Berencana Investasi Ruko? Ketahui Tips Desain Ruko Agar Konsumen Tertarik

Ruko merupakan salah satu bangunan yang kini banyak ditemukan dimana-mana. Banyak orang kini lebih memilih ruko karena memiliki fungsi yang ganda, yakni sebagai tempat usaha sekaligus tempat tingga. Lebih dari itu, ruko juga menjadi salah satu bentuk investasi properti yang sangat menjanjikan loh. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan jasa desain ruko yang tepat supaya bisa menarik minat banyak konsumen.

Membangun ruko tidak hanya sekedar menentukan jasa desain ruko dan lokasi yang strategis agar bisa memperoleh banyak konsumen. Namun juga banyak hal-hal lain yang perlu diperhatikan agar prospek bisnis properti kamu kedepannya bisa berjalan lancar. Agar tidak salah langkah, ketahui beberapa tips dalam membangun  ruko berikut ini:

  1. Tentukan ukuran ideal ruko

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan membangun ruko untuk investasi adalah menentukan ukuran ideal ruko. Hidari membangun ruko terlalu kecil ataupun terlalu besar. Sebab membangun ruko yang ukurannya terlalu sempit karena tentu hal tersebut akan mempengaruhi minat pembeli atau penyewa. Sedangkan membangun ruko terlalu besar akan membuat harga jual atau harga sewa menjadi mahal.

  1. Pilih lokasi yang strategis

Lokasi juga menjadi hal yang penting ketika kamu akan memutuskan membangun ruko. Sebelum menentukan lokasi diperlukan riset atau analisis kecil sebagai uji kelayakan apakah cocok digunakan untuk tempat usaha atau tidak. Lokasi juga menjadi penentu bagaimana prospek usaha kedepannya apakah bisa sukses untuk maju atau sebaliknya. Pilih lokasi ruko yang memiliki prospek yang baik dan menjanjikan untuk membangun usaha, dengan begitu para konsumen akan berminat untuk membeli atau menyewa ruko kamu.

  1. Desain ruko

Biasanya desain ruko terdiri atas dua atau  tiga lantai dengan peruntukkan lantai pertama sebagai tempat usaha dan selebihnya untuk gudang atau tempat tinggal. Meskipun beberapa ruko dalam satu area komplek dibangun dengan desain yang sama namun biasanya setiap ruko akan ditandai dengan warna yang berbeda-beda. Desain ruko juga menjadi salah satu hal penting karena menjadi daya tarik utama sebuah bangunan ruko. Oleh karena itu pastikan kamu menggunakan jasa desain ruko yang sudah profesional dan terpercaya agar hasilnya memuaskan.

  1. Legalitas bangunan jelas

Hal penting yang terakhir yang perlu diperhatikan adalah legalitas bangunan. Pastikan Izin Mendirikan Usaha (IMB) dari bisnis ruko kamu tersebut jelas. Konsumen juga akan lebih nyaman jika membeli atau menyewa ruko yang sudah sesuai dengan syarat administrasi yang ditentukan pemerintah sesuai dengan IMB.

 

 

 

Leave a Comment