Cara Penaggulangan Sampah Plastik

Cara Penanggulangan Sampah Plastik . Sampah plastik telah menjadi hal yang umum, sampah untuk ditemukan di berbagai tempat bahkan ada yang dibiarkan begitu saja di tempat terbuka. Selain menggangu pengelihatan, juga mampu menimbulkan penyakit.Baca juga di Cara memanfaatkan sampah plastik

Pengertian Sampah

Sampah  merupakan bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber aktivitas manusia maupun dari proses alam yang belum atau yang sudah tidak mempunyai nilai ekonomis. Beberapa definisi sampah menurut berbagai sumber.

  • Menurut UU

Undang – Undang Pengelolaan Sampah Nomor 18 tahun 2008, sampah merupakan sisa kegiatan sehari – hari manusia atau dari proses alam yang telah berbentuk padat.

  • Pendapat Para Ahli

Juli Soemirat ( 1994 ) yang berpendapat bahwa sampah merupakan sesuatu yang tidak dikehendaki diantara yang punya dan bersifat padat.Manik (2003) sendiri berpendapat kalau sampah sebagai suatu benda yang tidak dapat dimanfaatkan atau tidak dikehendaki dan harus dibuang dan dihasilkan pada kegiatan manusia.

Jenis – Jenis Sampah

Sampah sendiri dapat digolongkan berbagai jenis misalnya seperti sampah rumah tangga, pasar, industri, pertanian, rumah sakit, perkebunan, peternakan, institusi atau kantor atau sekolah, dan lain sebagainya.

  • Sumber Sampah

1) Pemukiman

Sampah pemukiman biasanya asalanya dari satu atau beberapa keluarga yang tinggal pada suatu bangunan yang terdapat di desa maupun di kota.Mesin pencacah kompos.Contoh sampah yang diperoleh dari pemukiman biasanya sisa makanan dan bahan sisa proses pengolahan makanan atau sampah atau kering (rubbish), basah (garbage), atau sisa tumbuhan

2) Tempat – tempat Umum

Untuk Sampah yang satu ini yang bersumber dari berbagai  tempat – tempat umum, seperti: pasar, terminal bus tempat hiburan, stasiun kereta api, dan sebagainya. Contoh jenis sampah ini bentuknya seperti plastik, kertas, botol, daun, dan lain sebagainya.Cara penanggulangan sampah plastik

3) Perkantoran

Di sini yang dimaksud merupakan Perkantoran baik perkantoran pendidikan, perdagangan, departemen, perusahaan, dan sebagainya. Pada dasarnya hasil sampah ini bersifat kering, dan mudah terbakar, misalnya kertas.

4). Jalan raya

Biasa berasal dari pembersihan jalan, pada umumnya sampahnya seperti kertas, kardus, debu, batu-batuan, daun, pasir, palstik, dan lain sebagainya.

5) Industri

Sampah industri asalnya dari sisa – sisa proses produksi, seperti sampah pengepakan barang, logam, plastik, kaleng, kayu, dan lain sebagainya.

6) Pertanian atau Perkebunan

Limbah Pertanian atau Perkebunan merupakan hasil produk pertanian yang kurang bagus kualitasnya maupun tidak laku dijual seperti, sisa sayur-mayur, jerami, dan lain sebagainya.

7) Peternakan dan Perikanan

Contoh sampah dari Peternakan dan Perikanan yang berupa kotoran ternak, sisa makanan ternak, bangkai binatang, dan sebagainya.

Sampah Plastik Berdasarkan Asalnya

cara penaggualangan sampah plastik

  • Sampah organik

Jenis sampah ini berasal dari bahan-bahan hayati yang berasal didegradasi oleh mikroba atau bersifat biodegradable. Cara penanggulangan sampah plastik.Sampah organik mampu dengan mudah diuraikan melalui proses alami, sebagian besar sampah rumah tangga adalah bahan organik.

Limbah organik seperti sampah dari dapur, sisa – sisa makanan, pembungkus atau selain kertas, karet dan plastik, kulit buah, tepung, sayuran, daun juga ranting. Pada pasar tradisional bisa dengan mudah menemukan sampah organik seperti sampah sayuran, buah-buahan dan lain sebagainnya.

Untuk penangualangan penumpukan sampah, anda dapat melakukan pencacahan sampah dengan mesin pencacah sampah,supaya menjadi ukuran kecil-kecil dan dapat lebih cepat terurai pada tanah.

