Jurusan yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Jika pas ini anda tetap duduk di bangku SMA dan baru akan masuk kuliah tahun 2020 ini, anda kemungkinan akan perlu pertimbangan di dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat. Salah satu perihal yang mesti anda memperhitungkan adalah prospek kerja ataupun lowongan kerja semarang berasal dari jurusan yang akan anda ambil.

Seiring berjalannya pas tersedia banyak perubahan di bidang ekonomi dan industri yang punyai efek pada lowongan pekerjaan. Ada baiknya anda menentukan jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja di dalam beberapa tahun ke depan.

 

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Dalam beberapa tahun ke depan, kebutuhan industri pada tenaga kerja tetap akan banyak di bidang sains, teknologi, tehnik dan matematika. Oleh gara-gara itu, jurusan-jurusan yang mengenai dengan keempat bidang tersebut tetap akan punyai prospek kerja yang menjanjikan. Berikut adalah jurusan-jurusan yang paling dibutuhkan di dunia kerja di dalam beberapa tahun ke depan:

Ilmu Komputer/Teknologi Informasi

Kedua jurusan ini bisa dibilang sebagai jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Keduanya berada di bidang yang jadi kunci pertumbuhan teknologi yang pastinya akan memberi efek pada segi lainnya. Namun, di dalam beberapa tahun ke depan, meskipun merupakan lulusan pengetahuan computer atau teknologi informasi, anda tetap mesti banyak belajar dan mengembangkan pengetahuan di bidang yang lebih spesifik. Jika memungkinkan, anda bisa menentukan jurusan yang lebih tertentu di dalam kedua bidang ini seandainya seperti cyber security.

 

Ilmu Data (Data Science)

Jurusan Ilmu information atau information science merupakan paduan berasal dari berbagai tekun pengetahuan seperti statistika, matematika, pengetahuan computer dan teknologi informasi. Dalam industri dan ekonomi yang terlampau tergantung pada teknologi, information adalah suatu perihal yang terlampau berharga.

Seorang information scientist akan menghimpun dan memproduksi information dengan metodologi tertentu yang memungkinkannya untuk bisa dianalisa oleh perangkat lunak komputer. Dari proses ini, perusahaan akan memperoleh uraian mengenai keadaan bisnis maupun kesempatan untuk kedepannya. Saat ini information scientist tetap merupakan profesi yang memadai langka meskipun kebutuhan akan tenaga pakar di bidang information ini tetap terlampau dibutuhkan.

Aktuaria

Secara sederhana, aktuaria adalah pengetahuan mengenai risiko keuangan di jaman depan. Jurusan ini merupakan paduan antara matematika peluang, statistika, keuangan dan pemrograman komputer. Di Indonesia sendiri jurusan ini belum memadai populer dan tetap sedikit institusi yang menawarkan aktuarial sebagai pilihan program. Sementara itu, kesempatan jurusan aktuarial justru meningkat bersamaan berkembangkan banyak perusahaan asuransi. Ahli aktuaria banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar dengan tawaran gaji yang tinggi gara-gara tergolong profesi yang langka. Hal tersebut berlaku baik di di dalam maupun luar negeri.

 

Teknik Biomedis

Mengarah ke kemajuan teknologi yang makin kompleks, akan banyak ditemukan jurusan-jurusan lintas tekun seperti tehnik biomedis. Pada jurusan ini anda akan dipersiapkan untuk punyai keahlian di dalam bidang teknologi kebugaran manusia. Jurusan ini akan membuahkan tenaga pakar di bidang tehnik yang juga mengerti prinsip-prinsip di dalam bidang biomedis.

 

Teknik mekatronika

Teknik mekatronika merupakan paduan berasal dari tehnik elektronika, tehnik mesin dan tehnik informatika. Di dalamnya juga dasar-dasar elektronik, mesin, pengetahuan komputer, sistem, telekomunikasi, pemeriksaan dan lain-lain. Teknik Mekatronika sendiri adalah basic di dalam pembuatan robot, agar punyai kaitan yang erat dengan robotika. Robotika sendiri sedang gencar-gencarnya dikembangkan untuk berbagai keperluan.

Tentukan Jurusan yang Paling Cocok Denganmu!

Jurusan-jurusan di atas adalah jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja terlebih pada bidang teknologi. Sebagaimana kita ketahui, bisnis dan ekonomi selamanya akan mengikuti pertumbuhan teknologi informasi. Oleh gara-gara itu, pertumbuhan ini sebaiknya juga tidak anda abaikan di dalam menentukan pilihan jurusan studimu.

Selain jurusan-jurusan di atas, jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja lainnya adalah jurusan-jurusan yang mengenai dengan bisnis. Lulusan berasal dari jurusan bisnis, keuangan, ekonomi, akuntansi tetap akan selamanya dibutuhkan di dalam beberapa tahun ke depan. Selain itu, hampir seluruh jurusan tehnik juga tetap akan selamanya populer dan banyak dicari lulusannya.

Leave a Comment