Resep Bolu Kopi Panggang, Cocok Jadikan Peluang Usaha di Rumah

Hingga kini bolu klasik masih menjadi kue yang paling sering dicari atau dipilih oleh masyarakat kita, entah untuk dikonsumsi sendiri, disuguhkan atau menjadi bingkisan buah tangan. Sehingga tidak heran, bolu sering menjadi item andalan saat berjualan. Dan apakah Anda salah satu penggemar atau pebisnisnya? Maka resep Bolu Kopi panggang ini bisa Anda coba untuk menambah varian rasa jualan Anda di rumah loh. Tidak perlu ragu lagi karena rasanya sungguh spesial, empuk, lembut dan aroma wangi kopinya sungguh menggoda. Tertarik, jadi buruan catat resepnya berikut ini!

Resep Bolu Kopi Panggang

resep bolu kopi panggang

Bahan Utama Resep Bolu Kopi Panggang

  • 6 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok teh sp
  • 130 gram tepung terigu
  • 20 gram susu bubuk putih
  • 150 gram butter cairkan
  • 2 saset white coffee larutkan dengan sedikit air panas

Cara Membuat Resep Bolu Kopi Panggang

  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Campurkan telur, gula pasir dan sp
  3. Mixer dengan kecepatan tinggi selama 10 menit sampai adonan mengembang dan berwarna putih berjejak
  4. Setelah 10 menit, masukkan terigu dan susu bubuk
  5. Mixer dengan kecepatan paling rendah, setelah terigu tercampur dengan rata matikan mixer
  6. Kemudian masukkan butter leleh lalu aduk folding menggunakan spatula
  7. Setelah itu masukkan kopi, aduk folding dengan spatula hingga tercampur dengan sempurna
  8. Oleskan margarin pada loyang dengan tulban diameter 24 cm, lalu taburi dengan terigu tipis tipis saja
  9. Tuang folding ke dalam loyang yang sudah di olesi margarin sebelumnya
  10. Panaskan oven, kemudian masukkan loyang yang sudah terisi folding ke dalam oven dengan menggunakan suhu 180 derajat celcius selama 40 menit dengan menggunakan api bawah, pada 5 menit terakhir gunakan api atas dan bawah, tunggu sampai matang
  11. Setelah matang, angkat dan keluarkan daro loyang
  12. Tunggu bolu hangat dan siap di potong, Bolu kopi panggang siap untuk dihidangkan

Berikut Jenis Jenis Bolu yang Bikin Anda Ketagihan

1. Selain Resep Bolu Kopi Panggang Ada juga Bolu Meranti

resep bolu kopi panggang

Penggemar kue bolu di Indonesia pastinya mengenal dengan jenis bolu yang satu ini. Bolu Meranti sudah menjadi kuliner kue ikonik dari kota Medan, Sumatera Utara. Bahkan kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Medan tanpa membawa oleh-oleh kue bolu gulung yang nikmat ini.

2. Selain Resep Bolu Kopi Panggang Ada juga Lapis Legit

resep bolu kopi panggang

Kue lapis legit yang identik dalam perayaan Imlek, Lebaran, bahkan Natal di Indonesia ini bisa digolongkan sebagai jenis kue bolu. Kue ini punya nama lain kue spiku atau spekuk yang berasal dari bahasa Belanda yakni Spekkoek. Memadukan rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, cengkih, dan pala yang membuat rasanya yang sangat khas Indonesia banget.

3. Bolu Lapis Surabaya

resep bolu kopi panggang

Setelah membahas kue lapis yang legendaris, biasanya orang juga sering mengaitkan dengan bolu lapis Surabaya. Lapis Surabaya juga termasuk jenis kue tradisional Indonesia dari jenis sponge cake alias kue bolu yang juga sangat terkenal. Ciri-khas kue ini adalah teksturnya yang lembut dengan terdiri dari tiga lapisan.

Tiga lapisan tersebut umumnya berwarna kuning, cokelat, lalu kuning lagi yang pastinya sangat mudah untuk dikenali. Nah untuk membuatnya, adonan terigu mentega dan telur akan dipanggang dalam tiga loyang yang berbeda. Nantinya ketiga lapisan bolu tersebut akan direkatkan dengan selai baik selai buah, mocca, atau cokelat.