  • Sampah Anorganik

Sampah jenis ini diperoleh dari bahan non hayati, yang berupa produk sintetik maupun hasil proses teknologi pengolahan bahan tambang.  Jenis sampah sperti dapat dibedakan menjadi :

  1. Plastik
  2. Kertas
  3. Kaca dan Keramik
  4. Detergen

selain itu sampah anorganik sulit untuk terurai oleh alam atau mikroorganisme secara keseluruhan ( unbiodegradable ). Cara Penanggulangan sampah plastik.Contoh sampah ini pada tingkat rumah tangga seperti botol gelas, botol plastik, kaleng, dan tas plastik.

  • Sampah Khusus Dari Cara Penanggulangan Sampah Plastik

Jenis sampah ini adalah sampah yang memerlukan penanganan khusus supaya menghindari efek buruk yang dapat ditimbulkannya. Sampah jenis ini meliputi :

  • Sampah Rumah Sakit

Limbah yang dihasilkan rumah sakit merupakan sampah biomedis, misalnya seperti: peralatan operasi, sampah pada alat pembedahan, obat-obatan, botol infus dan sejenisnya. Sampah ini terkontaminasi pada virus, bakteri, dan pembawa penyakit lainnya yang mungkin dapat menimbulkan efek buruk.

  • Baterai Kering dan Akumulator Bekas

Baterai biasanya dapat mengandung logam berat seperti raksa dan kadmium atau bahan ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan akumulator sendiri memepunyai asam sulfat atau senyawa timbal yang berpotensi memberikan bahaya terhadap manusia.

Sampah Plastik Berdasarkan Wujudnya

Berdasarkan wujud atau bentuknya sampah plastik dapat digolongkan  menjadi tiga macam yaitu:

  1. Bahan Cair  seperti ,Air sabun, air cucian, minyak goreng sisa, dan lain – lain.
  2. Bahan Padat seperti ,Ban bekas, bungkus snack, botol air minum, dan lain – lain.
  3. Bahan Gas seperti , Karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), HCl, NO2, SO2 Dan lain – lain.

dikarenakan sampah plastik memerlukan waktu yang lama untuk bisa teruraikan hal ini dapat menimbulkan efek negatif, misalnya dapat mencemarkan tanah.Perlu di perhatikan kalau yang dikategorikan sampah disini merupakan bahan yang tidak digunakan lagi ( refuse) dikarenakan sudah diambil bagian – bagian utamanya.Cara penanggulangan sampah plastik

Cara Penaggualangan Sampah Plastik

Beberapa cara penaggualanagn sampah plastik adalah dengan mendaur ulang, incinerasi, dan membuat plasitik yang mampu mengalami biodegradasi

  • Daur Ulang

Cara penanggulanagan sampah plastik yang paling ideal merupakan dengan mendaur ulang. namun, hal itu sepertinya tampak tidak mudah dijalankan. Proses daur ulang ini dapat melalui beberapa tahap:

  • Pengumpulan

Tahap pengumpulan merupakan tahap mencari maupun mengumpulkan sampah tersebut. Biasanya sampah dapat dikumpulkan oleh dinas terkait atau bisa juga masyarakat.

1. Pemisahan ( Sortir )

Tahapan sortir merupakan tahap dimana sampah yang sudah terkumpil dapat  dipilah sesuai jenisnya. Setelah selesai dipilah mungkin biasannya akan dikirim ke pabrik untuk di daur ulang.

2. Pelelehan

langkah selanjutnya merupakan pelelehan, sampah yang telah dipilah dapat dilelehkan ke bentuk cair.

3. Pembentukan Ulang dari cara penanggulangan sampah plastik

Setelah plastik dilelehkan, selanjutnya dapat dicetak atau dibentuk ulang menjadi benda baru.Tahapan paling sulit pada daur ulang merupakan pengumpulan dan pemisahan. Kedua tahapan sangat memebutuhkan waktu yang lumayan lama, hal ini bisa lebih mudah dilakukan jika masyarakat dengan disiplin ikut untuk berpartisipasi.Bentuk partisipasi masyarakat misalnya seperti pada saat membuang sampah. Jika membuang sampah plastik dengan tidak  dicampur dengan sampah organik.

  • Incinerasi

Selain melakukan daur ulang, cara lain untuk cara penaggulanagn sampah plastik merupakan dengan membakarnya pada suhu tinggi (incinerasi). Sampah plastik memiliki nilai kalor yang tinggi, sehingga mampu dimanfaatkan sebagai sumber tenaga dalam pembangkit listrik.

