Cara Jualan di Marketplace Facebook Biar Laris dan Bisnis Sukses

Memulai bisnis atau berjualan di marketplace merupakan langkah awal yang tepat. Pasalnya, hingga saat ini hampir semua orang memilih berbelanja secara online dengan alasan bisa berbelanja hanya sambil duduk, tinggal memilih barang lewat layar hp, dan lain sebagainya. Untuk memaksimalkan bisnis, dibawah ini ada beberapa Cara Jualan di Marketplace Facebook Biar Laris dan Bisnis Sukses

Apa Itu Marketplace Facebook?

cara jualan di marketplace facebook biar laris

Selain fungsi utamanya sebagai media sosial, aplikasi Facebook juga memiliki fitur yang mendukung bagi para penggunanya untuk melakukan kegiatan jual-beli. Fitur yang sering disebut Facebook Marketplace ini memungkinkan bagi pengguna Facebook untuk menjual produk hingga memasarkannya supaya laris dibeli oleh para pengguna Facebook yang lainnya.

Sebelum adanya berbagai media sosial yang bisa digunakan untuk jual beli seperti instagram, twitter, tik tok, dan lain sebagainya, aplikasi Facebook menjadi raja nya media sosial. Hampir sebagian besar orang yang mengenal teknologi pasti menggunakan media sosial yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg ini. Mulai dari anak muda, remaja, sampai orang dewasa juga beramai-ramai menggunakan aplikasi Facebook ini, baik untuk kepentingan sosial ataupun bisnis.

Nah, untuk terus berjualan melalui Facebook Marketplace tentunya kamu harus memiliki strategi yang kuat agar jualan kamu laku dan bisnis kamu bisa berkembang. Berikut tips jualan di marketplace facebook dijamin banjir orderan.

Cara Jualan di Marketplace Facebook Biar Laris dan Bisnis Sukses

cara jualan di marketplace facebook biar laris

1. Buat Akun Bisnis Sesuai dengan Ketentuan

Cara jualan di Marketplace Facebook biar laris dan bisnis sukses tentu saja dimulai dengan membuat akun bisnis khusus terlebih dahulu. Membuat akun bisnis di Facebook juga tidak terlalu sulit dan bisa kamu lakukan secara gratis atau tanpa biaya. Untuk membuat akun bisnis khusus, kalian bisa mengikuti langkah-langkah dibawahnya ini.

  1. Buka browser kemudian masuk ke situs business.facebook.com.
  2. Setelah kamu sudah berhasil masuk ke halaman utama, klik opsi Buat Akun.
  3. Isi setiap data yang dibutuhkan, termasuk halaman fanspage. Jika kamu belum memiliki fanspage, kamu bisa membuat fanspage terlebih dahulu.
  4. Setelah data yang dibutuhkan sudah sesuai dan terlengkapi semuanya, kamu bisa menambahkan foto, alamat, dan admin lain.
  5. Apbila akun facebook bisnis kamu sudah berhasil dibuat, kamu bisa langsung menggunakan akun itu untuk berjualan dengan memanfaatkan berbagai fitur yang sudah disediakan Facebook seperti pengelola iklan dan fitur facebook marketplace yang lain.

2. Melakukan Riset Juga Cara jualan di Marketplace Facebook biar laris dan bisnis sukses

cara jualan di marketplace facebook biar laris

 

Cara jualan di Marketplace Facebook biar laris dan bisnis sukses yang berikutnya yaitu melakukan riset. Sebelum kamu memulai bisnis di Facebook Marketplace, alangkah baiknya bila kamu melakukan riset terlebih dahulu dengan cara memeriksa barang-barang apa yang banyak dicari pada kategori produk yang serupa dengan produk jualan kamu. Periksa juga halaman toko yang menjual barang atau produk yang sama dengan yang kamu jual tersebut.

Cari tahu juga apakah sudah ada produk lainnya yang semacam dengan produk yang sudah dijual di Facebook Marketplace. Setelah itu, lihatlah perbedaannya dengan produk yang akan kamu jual, usahakan produkmu memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan dengan produk dari toko lain sehingga produkmu lebih menarik minat pembeli.

Selain itu, tinjau juga harga dan deskripsi produk yang semacam dengan produk jualan kamu. Jika memungkinkan, berikan harga produk yang lebih rendah untuk produkmu daripada produk milik pesaing atau jelaskan mengapa produk yang kamu jual lebih berharga daripada produk pesaing.

