Kitasipil.com: Cara Pengujian Kalendering Test

Kali ini Kitasipil akan membahas tentang metode kalendering test. Penjelasan selengkapnya bisa dibaca pada bawah ini.

Gambar Pelaksanaan Tes Kalendering Pancang

Umumnya, Kalendering tes digunakan dalam pekerjaan Jasa Pemancangan pemancangan tiang pancang baik itu beton maupun pipa baja, tes ini bertujuan buat mengetahui daya dukung tanah secara empiris melalui perhitungan yang didapatkan oleh proses pemukulan alat pancang. Alat pancang disini sanggup berupa diesel hammer juga hydraulic hammer. Kalendering test pada proses pemancangan tiang pancang merupakan item harus yang wajibdilaksanakan dan membuahkan laporan buat proyek. Sebelum dilaksanakan kalendering basanya juga dilakukan monitoring pemukulan ketika pemancangan yaitu buat mengetahui jumlah pukulan tiap meter dan total sebagai keliru satu bentuk data yang dilampirkan bersama hitungan kalendering. Untuk itu sebelumnya tiang pancang yang akan dipancang diberikan skala terlebih dahulu tiap meternya menggunakan penanda misalnya cat semprot. Setiap meter selalu dihitung jumlah pukulannya. Selain kalendering tes pula dikenal pengujian yaitu PDA test. Tapi kali ini Kitasipil hanya membahas mengenai Kalendering tes saja.

Bahan-bahan yang diperlukan buat kalendering test sangat Jasa Pemancangan di medan sederhana antara lain:1. Pulpen/Spidoldua. Kertas Milimeter3. Selotip4. Balok kayu Pengarah5. Counter

Biasanya bahan-bahan dan pelaksanaannya dilakukan oleh subkontraktor yg bertugas melakukan pemancangan. Pelaksanaanya dilakukan dalam ketika 10 pukulan terakhir yaitu saat ketika hampir mendekati top pile yg disyaratkan dan pancang hampr nir telihat penurunan yg signifikan. Syarat kalendering tes tercapai jika penurunannya nir lebih berdasarkan dua,5 cm pada 10 pukulan terakhir.

Gambar Contoh Hasil Monitoring Lapangan

Tahapan aplikasi kalendering tes diantaranya:1. Saat Kalendering tes telah dipengaruhi, pemukulan dengan hammer pile dihentikan sementara2.Lalu dipasang kertas millimeter pada tiang pancang memakai selotiptiga. Siapkan pulpen yg ditumpukan dalam balok kayu, lalu menempelkan ujung pulpen pada kertas millimeter4.Menjalankan pemukulan pemancangan kembalilima. Satu orang melakukan kalendering & satu orang mengawasi serta menghitung jumlah pukulan (bantuan counter).6.Setelah 10 pukulan kertas millimeter diambil7.Tahap ini mampu dilaksanan dua-tiga kali bila belum diperoleh grafik yang rupawan8. Usahakan kertas higienis, karena kalau memakai diesel hammer ushakan supaya tidak terkena oli yang akan mengakibatkan grafiknya tertutup & tidak jelas.9. Setelah tahapan selesai output kalendering tes ditanda tangani beserta antara kontraktor, pengawas, & direksi lapangan buat selanjutnya dihitung daya dukungnya.

Gambar model grafik hasil kalendering tes

Untuk kali ini, pembahasan Kitasipil tentang kalendering Test hingga disini. Semoga berguna…

Leave a Comment