10 Fakta Unik Seputar Kopi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Menjadi minuman paling populer di dunia, kopi memiliki banyak fakta unik seputar kopi yang menarik untuk disimak. Dari fungsi kopi sebagai bahan bakar mobil hingga kisah kopi yang ditemukan oleh kambing. Membahas kopi seolah-olah tak ada akhirnya. Dari manfaat untuk kesehatan tubuh, efek samping, jenis kopi, sampai juga dengan proses pembuatan minuman berkafein ini yang pastinya menggunakan mesin kopi.

Tak lupa pula fakta unik lain seputar penanaman, pengolahan, nutrisi, hingga manfaat kopi lainnya berikut ini. Beberapa dar kalian mungkin belum pernah mengetahui sebelumnya. Jangan mengaku sebagai pencinta kopi jika kamu belum tahu fakta unik seputar kopi berikut ini:

fakta unik seputar kopi

Fakta unik seputar kopi

Berikut berupakan beberapa fakta unik seputar kopi yang mungkin belum kalian ketahui:

1. Kafein kopi drip lebih tinggi dari pada kopi espresso

Tak sedikit penikmat kopi yang mengira kandungan kafein pada espresso lebih tinggi dibanding jenis kopi yang lainnya. Faktanya, kafein pada kopi drip atau drip coffee telah mengalahkan espresso. Dalam 1 shot (30 ml) espresso mengandung sekitar kurang lebih 100 mg kafein, sedangkan 1 cangkir (200 ml) drip coffee memiliki 128 mg kafein. Drip coffee ialah teknik menyeduh kopi giling dengan menggunakan kertas filter. Biasanya dikemas dalam bentuk drip bag coffee bagi konsumsi perorangan.

2. Kopi light roast lebih tinggi kafeinnya dibanding kopi dark roast

Pada tahap pemanggangan biji kopi, bisa menghasilkan kopi light roast, medium roast, serta dark roast. Masing-masing kopi yang dihasilkan pun memiliki ciri khas aroma dan cita rasa tersendiri. Untuk kandungan kafeinnya, tenyata kopi light roast mengandung lebih banyak kafein jika dibandingkan dengan kopi dark roast. Hal ini dikarenakan proses pemanggangan yang lebih sebentar walaupun rasanya tidak sepahit kopi dark roast.

3. Ekstrak kafein dari kopi decaf dijual ke produsen soda

Fakta unik seputar kopi yang selanjutnya adalah datang dari kopi decaf yang belakangan ini kian populer. Kopi dengan kandungan minim atau bahkan tanpa kafein ini menyisakan ekstrak kafein pada proses pembuatannya. Ekstrak kafein ini tidak dibuang, melainkan dijual ke produsen ataupun perusahaan soda. Peminatnya terbilang tinggi karena perusahaan farmasi juga banyak yang mengincarnya.

fakta unik seputar kopi

4. Bisa pesan kopi “short” di Starbucks

Bagi kamu yang menggemari Starbucks, perlu diketahui fakta unik seputar kopi yang satu ini. Jika biasanya kamu hanya mengenal “tall” sebagai ukuran gelas Starbucks yang paling kecil, ternyata ada pula ukuran yang lebih kecil lagi. Namanya ialah “short” yang bisa kamu sampaikan ke barista. Sebaliknya, di atas “venti”, ada pula ukuran gelas Starbucks yang lebih besar lagi, namanya adalah “trenta”.

5. Rekor minum secangkir kopi tercepat

Berbagai rekor dunia seputar makanan dan minuman telah dipecahkan oleh orang-orang ternama. Lalu bagaimana dengan rekor minum secangkir kopi tercepat? Pemegangnya adalah pria yang berasal dari negara Jerman, dengan nnama Andre Ortolf. Ia memecahkan rekor minum secangkir kopi tercepat pada tahun 2019, dengan durasi yang dibutuhkan hanya 4.35 detik saja. Hebat bukan?

6. Kopi jadi bahan bakar mobil

Siapa sangka kopi mempunyaai manfaat lain selain dinikmati sebagai minuman yang sangat nikmat. Bahkan kopi ini bisa menjadi bahan bakar sebuah mobil. Mobil dengan sebutan “Car-puccino” ini merupakan Volkswagen Scirocco tahun 1988. Dahulu, mobil ini dimodifikasi agar dapat bejalan dengan bahan bakar ampas kopi sisa.

7. Kopi termahal di dunia

Harga kopi sangat bervariasi di dunia, tapi, perlu kalian ketahui bahwa ada satu jenis kopi yang terkenal sebagai kopi termahal di dunia. Kopi tesebut berasal dari Indonesia. Aapakah kalian ingin tahu apakah kopi itu? Ya, Benar! Kopi itu adalah kopi luwak. Di luar negeri, kopi luwak asli bisa dibandrol dengan harga USD 600 atau setara dengan Rp 8,4 juta per 450 gram. Meskipun begitu, kopi luwak ini juga mendapat sorotan karena dinilai menyiksa binatang saat proses pembuatannya sedang berlangsung.

8. Kopi ditemukan kambing

Fakta unik seputar kopi berikutnya adalah seputar proses penemuan kopi. Konon katanya, kopi ditemukan oleh kambing yang berasal dari negara Ethiopia. Ada legenda yang menceritakan bahwa seorang penggembala kambing melihat kambing peliharaannya menjadi lebih energik setelah makan beberapa jenis berry. Penggembala itu kemudian membawa berry temuannya ke biara, lalu setelah itu orang-orang mulai mengolah berry tadi menjadi sebuah minuman. Konon katanya, berry yang dimaksud ialah biji kopi.

9. Starbucks didirikan oleh dua guru

fakta unik seputar kopi

Populer sebagai gerai kopi jaringan internasional, Starbucks memiliki sejarah yang sangat menarik. Pendirinya bukan seorang pengusaha, melainkan dua guru dan seorang penulis.

10. Alasan ilmiah di balik busa kopi dalgona

Di saat awal pandemi Covid-19 terjadi, minuman kopi varian baru mulai muncul yang dikenal dengan nama kopi dalgona. Ciri khasnya ada pada busa kopi yang kaku dan mengembang dengan cantik. Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah dimana rasio bahan-bahan pembuatan kopi dalgona-lah yang dapat membuat busa kopi berbusa dengan sempurna. Penggunaan sedikit air menjadi kunci utamanya.

 

Leave a Comment