Macam – Macam Jenis Pohon Singkong

Macam – Macam Singkong – Pohon singkong (Manihot utilissima) atau biasa disebut ubi kayu adalah salah satu tanaman jenis dikotil yang berasal dari  negara Amerika Selatan dan sangat mudah untuk dibudidayakan. Pohon singkong pun mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Hampir semua orang bisanya mempunyai pohon singkong dilingkungan rumahnya.

Karena pohon singkong memang sangat mudah untuk ditanam, pohon singkong meskipun tidak harus disiram setiap hari akan tetap hidup dan tumbuh dengan subur. Walaupun mudah untuk dibudidayakan pohon singkong susah untuk bisa hidup ketika musim panas terus menerus ataupun musim hujan terus menerus karena batang pohon singkong cenderung mudah kering ataupun membusuk. Pohon singkong dimanfaatkan mulai dari daun, batang, dan umbinya.

Macam - macam singkong

Ciri-ciri Pohon Singkong

  • Memiliki batang berwarna coklatdan terdapat bintik-bintiknya.
  • Memiliki daun yang sejajar atau melengkung.
  • Memiliki akar.
  • Bunga.
  • Umbi.

Macam – macam Pohon Singkong

  1. Singkong Jenis Kasesa
  2. Singkong Jenis Thailand
  3. Singkong Jenis Mentega
  4. Singkong Jenis Susu
  5. Singkong Jenis Gajah
  6. Singkong Jenis Mukibat
  7. Singkong Jenis Emas
  8. Singkong Jenis Manggu

Manfaat Batang Singkong

1. Luka yang bernanah

Batang singkong bisa digunakan untuk mengobati luka yang bernanah dengan cara batang daun singkong ditumbuk lalu hasil tumbukannya bisa langsumg ditempelkan pada luka yang bernanah kemudian diperban dan didiamkan dalam waktu satu minggu maka luka akan perlahan sembuh. Misalnya bisa digunakan sebagai kayu bakar

Manfaat Daun Singkong

1. Meredakan Tekanan Darah Tinggi

Daun singkong dapat meredakan tekanan darah tinggi karena daun singkong mengandung serat yang sangat tinggi dan dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh.

2. Mengatasi Stroke

Daun singkong bisa digunakan untuk mengatasi stroke karena mengandung zat isoflavon yang merupakan salah satu jenis dari flavonid. Zat ini mampu untuk mengobati stroke dan kadar kolestrol LDL yang merupakan kolestrol jahat yang bisa mengakibatkan penyakit stroke.

3. Baik Untuk Ibu Hamil

Daun singkong baik bagi ibu hamil karena mengandung vitamin C dan folat. Semangkuk sayur daun singkong mengandung 15% kebutuhan folat bagi tumbuh dan 47% kebutuhan kalsium yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.

4. Sebagai Obat Cacing

Daun singkong dapat menjadi obat cacing herbal karena kandungan racun yang ada pada daun singkong bisa menghancurkan cacing didalam tubuh.

5. Membantu Mengobati Diare

Jika anda mengalami diare, daun singkong bisa menyembuhkan diare dengan cara direbus atau dimakan untuk lalapan atau juga bisa dibuat sayur tetapi untuk airnya tidak boleh diminum karena mengandung racun.

6. Meredakan Rematik

Penyakit rematik merupakan salah satu penyakit yang menyerang pada organ kaki. Daun singkong dapat menjadi obat rematik karena kandungan zat-zat yang bersifat antiinflamasi.

Zat tersebut akan mencegah terjadinya pelepasan zat lain didalam tubuh yang akan menyebabkan peradangan dalam tubuh. Selain itu ini juga merupakan obat herbal yang tidak mengandung efek samping dan sangat baik bagi tubuh.

Manfaat Ubi Singkong

1. Menurunkan Berat Badan

Bisa membantu menurunkan berat badan karena ubi singkong merupakan makanan yang kaya akan serat dan rendah kalori. Jika dikomsumsi setiap hari maka berat tubuh bisa turun karena tubuh tidak banyak mengomsumsi makanan yang berkalori dan tidak menimbulkan efek samping karena ini merupakan diet secara alami.

2. Pencernaan Tubuh

Ubi singkong sangat baik untuk pencernaan karena ubi mengandung serat yang tidak larut dalam air maka hal itulah yang  membantu tubuh dalam penyerapan racun yang masuk dalam usus lalu diproses sehingga dapet menimbulkan efek yang baik bagi pencernaan.

3. Baik Untuk Mata

Singkong sangat baik untuk mata karena mengandung vitamin A dan mempunyai senyawa betakaroten yang dapat membuat mata sehat, jernih, dan tidak kabur.

4. Daya Tahan Tubuh

Ubi mengandung beta karoten,vitamin B ,zat besi dan fosfor yang dapat untuk menjaga kekebalan tubuh dan daya tahan tubuh sehingga dapat membuat tumbuh menjadi seimbang.

5. Jajajan Tradisonal

Ubi singkong juga dapat dimanfaatkan untuk membuat jajanan tradisional masyarakat indonesia seperti; sawut singkong, cenil, tape, timus, ongol-ongol, oncom, gethuk, rondo royal, cemplon, dan kolak singkong.

Nah itulah beberapa manfaat dari pohon singkong. Ubi sigkongnya pun dapat dibuat menjadi keripik singkong, mesin untuk membuat keripik singkong bisa Anda beli di Rumah Mesin.

Leave a Comment