar pedas, sosis bakar barbeque, dan lainnya. Hal ini tentu akan memberikan daya tarik dan rasa penasaran para pengunjung.

Nah demikianlah ulasan singkat dari kami seputar modal awal usaha sosis bakar dan trik usahanya. Semoga dari apa yang kami sampaikan diatas dapat menginspirasi Anda.

Leave a Comment