4. Bolu Macan Khas Bangka

Bolu Macan Khas Bangka

Berikutnya ada sajian bolu cantik yang khas dari daerah Bangka, namanya adalah bolu macan. Dinamakan macan karena memang memiliki corak motif bagian dalamnya seperti loreng-loreng pada bulu binatang harimau atau macan.

Karena kecantikan motifnya tersebut, kue ini tidak hanya ditemukan dalam sajian oleh-oleh khas Bangka saja, tapi juga banyak di berbagai macam toko kue. Cara membuatnya seperti pada umumnya kue bolu yang lainnya dan lebih pas dengan loyang berukuran 20 cm atau 22 cm. Selain punya motif cantik, rasa bolunya sangat nikmat dengan tekstur yang begitu lembut.

5. Bolu Peca Khas Bugis

Bolu Peca Khas Bugis

Berikutnya ada kue bolu peca yang khas masyarakat Bugis dan Makassar yang punya tampilan serta rasa yang unik. Kalau diperhatikan bentuk kue ini justru agak bantat mirip dengan sajian bolu yang gagal mengembang. Tapi justru itulah ciri khasnya, terlebih teksturnya juga sangat lembut dan rasanya manis legit.

6. Bolu Klemben

Bolu Klemben

Entah ada hubungan langsung atau tidak, tapi sajian kue khas satu ini sangat mirip dengan kue madeleines dari Prancis. Bolu klemben asal Banyuwangi ini memang punya tekstur dan rasa yang berbeda dibanding bolu pada umumnya. Adonan kue bolu ini dicetak dalam panggangan berbentuk cangkang kerang hingga garing.

7. Kue Bhoi

Kue Bhoi

Secara tampilan dan teksturnya, kue bhoi khas Aceh ini hampir mirip dengan bolu klemben atau bolu kijing. Akan tetapi yang membedakannya yaitu ada pada bentuknya yang lebih variatif seperti bentuk ikan, bunga, cangkang kerang, dan lainnya. Cita-rasa dan teksturnya juga kurang lebih sama yakni crunchy di luar dan lembut di dalam.

8. Bolu Kemojo dari Riau

Bolu Kemojo dari Riau

Kalau Anda berkunjung ke Riau jangan lewatkan untuk menikmati sajian bolu kemojo yang khas dari suku Melayu di sini. Tidak cuman ditemukan di Riau, kue ini juga bisa ditemukan di Palembang, Jambi, Bengkulu, dan sekitarnya. Nama kemojo berasal dari kata kamboja karena secara tradisionalnya dibuat dengan cetakan berbentuk bunga kamboja meski ada juga yang bulat atau yang berbentuk segi panjang.

9. Bolu Pandan

Bolu Pandan

Bolu pandan sempat dimasukkan sebagai salah satu kue terlezat di dunia yang berasal dari Singapura. Meskipun begitu, asal-usul kue bolu satu ini belum diketahui pasti, dan Indonesia pun jenis bolu ini lazim dijumpai.

Kue berjenis sponge cake dan chiffon dengan aroma pandan dan warna hijau cantiknya ini memang sangat menggugah selera. Di Indonesia sendiri kue ini sering disuguhkan sebagai hantaran saat berkunjung ke rumah sanak keluarga dan sahabat. Bahkan momen hari raya seperti Lebaran juga tidak lengkap jika tanpa kehadiran si hijau satu ini.

10. Bolu Kukus

Bolu Kukus

Berikutnya ada jenis bolu yang lazim ditemukan sebagai jajanan pasar dan punya bentuk sangat menarik, yakni bolu kukus. Umumnya bolu kukus disajikan atau dibentuk menyerupai cupcake dengan bagian atas yang mekar layaknya bunga.

Teksturnya sendiri cukup padat karena dikukus, namun sangat lembut dan sangat nikmat ketika disantap. Apalagi rasanya pun bisa divariasikan dari mulai cokelat, aroma pandan, gula merah, dan lain sebagainya.

Leave a Comment