Tips Budidaya Ikan Lele di Lahan Sempit, Bisa Raup Banyak Keuntungan

Tips budidaya ikan lele di lahan sempit -Kebanyakan orang yang ingin memulai usaha budidaya lele terhalang suatu hal yang sama, yaitu tidak mempunyai lahan yang cukp luas untuk memulai usaha budidaya lele tersebut. Mindset yang terbentuk kurang lebih jika ingin mengeksekusi bisnis ternak lele ini harus mrmiliki lahan sendiri dan harus menyiapkan modal yang besar. Pada dasarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

 

TIPS BUDIDAYA IKAN LELE DI LAHAN SEMPIT

Budidaya ikan lele di rumah sangat tidak dianjurkan jika Anda ingin menggunakan cara budidaya lele bioflok, kemudian budidaya menggunakan kolam dengan ukuran yang besar.  Dua cara tersebut jika dilakukan jelas membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Meskipun begitu, secara matematis jumlah yang didapatkan apabila panen berhasil juga sangat menggiurkan. Cara tersebut bukan cara budidaya ikan lele pemula karena terdapat banyak faktor yang bisa membuat budidaya ikan lele ini sampai gagal panen.

Maka dari itu, kami sengaja menghimpun cara atau metode budidaya ikan lele dirumah sederhana yang siapapun bisa melakukan cara ini dengan mudah dan praktis.

tips budidaya ikan lele di lahan sempit

TIPS BUDIDAYA IKAN LELE DI EMBER

Cara budidaya lele di rumah yang pertama adalah dengan cara menggunakan ember atau bak. Ukuran ember yang mungkin tidak sampai berdiameter 1 meter jelas sangat cocok dan aplikatif untuk melakukan budidaya lele ini di rumah dengan lahan yang kecil.

Jika ditanya apa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu untuk budidaya ikan lele di ember, maka berikut ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pembiakan menggunakan metode ini.

  • Pertama, pastikan bahwa kualitas ember tidak abal-abal. Memilih ember mungkin masalah sepele bagi sebagian orang. Namun, hal itu justru karena hal yang sepele terkadang para pembudidaya lalai dan tidak memperhatikan kualitas ember. Ember yang tidak berkualitas akan sering bocor dan justru menambah biaya produksi budidaya ikan lele.
  • Kedua, perhatikan apakah terdapat bercak putih pada permukaan ember yang Anda beli. Jika menemukan bercak putih pada ember yang anda beli, sebaiknya ganti atau jangan gunakan ember tersebut. Bercak putih bisa menjadi pertanda jika ember telah mengalami proses pemanasan berlebih. Takutnya, senyawa kimia yang terurai tersebut akan tercampur dalam air dan meracuni ikan lele.

BUDIDAYA LELE KOLAM TERPAL

 

tips budidaya ikan lele di lahan sempit

Menggunakan metode jenis ini sekarang menjadi sebuah tren di kalangan pembudidaya khusunya yang berternak lele di rumah dengan lahan yang terbatas.

Sesuai dengan namanya, kolam terpal memang memiliki bentuk layaknya kolam portable yang dapat dipindahkan sesuai dengan keinginan. Dibalik segala kemudahan yang ditawarkan pada penggunaan kolam terpal, ternyata ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan sebelum berbudidaya lele di rumah menggunakan media terpal ini.

  • Pertama, melkaukan pemilihan kualitas terpal. Kualitas terpal yang kurang baik akan menjadikan kolam terpal menjadi mudah retak dan bocor. Jika sudah begini langkah penambalannya harus menggunakan semen dan harus memindahkan ikan lele pada tempat yang lain terlebih dahulu. Hal tersebut tentu akan sangat menguras tenaga dan waktu Anda.
  • Kedua, tambahan biaya pada kolam terpal. Untuk ukuran kolam terpal 1x1x0,5 m rata-rata harganya mencapai 300 hingga 400 ribu. Jika Anda memiliki modal yang terbatas dan pemula dalam bidang budidaya ikan lele ini, hal tersebut perlu dipertimbangkan lagi.

