Cara Menggoreng Kacang Bawang Pakai Mesin

Cara menggoreng kacang bawang. Menggoreng kacang bawang dapat dilakukan menggunakan mesin penggoreng tidak berminyak ataupun memakai cara biasa dengan minyak goreng. Ketika kacang sudah matang hasil yang dihasilkan berbeda dari warna maupun tekstur. Warna dan tekstur yang dihasilkan dari menggoreng kacang menggunakan mesin penggoreng tidak bermnyak sebaliknya jika menggoreng menggunakan minyak kacang juga ikut berminyak. Agar kacang tidak berminyak saat digoreng menggunakan minyak goreng, kamu bisa menggunakan mesin peniris minyak pada makanan. Dengan mesin tersebut kamu bisa menggurangi miyak dari hasil menggoreng kacang. Berikut ini contoh cara mengoreng menggunakan mesin penggoreng tidak berminyak dan berbagai macam mesinnya.

Cara Menggoreng Kacang Bawang

1. Cara Menggoreng Kacang Bawang Pakai Oven

Cara menggoreng kacang bawang

Bahan dan Mesin :

  • Kacang tanah kupas
  • Bawang putih
  • Garam
  • Santan
  • Air
  • Oven

Cara Menggorengnya :

  1. Siapkan kacang tanah yang sudah dikupas kulit luar dan dalamnya.
  2. Kemudian cuci pakai air yang mengalir sampai sisa kulit luarnya hilang.
  3. Lalu siapkan santan cair dan rendam kacang sampai warnannya pucat dan santan meresap.
  4. Setelah santan meresap dan kacang menjadi pucat, buang santan sisa rendaman.
  5. Masukkan kacang kedalam loyang oven dan ratakan jangan sampai ada kacang yang bertumpukan.
  6. Panaskan oven 180° api atas bawah selama 5 menit, tunggu sampai oven sedikit panas.
  7. Kemudian masukkan kacang yang sudah ditaruh diloyang kedalam oven.
  8. Panggang kacang selama 10 menit pakai api atas bawah dengan suhu 100°.
  9. Setelah kacang brubah warna menjadi kecoklatann angkat dan dingn kan kacang.
  10. Setelah dingin kacang bisa dimasukkan kedalam wadah atau toples agar bisa disimpan lebih lama.

Membuat kacang bawang pastinya memerlukan bawang putih goreng, Kamu dapat membaca Cara membuat bawang putih goreng renyah dan tahan lama disini

2. Mesin Penggoreng Kacang Bawang

Berbagai macam mesin yang dapat kamu gunakan untuk menggoreng dan meiriskan kacang bawang agar tidak berminyak

1. Air fryer

Mesin ini dapat kamu temui ditoko elektronik, toko yang menyediakan mesin-mesin usaha, dan toko online. Mesin ini bisa kamu gunakan untuk menggoreng berbagai makanan termasuk kacang bawang. Cara kerja mesin ini sama seperti oven, bedanya mesin ini digunakan untuk menggoreng makanan. Mesin ini memiliki kapasitas 1 – 2 liter yang dapat kamu gunakan untuk menggoreng berbagai macam makanan seperti kacang bawang, ayam goreng, keripik dan lain-lain.

2. Oven

Mesin yang berbentuk kotak yang dilengkapi pintu kaca yang bisa dibuka dan ditutup ini bisa kamu gunakan untuk menggoreng kacang bawang. Oven biasannya digunakan untuk memanggang kue atau makanan makanan yang dimasak dengan cara dipanggang. Kacang bawang juga dapat digoreng menggunakan mesin ini.

3. Dehydrator

mesin ini memiliki ciri yang sama dengan kedua mesin yang ada diatas. Bedanya mesin ini berfungsi untuk mengeringkan makanan yang berminyak atau basah seperti kacang bawang. Cara kerja mesin ini, pemanas akan diratakan oleh kipas yang ada di mesin dehydrator ini dan suhu panasnya akan keluar melalui ventilasi udara yang ada pada mesin.

4. Spinner

mesin ini lebih tepatnya digunakan untuk meniriskan minyak dn bukan untuk menggoreng. Mesin ini berbeda dari cara kerja ketiga mesin diatas. Mesin ini bekerja dengan cara berputar seperti pengering pakaian dan akan meniriskan sisa-sisa minyak yang menempel di kacang bawang.

Menggoreng kacang bawang menggunakan minyak dan mesin sebenarnya sama saja. Hasil dari makanan tersebut juga sama. yang membedakan hanya makanan tersebut berminyak atau tidak. Tetapi makanan yang digoreng menggunakan mesin juga memiliki kelebihan yaitu makanan menjadi lebih sehat dan baik untuk dikonsumsi seperti Kacang bawang ini. Jika kamu tidak memiliki mesin-mesin tersebut kamu bisa menggoreng kacang bawang dan meniriskannya secara manual, tapi cara ini akan lebih lama.

Sekian penjelasan dari Cara menggoreng kacang bawang pakai mesin diatas. Bila ada kesalahan dalam penulisan kata atau kalimat mohon maaf dan terimakasih.

 

 

Leave a Comment