Ada sejumlah pembangkit listrik yang memanfaatkan batu bara yang  dicampur dengan beberapa persen ban bekas. Namun teknik pembakaran sebenarnya bisa menimbulkan masalah baru, misalnya pencemaran udara, pembakaran plastik seperti PVC dapat menghasilkan gas HCl yang bersifat korosif.

Pembakaran ban bekas dapat menghasilkan gas yang bersifat korosif. Gas korosif ini dapat membuat incinerator cepat terkorosi. Yang paling berbahaya apabila gas dioksin muncul pada proses pembakaran. Selama proses pembakaran, perli dipastikan untuk melakukan pengontrolan ketat.

  • Plastik Biodegradable

Lebih dari setengah dari total sampah plastik merupakan plastik kemasan. Oleh karena itu diciptakan plastik biodegradable dengan upaya suapay menanggulangi sampah plastik. Sayangnya, plastik biodegradable lebih mahal dan kelihatannya masyarakat enggan dalam membayar lebih.

  • Pelarangan Penggunaan atau Pembatasan Produk Plastik

Beberapa Negara maju dan berkembang sudah  melarang pembuatan dan penjualan kantong plastik. Bahakan pembatasan pemkaian plastik pada sebuah produk juga terus dilakukan. Dengan melarang penggunan plastik supaya ketergantungan terhadap plastik, hingga batas tertentu bisa ditekan.

Berbagai cara bisa dilakukan individu guna membatasi jumlah sampah plastik, misalnya memakai tas kertas atau berbahan kain lainnya seperti tas belanja.

  • Melibatkan Masyarakat

Kita sebagai warga masyarakat, penting bagi kita agar mengikut berkontribusi terhadap upaya pelestarian lingkungan hidup. Beberapa upaya yang bisa kita lakukan supaya mengatasi sampah plastik dalam kehidupan sehari – hari diantaranya sebagai berikut:

  • Membuang botol air plastik, wadah makanan dan bahan plastik lainnya di tempat pembuangan sampah.
  • Jangan membuang sampah plastik di ruang terbuka, seperti: tempat umum, sungai, saluran air, pantai, dan laut.
  • Mengikuti peraturan pemerintah yang berkaitan secara langsung pada manajemen plastik.
  • Ikut meningkatkan kesadaran masyarakat pada pengelolaan dan bahaya sampah plastik, misalnya menginformasikan kepada kerabat atau tetangga.
  • Mengikuti gotong royong dalam membersihkan lingkungan sekitar rumah dari sampah, baik sampah organik maupun non – organik.

Dengan melakukan beberapa langkah sederhana tersebut, kita bisa turut ikut berpatisipasi dalam mengendalikan penggunaan plastik.

Berbagai cara menanggulangi sampah plastik

1) Kurangi kebiasaan menggunakan sampah plastik

2) Pisahkan sampah  plastik dengan organik, sehingga bisa lebih mudah untuk didaur ulang

3) Sampah plastik  tidak boleh  dibakar

4) Jangan membuang sampah plastik sembarangan

  • Tips untuk terhindar dari bahaya keracunan akibat penggunaan plastik :

1) Tidak menggunakan plastik sebgai tempat makanan, pakailah tempat makanan yang lebih aman, seperti gelas.

2) Pastikan makanan atau minuman anda tidak berbau plastik

3) Untuk botol susu bayi sebaiknya mengunakan cangkir bayi

Jika pemakaian botol susu bayi pilihlah yang berbahan kaca, polypropylene, atau polyethylene. Sedangkan untuk dot, pakailah yang berbahan silikon, karena tidak dapat mengeluarkan zat karsinogenik, tidak seperti dot yang berbahan latex.

4) Janganlah menyimpan makanan maupum minuman di saat keadaan panas pada botol plastik.

5) Kurangi menggunakan botol plastik sebagai menyimpan air minum.

Jika kalian membeli minuman yang memakai botol plastik berbahan PET ( code 1 ) atau HDPE ( code 2 ) pakailah hanya untuk sekali pakai dan segera habiskan, dikarenakan pelepasan senyawa trioksida akan terus bertambah atau meningkat seiring  berjalannya waktu. Lebih baik gunakan botol stainless steel atau kaca.

6) Usahakan agar tidak memanaskan makanan yang dikemas dalam plastik

Jangan memanaskan makanan yang dikemas mengunakan plastik, khususnya jika  menggunakan microwave oven,  dikarenakan hal seperti ini dapat mengakibatkan zat kimia yang terdapat pada plastik terlepas dan dapat bereaksi dengan makanan lebih cepat.