BUDIDAYA LELE DI DRUM

Khusus untuk drum berbahan plastik, perlakuan dan pemeliharaan menggunakan metode ini kurang lebih hampir sama seperti saat Anda berternak lele di bak atau ember. Fokus pengecekan terdapat pada kondisi drum itu sendiri. Tapi, apabila drum yang Anda gunakan ialah drum besi, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Salah satunya adalah dengan memperhatikan kondisi drum. Khusus untuk drum bekas yang dibeli, Anda perlu memastikan jika drum tersebut bekas dari penggunaan bahan apa. Jika, drum tersebut merupakan bekas penampungan makanan kuda itu masih layak untuk digunakan. Tetapi, jika drum tersebut adalah bekas penggunaan BBM ditambah lagi dengan kondisinya yang berkarat, sebaiknya Anda menggunakan drum plastik saja untuk berbudidaya lele di lahan sempit.

TIPS DAN TRIK BUDIDAYA IKAN LELE DI LAHAN SEMPIT

Ada beberapa faktor penunjang dalam proses budidaya ikan lele di rumah yang harus Anda lakukan dan juga beberapa faktor yang menjadi penghambat yang harus Anda hindari seperti pada penjelasan berikut.

FREKUENSI SINAR MATAHARI

Jangan sampai meletakkan media pembiakan ikan lele di dalam rumah yang tidak terkena sinar matahari sama sekali. Faktanya, sinar matahari juga dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan ikan lele terhadap serangan penyakit yang menyerangnya.

Penyakit lele tersebut misalnya kulit mengelupas, kemudian perut kembung, serta penyakit lain kemungkinan besar dapat dihindari apabila asupan sinar mataharinya mencukupi.

Sebaliknya, frekuensi sinar matahari yang terlalu berlebihan juga tidak begitu baik. Terlebih lagi jika media yang Anda gunakan berukuran kecil. Suhu pada air dapat dengan mudah naik dan hal tersebut bisa membahayakan ikan lele khususnyaikan lele yang masih anakan.

POMPA AIR ATAU FILTER AIR

Seberapapun kecilnya media yang digunakan untuk budidaya ikan lele di rumah, Anda tetap harus memperhatikan keberadaan alat ini. Karena air yang mengalir secara berkala ini dapat menjaga kadar oksigen ikan yang diperlukan untuk bernafas.

Meskipun tidak seperti ikan hias yang memerlukan aliran air secara terus menerus, ikan lele juga perlu diberikan asupan aliran air tersebut dengan frekuensi yang lebih sedikit.

RELATIVITAS AIR DAN PAKAN

 

tips budidaya ikan lele di lahan sempit

Seperti kita sudah sama-sama ketahui bahwa makanan wajib bagi lele ternak adalah pelet yang Anda sendiri juga bisa membuatnya di rumah dengan bantuan mesin pelet ikan agar dapat menghemat biaya dalam berbudidaya ikan lele di rumah. Namun, pemberian makanan selingan atau pakan alternatif yang bisa dilakukan secara berselingan.

Pemberian pakan lele alternatif dari tumbuhan ini tentu lebih higienis dan Anda tidak perlu terlalu sering mengganti air pada media budidaaya ikan lele di rumah. Sebaliknya, jika Anda menggunakan kotoran sapi, ayam, kelinci atau bahkan bangkai binatang, maka perlulah Anda bekerja sedikit lebih keras dari biasanya untuk mengganti air pada media yang digunakan.

Cara-cara tersebut merupakan salah satu upaya pengembangbiakkan ikan lele agar cepat panen. Selebihnya, tergantung dari kesungguhan dan keuletan dari pembudidaya tersebut. Itulah, pembahasan singkat mengenai tips budidaya ikan lele di lahan sempit yang bisa Anda langsung praktikkan. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment