Cara Memasak Kulit Ubi Kayu Menjadi Olahan yang Lezat!

Di dunia ada berbagai macam jenis makanan dari banyak bahan baku. Tak usah jauh-jauh di Indonesia sendiri ada berbagai macam makanan. Bahan baku makanan tersebut juga beraneka ragam. Kamu bisa menemui ada banyak makanan dari bahan-bahan tidak terduga. Kali ini kita akan membahas cara memasak kulit ubi kayu menjadi berbagai macam olahan. Ayo kita simak bersama-sama apa aja sih yang bisa kita pelajari

Makanan Dari Kulit Ubi Kayu

cara memasak kulit ubi kayu

Untuk kamu yang belum tahu, kulit ubi kayu dapat diolah menjadi berbagai macam jenis masakan dan cemilan. Kulit ubi kayu kan limbah? Bagi sebagian orang yang selama ini hanya berfikit bahwa kulit ubi kayu itu limbah, sebenarnya kulit singkong bisa di olah menjadi makanan atau cemilan lezat.

Jangan menganggap kulit ubi kayu yang selama ini dianggap sebagai limbah tidak bisa diolah menjadi hal lain. Masakan yang dibuat dari kulit ubi kayu juga sama enaknya dengan hidangan yang dibuat dari daging ubi kayu. Daging dan kulit ubi kayu sama-sama bisa diolah menjadi keripik.

Biasanya untuk mengolah daging ubi kayu menjadi keripik kita akan menggunakan alat atau mesin pemotong singkong supaya hasilnya tipis, namun pada kulit ubi kayu kamu bisa langsung memotongnya menggunakan pisau.

Selain menjadi keripik, kulit ubi kayu bisa  diolah menjadi kerupuk, dibuat krispi, kadedemes, campuran hidangan seblak, dan masih banyak lagi. Cara memasak kulit ubi kayu juga berbeda disetiap masakan.

Cara Mempromosikan Usaha Keripik

Sebelum kita mengetahui cara membuat keripik kulit ubi kayu atau olahan yang lainnya beserta bumbu dapurnya, ada baiknya kita juga mengetahui cara mempromosikannya. Cara di bawah ini bisa kamu tiru dan coba jika kamu ingin membuat bisnis dari hasil masakanmu.

Mempromosikan hasil olahan keripik kulit ubi kayu terbilang mudah. Jika kamu ingin mengetahui bagaimana caranya, mari sama-sama kita simak di bawah ini :

1. Promosikan melalui media sosial

Zaman sekarang semua pelaku usaha dimudahkan dalam mempromosikan dagangan sejak adanya media sosial. Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam media sosial dan membuat akun untuk produkmu.

2. Tawarkan promo harga menarik

Siapa sih yang tidak akan tertarik dengan promo atau potongan harga? Untuk meningkatkan penjualan kamu bisa menawarkan promo awal sehingga orang-orang tertarik untuk membeli

3. Tambahkan alamat dan nomor HP pemesanan pada kemasan

Hampir semua orang tahu bahwa kemasan dapat digunakan sebagai pelindung makanan dan juga sebagai media promosi. Cara mengemas keripik ini tidak jauh berbeda pada keripik umumnya. Maka ketika menentukan dan membuat sebuah kemasan pilihlah dengan teliti. Gunakan desain yang bisa memuat nomor HP dan alamat pemesanan.

4. Banner 

Banner bisa menjadi media promosi produkmu. Jangan lupa untuk mendesain banner seunik mungkin tetapi tetap mudah dibaca.

Pasanglah banner di jalan atau lingkungan yang ramai orang atau letakkan di tempat yang mudah terbaca. Jangan lupa untuk meletakkan nomor dan akun produkmu supaya memudahkan konsumen jika ingin membeli.

5. Promosi melalui media brosur

Selain yang disebutkan di atas kamu bisa menggunakan brosur sebagai media promosi. Buatlah brosur dan bagikan kepada masyarakat. Sertakan kelebihan produkmu dan tambahkan kata-kata menarik atau slogan yang membuat calon konsumen semakin yakin dengan produkmu.

Cara Memasak Kulit Ubi Kayu

cara memasak kulit ubi kayu

Ada banyak olahan yang bisa di buat dari kulit ubi kayu. Apa aja sih? Gimana langkah-langkahnya? Untuk itu daripada kita semua bertanya-tanya, yuk simak penjelasannya di bawah ini :

1. Keripik Kulit Ubi Kayu Kriuk

Bahan-bahan :

  • 250 gr kulit ubi kayu, ambil bagian dalam saja
  • 1 bungkus tepung serbaguna
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • Air
  • 1/2 sdt penyedap
  • Minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Pertama, cuci bersih kulit ubi kayu dan rebus dengan garam, kunyit bubuk dan penyedap rasa selama 10 menit atau sampai mendidih, sisihkan.
  2. Selanjutnya ambil sedikit tepung serbaguna dan beri air secukupnya untuk membuat adonan basah
  3. Setelah itu, celupkan kulit ubi kayu yang sudah di rebus ke dalam adonan basah, lalu gulingkan kulit ubi kayu di adonan kering(tepung serbaguna)
  4. Panaskan minyak goreng. Gorenglah kulit singkong dengan api sedang hingga kulit terasa ringan atau bewarna kecoklatan..
  5. Keripik kulit ubi kayu kriuuuk siap dinikmati.
  6. Sajikan

Leave a Comment