Cara Buat Pelet Ikan dari Eceng Gondok

Cara buat pelet ikan dari eceng gondok merupakan cara yang bagus untuk memberikan nutrisi pada pakan ikan yang kita rawat. Bingung cari pakan ikan nila murah dan berkualitas? Nah sebagai saran untuk mendongkrak pertumbuhan ikan agar cepat menumpuk, anda bisa menggunakan eceng gondok berprotein tinggi sebagai pakan ikan nila. Kebutuhan pakan budidaya ikan nila harus disertai dengan solusi agar pakan tersebut lebih murah dari pakan yang beredar di pasaran.

Oleh karena itu, diperlukan bahan baku yang dapat diolah menjadi pakan ikan nila yang bernilai gizi tinggi. Salah satu bahan baku pembuatan pakan ikan nila dapat digantikan dengan bahan yang ada, salah satunya adalah eceng gondok. Sering digunakan sebagai bahan tambahan pakan ikan, tanaman air ternyata bisa menggantikan bahan baku tepung ikan, lho!

Apa itu eceng gondok?

Eceng gondok merupakan tumbuhan terapung dengan bentuk bulat lonjong dan ujung yang sempit. Tumbuhan hijau berpermukaan halus ini memiliki akar berserat dan bunga majemuk dalam paku berwarna ungu. Eceng gondok tumbuh dengan baik di kolam dangkal, danau, rawa, dan sungai yang relatif tenang.

Tanaman air ini dapat berkembang biak dengan cepat dan sering dianggap sebagai gulma, padahal memiliki banyak manfaat lho! Salah satu keunggulannya adalah pakan ikan alternatif. Bahkan saat ini banyak pembudidaya ikan yang memanfaatkan eceng gondok sebagai bahan baku pakan ikan.

Cara buat pelet ikan dari eceng gondok

Jika anda ingin membuat pakan ikan nila enceng gondok, anda perlu menyiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan untuk pengolahannya. Simak tutorial di bawah ini tentang cara memberi makan ikan nila eceng gondok!

1. Cara buat pelet ikan yang pertama itu siapkan Eceng Gondok

Sebelum membuat ikan eceng gondok, perhatikan pemilihan tanaman air tersebut untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. Pastikan memilih eceng gondok yang sudah cukup tua dan memiliki daun yang lebar. Bagian yang digunakan untuk membuat pakan ikan eceng gondok adalah daunnya dan iga tengah di bawah daun sepanjang 5 cm yang merupakan bahan baku yang baik untuk pakan ikan.

2. Cara buat pelet ikan yang kedua ialah pengeringan eceng gondok

Setelah menerima bahan baku eceng gondok, tiriskan agar tidak terlalu basah. Kemudian potong kecil-kecil dan jemur di bawah sinar matahari. Tujuan dari pengeringan ini adalah untuk memudahkan produksi tepung eceng gondok dengan mesin pengering modern.

3. Tepung eceng gondok

Pembuatan eceng gondok untuk pakan ikan nila harus melalui tahap pendinginan. Pada saat yang sama, Anda dapat menggunakan penggiling untuk menghasilkan butiran tepung yang halus. Tepung eceng gondok merupakan bahan terpenting dalam pembuatan pakan alami ikan nila. Kemudian pelet dicampur dengan bahan pendukung lainnya sebagai campuran.

4. Pencampuran komposisi pelet

Setelah dihaluskan, tepung eceng gondok dicampur dengan komposisi pelet yang terdiri dari tepung tapioka, dedak halus, buih tahu, vitamin dan minyak ikan. Dosis campuran butiran ini disesuaikan dengan kebutuhan. Kemudian, setelah semuanya tercampur, giling adonan hingga halus untuk ditekan menjadi ikan.

5. Pencetakan butiran eceng gondok

Tahap terakhir pemberian pakan ikan nila dari eceng gondok adalah mencetak campuran eceng gondok dengan cetakan mesin pelet ikan. Hal ini membuat produksi butiran eceng gondok menjadi lebih mudah dan cepat. Kemudian jemur pelet eceng gondok yang telah dicetak untuk mengurangi kadar air di bawah sinar matahari. Pelet ikan eceng gondok yang sudah jadi dan kering dapat disimpan untuk penyimpanan pakan ikan nila.

Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semua dalam hal menjaga kesehatan pertumbuahan pakan ikan Anda. Dan dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikannya dengan nutrisi yang bagus serta banyak. Sehingga pada saat panen Anda bisa menikmati ikannya dengan puas, karena mengandung banyak nutrisi dan juga enak.

 

Leave a Comment