Tips Membuat Bakso Ikan yang Enak dan Kenyal

Tips Membuat Bakso Ikan – Jika Anda berkunjung ke restoran yang menyediakan menu bakso atau mungkin pergi ke pasar untuk membeli bakso mentah, biasanya tersedia dua jenis bakso yaitu bakso sapi dan bakso ikan. Kedua jenis bakso ini paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pada awalnya, bakso adalah makanan Cina yang dalam bahasa Hokkien berarti daging giling.

Seiring berjalannya waktu, tidak hanya daging sapi yang dijadikan daging tetapi juga makanan laut seperti ikan. Bakso ikan ini juga bebas dari bau amis, karena bumbu dalam masakannya sudah mendominasi. Rasanya juga tidak kalah mantap dengan bakso sapi.

Bakso ikan sendiri tentu lebih enak, sehat, dan terjamin. Anda bisa membuat bakso dalam jumlah banyak, sekaligus menyimpan makanannya di dalam freezer. Selain dihidangkan langsung, bakso ikan juga bisa Anda campur dalam sop, capcay, dan nasi goreng.

Pada dasarnya adonan untuk membuat bakso ikan terdiri dari ikan, tepung, dan juga bumbu yaitu gula dan garam. Untuk membuat bakso ikan pastikan bahan utama yaitu daging dipilih dengan kualitas yang baik sehingga menghasilkan rasa yang enak. Berikut tipsnya:

  1. Pilih ikan segar dan daging ikan yang memiliki tekstur kenyal dan tidak lembek.
  2. Gunakan daging ikan yang benar-benar bersih dari duri.

Tips Membuat Bakso Ikan

Tips membuat bakso ikan :

1. Menguleni Bakso

Sebelum menguleni atau melakukan pengadonan bakso, bakso harus didinginkan terlebih dahulu. Proses ini dapat dilakukan dengan mesin bakso atau secara manual. Tambahkan bahan satu per satu sambil terus memproses.

Sebaiknya gunakan air berupa es yang sudah di serut agar daging ikan mengerut dan teksturnya menjadi kenyal. Terakhir tambahkan tepung sagu agar adonan bakso tidak menjadi keras.

2. Membentuk Bakso

Bakso bisa dibentuk dengan tangan, yaitu taruh adonan bakso di telapak tangan. Kemudian, tekan kelima jari tersebut hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan ibu jari. Jika bakso sudah dibentuk, segera masukkan ke dalam air es agar bakso saling menempel dan tidak pecah saat direbus. Namun perlu diingat, bakso tidak boleh direndam dalam air es terlalu lama agar tidak lembek. Rendam secukupnya.

3. Merebus Bakso

Keluarkan bakso yang sudah direndam air es dengan saringan lalu segera masukkan ke dalam air mendidih. Biarkan masak. Ciri khas bakso ikan yang dimasak adalah ukurannya menjadi dua kali lipat dari ukuran aslinya dan tidak hanya mengambang.

Cara Membuat Bakso Ikan

Bahan:

  • Fillet ikan, haluskan – 250 gram
  • Putih telur – 1 butir telur
  • Tepung tapioka – 4 sdm
  • garam – 1 sdt
  • Gula – 1 sdt
  • Lada bubuk – 1/2 sdt
  • Air es – 50 ml
  • Air, untuk merebus – secukupnya

Cara membuat :

  1. Dalam mangkuk, campur daging ikan, putih telur, garam, gula, merica, dan air es. Aduk dan uleni sampai tercampur rata dan halus.
  2. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, sambil terus diuleni dan diuleni dengan tangan hingga adonan terasa kencang.
  3. Dalam panci, didihkan air. Kecilkan api kompor setelah air mendidih.
  4. Ambil adonan lalu cetak/bulatkan dengan tangan. Segera masukkan bakso ke dalam panci berisi air mendidih.
  5. Lakukan hingga adonan habis.
  6. Rebus bakso hingga mengapung dan biarkan masak sebentar agar matang merata. Angkat dan tiriskan.
  7. Bakso sudah siap disajikan, bisa dimasak lebih lanjut, atau disimpan dalam freezer.

Demikian artikel Tips Membuat Bakso Ikan yang Enak dan Kenyal, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua, terima kasih.

Leave a Comment