Kenapa Pintu Emergency Terbuat Dari Besi?

Keberadaan pintu emergency sangat penting dalam upaya penyelamatan saat kondisi darurat, misalnya kebakaran atau gempa bumi. Lalu, pernahkah terlintas di pikiran Anda kenapa harus pintu besi emergency?

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai material utama pintu emergency yang terbuat dari besi, perlu diketahui bahwa setiap gedung atau sarana yang mempunyai tingkat kunjungan yang tinggi diwajibkan untuk memiliki fasilitas evakuasi yang memadai.

Hal tersebut telah tertulis dalam Peraturan Menteri No. 36, tahun 2005 di pasal 59. Di sana tertera dengan jelas bahwa sarana evakuasi yang meliputi sistem alarm saat kebakaran atau sistem peringatan melalui suara, jalur evakuasi, pintu darurat dan tangga darurat harus tersedia di setiap fasilitas umum.

Adapun pintu darurat atau pintu emergency, memegang peranan penting sebagai akses keluar masuk orang saat melakukan evakuasi. Sistem pintu emergency pun disusun agar bisa terbuka dari arah depan maupun belakang, baik dari dalam maupun luar.

Selain itu, pintu darurat haruslah tahan terhadap panas terutama pada saat kebakaran. Pintu emergency harus bisa bertahan tidak rusak minimal selama 2 jam dan harus bisa menutup secara otomatis. Ini untuk menjaga keselamatan orang-orang yang menggunakan pintu darurat ketika kebakaran.

Dengan sistem pintu yang langsung tertutup secara otomatis tersebut, akan mencegah banyak asap yang masuk ke jalur evakuasi. Asap kebakaran ini tentu sangat berbahaya jika terhirup oleh orang-orang yang berusaha menyelamatkan diri melalui tangga darurat.

Kemudian, kenapa pintu emergency terbuat dari besi? Jawabannya adalah karena material yang terbaik untuk pintu darurat haruslah material yang tahan api, kuat namun tetap ringan. Besi adalah salah satu opsi yang terbaik sebagai material utama pintu darurat.

Pintu besi juga tidak membutuhkan perawatan dan pembersihan yang rumit sehingga cocok sebagai material pintu darurat. Pintu besi yang digunakan sebagai pintu darurat haruslah memiliki sertifikasi dan tanda atau tulisan yang jelas agar terbaca bahkan dari jarak jauh sekalipun.

Selaras Lawang Sewu merupakan salah satu supplier yang menyediakan berbagai jenis bahan pintu yang berkualitas seperti pintu besi yang digunakan sebagai material utama pintu besi emergency. Bahan besi yang dijual untuk pintu emergency merupakan bahan yang tersertifikasi dan memiliki grade yang baik.

Leave a Comment