Bahaya Sampah Plastik

Kenapa sampah plastik harus lebih diperhatikan?, yah mudah saja dikarenakan sampah dapat untuk membahayakan kelestarian alam bahkan makhluk hidup. Beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan oleh sampah.

  • Mengganggu Rantai Makanan

Asal kalian menegetahui pencemaran sampah plastik dapat mempengaruhi organisme terkecil di dunia seperti plankton. Jika organisme kecil dapat teracuni akibat mengkonsumsi plastik, kemungkinana besar hewan besar seperti paus pasti dengan mudah terpengaruh.

Pada akhirnya manusia bisa  terpengaruh juga. Hal ini dapat terjadi jika kita mengkomsumsi ikan yang beracun. Jumlah sampah plastik di laut sangat banyak, tidak dapat mengherankan bila ikan yang tercemar polutan bisa ditemukan di seluruh dunia.

Dengan organisme mikroskopis yang disebut dengan zooplankton, makhluk laut, maupun burung sudah merasakan dampak dari sampah plastik. Greenpeace pada Tahun 2006,  mengatakan bahwa setidaknya 267 spesies binatang yang berbeda diketahui sudah terjerat dan mati akibat terkait sampah plastik.

  • Pencemaran Air

Sumber air dunia berada pada keadaan bahaya akibat dari bocornya limbah dan pencemaran sampah plastik. Pernahkan anda melihat tempat pembuangan sampah?, kalo pernah bayangkan pada saat setiap kali hujan air yang mengenai sampai lalu meresap kedalam tanah kemudian terkomsumsi.

Pastinya anda tidak mau menggunakan air yang tercemar bukan. Air yang tercemar sangat berbahaya bagi tubuh dikarenakan mengandung berbagai virus maupun bakteri.

  •     Mencemari Tanah

Plastik bisa menyebabkan pencemaran tanah. Plastik yang tertimbun di dalam tanah dapat menghalangi air meresap, selain itu sampah juga dapat menggangu hewan – hewan seperti cacing, cacing sendiri berfungsi sebagai menyuburkan tanah.

Selain itu ketika sampah plastik dibuang di tempat pembuangan sampah, setelah itu berinteraksi dengan air hujan misalnya. Kemudian membentuk bahan kimia berbahaya, kemudian bahan kimia ini meresap ke bawah tanah tidak hanya dapat mencemari tanah, mereka juga dapat menurunkan kualitas air.

  • Menyebabkan Polusi Udara

Pembakaran sampah plastik di tempat terbuka akan bisa melepaskan bahan kimia beracun. Udara yang tercemar, ketika terhirup pada manusia dan hewan, mampu mempengaruhi kesehatan dan juga bisa menyebabkan masalah pernapasan.

  •  Membunuh Hewan

Sampah plastik yang berada dilaut telah membunuh banyak hewan mulai dari ikan, burung, lumba – lumba, paus atau penyu mati diakibatkan terjerat sampah terkait plastik. Namun, hal itu tidak membuat masyarakat untuk membuang plastik sembarangan.

Tidak hanya membunuh hewan, sampah plastik juga merusak sistem hutan bakau, ternyata hutan bakau sangat penting bagi manusia. Hutan bakau sangat bermanfaat dalam menyediakan antibiotik, mencegah abrasi, dan juga tempat pemijahan ikan.

  • Beracun

Produk plastik dibuat memakai sejumlah bahan kimia beracun. Produk plastikpun sudah dikaitkan dengan sejumlah permasalah pada  kesehatan akibat dari bahan kimianya. di mulai dengan proses pembuatan, penyimpanan,  samapai dengan membuang plastik berpotensi berbahaya bagi makhluk hidup.

  • Biaya Penanggulangan Mahal

Harga untuk penaggualangan sampah tidak murah, sudah dihabiskan biaya jutaan dollar setiap tahunnya agar mengurangi, mengatasi dampak sampah plastik.

Padahal biaya tersebut bisa dimanfaatkan sebagai hal lain, seperti Biaya kesehatan, pembuatan fasilitas, Peningkatan infrastuktur, dan penambahan kualitas pendidikan.

  • Penurunan Wisata

Apakah kalian mau berkunjung di tempat wisata yang dipenuhi sampah berbau busuk?, pastinya tidak mungkin kan?. Misalnya kalian berkunjung ke pantai, akan tetapi jika pantai tersebut penuh dengan sampah pastinya kalian tidak akan pergi meninggalkan tempat itu kan.

 

Leave a Comment