Dengan mengeksplor Facebook Marketplace sebelum kamu mulai menggunakannya untuk jualan atau berbisnis, kamu terlebih dahulu bisa mendapat gambaran tentang bagaimana ekosistem jual-belinya, standar harga, dan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menarik minat dan perhatian para pembeli. Kamu juga bisa menambah nilai produkmu dari menemukan keunggulan produk dari pesaing yang menjual produk semacam dari tokomu.

3. Pelajari Target Pasar

Sebelum kamu memulai untuk berjualan dan mengembangkan bisnis di Marketplace Facebook, kamu harus mengenali dulu target pasar kamu. Apabila kamu sudah bisa memahami target pasar, pastinya akan lebih memudahkan kamu untuk merencanakan dan juga melakukan strategi pemasaran.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan solusi dari berbagai macam permasalahan yang dialami oleh calon pembeli dari penggunaan produk yang ditawarkan maupun dibeli di tokomu.

Apabila target pasar kamu bisa tercapai kepada orang yang tepat, besar kemungkinan untuk kamu bisa mendapatkan lebih banyak pembeli. Karena kamu telah berhasil mengiklankannya ke orang-orang yang tepat juga.

4. Kejelasan Pemberian Judul dan Deskripsi Juga Cara jualan di Marketplace Facebook biar laris dan bisnis sukses

Cara jualan di Marketplace Facebook biar laris dan bisnis sukses yang berikutnya yaitu Kejelasan Pemberian Judul dan Deskripsi. Untuk menuliskan sebuah judul dan deskripsi, perlu disematkan teknik copywriting yang mudah dibaca, dipahami, dan tentunya mengandung informasi yang jelas. Ditambah dengan penggunaan kalimat promosi yang persuasif juga bisa lebih efektif untuk menjangkau sisi emosional dari calon pelanggan kamu.

Dari situ, calon pembeli potensial juga akan terpikat untuk menyelesaikan proses belanja ke halaman checkout dan kemudian melakukan transaksi pembelian. Jadi, bagaimana caranya supaya bisa menulis judul dan deskripsi yang baik dan benar?

Tentukan terlebih dahulu target perorangan dari produk yang akan kamu jual. Gunakan bahasa indonesia yang modern atau kekinian dan lebih santai supaya calon pelanggan merasa nyaman denganmu. Begitu pula dengan segmen pasar orang tua, ada baiknya menggunakan bahasa indonesia yang lebih formal dan juga sopan.

Cantumkan informasi produk sejelas mungkin mulai dari spesifikasi, warna, ukuran, material, stok, dan hal lain sebagainya. Gunakan juga foto produk dengan gambar yang jelas (tidak buram) dan berkualitas supaya orang pun tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai produk jualan kamu.

Apabila informasi yang dicantumkan di produk yang kamu jual tidak lengkap, itu artinya calon pembeli harus menanyakan terlebih dahulu kepadamu. Hal ini jelas menyita waktu calon pelanggan yang tidak sedikit. Apabila kompetitor memiliki informasi produk yang lebih jelas dan lengkap, calon pembeli kamu bisa saja malah berpaling ke toko kompetitor, dan kabur dari toko kamu.

Dengan kamu memberikan informasi yang lengkap, kamu akan sangat mempermudah pengalaman berbelanja konsumen.

5. Manfaatkan Grup Jual Beli

Cara jualan di Marketplace Facebook biar laris dan bisnis sukses yang selanjutnya yaitu kamu bisa memanfaatkan grup jual beli yang sudah ada di facebook. Fitur facebook grup menjadi salah satu keunggulan dari aplikasi facebook. Di aplikasi Facebook ada banyak sekali grup yang secara spesifik digunakan oleh pengguna Facebook untuk berkegiatan jual beli.

Nah, kamu bisa memanfaatkan keberadaan grup jual beli di facebook itu untuk memperluas jangkauan pemasaran produk jualan kamu.

Kamu hanya perlu bergabung di grup jual beli itu. Namun, pastikan terlebih dahulu untuk bergabung dengan grup jual beli yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Contohnya, jika kamu menjual alat kecantikan pastikan untuk bergabung dengan grup jual beli alat kecantikan atau jual beli peralatan make up.

Karena biasanya anggota dari grup jual beli memang merupakan mereka yang sedang mencari atau membutuhkan barang yang sering menjadi topik pembahasan di grup jual beli itu. Itu artinya, peluang yang kamu miliki untuk memperoleh konsumen untuk produk jualan kamu semakin terbuka lebar.

 

Gimana nih, setelah kamu baca Cara Jualan di Marketplace Facebook Biar Laris dan Bisnis Sukses di atas tadi apakah kamu udah paham? Tentunya udah yaa. Jangan lupa nantikan tips dan cara sukses berbisnis lainnya dari kami. Selamat mencoba !

Leave a Comment