4 Jenis Smartphone Berdasarkan Bentuknya yang Perlu Diketahui

Smartphone adalah sebuah telepon genggam yang mempunyai berbagai fitur canggih dan spesifikasi tinggi seperti komputer.

Smartphone sekarang sudah menjadi salah satu alat komunikasi utama. Bahkan hampir setiap kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua pun sudah mempunyai smartphone.  

Jenis-Jenis Smartphone

Tentu saja setiap smartphone sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Hal tersebut bertujuan membuat pengguna nyaman dalam melakukan berbagai keperluan.

Walaupun begitu, Anda harus mengamankan smartphone dari hacker. Smartphone dapat dibedakan dengan berdasarkan bentuknya, antara lain yaitu:

1. iOS

iOS merupakan sebuah sistem operasi perangkat gerak yang dikembangkan brand Apple. Sistem operasi ini sangat mementingkan kualitas seperti model yang sangat elegan, control privacy dan cukup simpel saat digunakan.

Sementara itu, terdapat Cocoa Touch layer, abstraction layers, Core OS layers, Core Service layers dan Media layers. Akan tetapi, kelemahannya yaitu pilihan perangkat yang terbatas pada iPhone, sebab harganya sangat mahal.

2. Ponsel

Ponsel banyak sekali digunakan berbagai kalangan sebab bentuknya kecil dan sangat mudah dibawa kemana saja. Smartphone ini sudah mempunyai layar sentuh, bahkan tombol keypad smartphonenya terletak di navigasi dengan melalui layar sentuh.

3. Tablet

Tablet adalah sebuah smartphone yang bentuknya lebih lebar dari jenis smartphone lainnya.

Dimana sudah dilengkapi dengan mini keyboard jika dibutuhkan. Tablet memang jarang digunakan untuk telepon, sebab ukurannya cukup besar jadi susah untuk menggenggamnya, SUDEKAT.

4. Smartwatch

Bentuk smartwatch ini seperti jam tangan yang sudah terkoneksi dengan internet dan smartphone. Alat komunikasi ini baru dirilis, jadi nggak heran jika banyak dilirik orang.

Bukan cuma menunjukkan waktu saja, namun smartwatch juga bisa mengakses GPS, cuaca, email, sms serta telepon. Sementara itu, smartwatch cuma bekerja sesuai dengan kompatibilitas dan sistem operasi yang Anda miliki.

Smartphone bukan hanya sekedar melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan teks saja, akan tetapi smartphone juga bisa menjelajahi internet dan menjalankan program perangkat lunak layaknya komputer.

Selain itu, biasanya sebuah smartphone menggunakan layar sentuh untuk memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan yang lain.

Leave a Comment