Cara Membuat Briket Sabut Kelapa yang Eco-Friendly

Cara Membuat Briket Sabut Kelapa — Halo teman – teman semuanya! Untuk topik artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat briket sabut kelapa yang ramah lingkungan.

Sabut kelapa memang memiliki banyak sekali kegunaan, salah satunya adalah dijadikan briket arang. Dibandingkan dengan briket batu bara, briket sabut kelapa menghasilkan emisi yang jauh lebih ramah.

Nah, kalau ingin tahu informasi lebih lanjutnya mengenai cara membuat briket sabut kelapa, kalian bisa menyimak penjelasan lengkapnya dibawah ini. Pastikan juga simak sampai habis, supaya tidak ada informasi yang terlewatkan mengenai briket sabut kelapa yang satu ini.

Briket

Briket adalah bahan bakar berbasis batubara padat yang murah dan merupakan bahan bakar alternatif untuk menggantikan minyak bumi dan liquefied petroleum gas (LPG). Dengan hanya menggunakan teknik yang sederhana, pembuatan briket ini juga membutuhkan waktu yang relatif singkat.

Untuk apa briket digunakan? Padahal, briket bahan bakar terbuat dari campuran batu bara, tanah liat dan lem kanji. Bahan karbon dipilih karena sumbernya yang begitu melimpah di Indonesia.

Bahkan cadangan batu bara Indonesia bisa bertahan 150 tahun. Sektor swasta dan publik mulai memproduksi briket mereka sendiri.

Pengembangan briket sebagai energi alternatif terus dilakukan sejak tahun 1994, namun belum cukup berkembang karena konsumsi minyak saat itu masih tinggi dan harganya masih sangat rendah.

Itu sebabnya orang Indonesia menganggap minyak sebagai bahan bakar sehari-hari.

Fungsi Briket

Briket bertindak sebagai bahan bakar padat untuk menggantikan penggunaan bahan bakar turunan minyak bumi. Briket banyak digunakan dalam industri nasional di industri besar seperti hotel, bangunan tempat tinggal dan sektor lainnya.

Dibandingkan dengan minyak pemanas, penggunaan briket tentunya jauh lebih baik karena lebih hemat dan juga lebih hemat, serta briket juga aman dan ramah lingkungan.

Briket kini dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif, karena proses produksinya menggunakan sumber daya alam dari limbah internal dengan cara yang ramah lingkungan.

Briket juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi limbah, karena bahan baku utamanya adalah biomassa (alami) seperti kayu, kelapa, jerami, residu, gambut, serbuk gergaji.

Namun, seperti disebutkan di atas, bahan baku paling aman adalah briket yang terbuat dari sumber daya alam daripada batu bara. Hal ini karena briket karbon dapat menghasilkan asap yang sangat padat dan beracun yang tidak baik bagi lingkungan.

Cara Membuat Briket Sabut Kelapa

Cara Membuat Briket Sabut Kelapa

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • Arang tempurung kelapa
  • Tepung kanji
  • Air

Peralatan yang harus disiapkan :

  • Mesin penepung arang / diskmill
  • Alat pencetak briket
  • Mesin pencampur adonan
  • Oven briket

Proses pembuatan :

  1. Proses Pengarangan. Sabut kelapa diubah menjadi arang dengan tangan dengan cara direbus dalam tong, yang kemudian dibakar dan disegel sampai ada sedikit ventilasi di tong arang. Penulisan ini juga dapat dilakukan dengan proses pirolisis dimana tempurung kelapa ditempatkan dalam tangki pirolisis tertutup, setelah itu asap dikondensasikan menjadi asap cair.
  2. Proses Penepungan. Arang yang dihasilkan dengan proses pembakaran manual atau pirolisis kemudian ditambahkan ke dalam tepung di pabrik piring.
  3. Proses Penyaringan / Pengayakan. Jika sudah melalui proses peremukan batubara, dilakukan penyaringan untuk menghasilkan batubara kelapa yang lebih halus dan halus. Tempurung kelapa diayak menggunakan ayakan 50 mesh.
  4. Proses Pencampuran Media. Tepung sabut kelapa ini kemudian dicampur dengan air dan lem kanji. Saat pati ditambahkan ke proses pencampuran ini, campurkan maksimal 2,5% tepung kelapa terlebih dahulu.
  5. Proses Pencetakan. Setelah semua bahan tercampur rata, selesaikan proses pencetakan dengan cetakan.
  6. Proses Pengeringan. Keringkan briket yang telah dicetak dalam oven pada suhu 650°C selama kurang lebih 2 jam, dapat juga digunakan sinar matahari untuk pengeringan ini. Briket tempurung kelapa ini siap dikemas dan dijual.

Nah, itu tadi adalah cara membuat briket sabut kelapa yang bisa menjadi alternatif bahan bakar fosil atau briket batubara, kalian juga bisa mendapatkan produk sabut kelapa seperti cocomesh jaring sabut kelapa di Rumah Sabut.

 

Leave a Comment