Cara Jualan Sosis Bakar yang Bisa Kamu Coba Dirumah

Cara Jualan Sosis Bakar

Sosis bakar termasuk sebagai usaha kekinian, cara jualan sosis bakar yang menarik wajib dicoba untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Misalnya saja dengan lewat packaging yang unik, merek yang bagus, atau bisa juga lewat topping-topping lezat dari yang lain daripada pesaing.

Sebagai jenis cemilan atau snack, makanan ini nyatanya banyak disukai oleh anak-anak sampai orang dewasa. Untuk itulah membuka usaha ini cenderung cukup mudah, modalnya juga tidak terlalu besar, dan juga bisa dilakukan dari rumah kita sendiri.

Nah, lalu bagaimana caranya supaya laris manis dan mendapatkan untung banyak?

  1. Pilih Nama/Merek yang Unik Didengar

Orang terkadang mengesampingkan dalam soal brand karena lebih mementingkan penjualan saja. Padahal ini merupakan bagian dari identitas baik produk maupun penjual.

Komoditi yang sama jika dikomunikasikan dengan cara yang beda, maka akan memiliki positioning yang jelas berbeda. Maka, cobalah untuk merenung, tenang, dan berpikir jernih untuk memberi nama pada kios sosis bakar yang akan dibuat.

Memiliki brand yang jelas akan memudahkan kita nantinya ketika membuat sebuah logo, desain packaging, serta membuat konten-konten promosi sosis. Jangan hanya karena ini usaha sampingan yang enggan untuk mengesampingkan aspek-aspek penting soal komunikasi produk.

Cara Jualan Sosis Bakar

cara jualan sosis bakar

  1. Tentukan Harga Jual yang Tepat dan Pas

Bicara soal berapa besar konsumen harus membayar untuk sebuah produk memang cukup rumit.

Pasalnya, ada formula tentang menentukan harga jual ini nantinya. Pertama-tama tentu harus menetapkan dulu kapasitas produksi/jualan perhari nya. Barulah dari sini kita dapat mengetahui jumlah biaya bahan baku, ongkos, dan operasional lainnya. Tambahkan dengan margin keuntungan, barulah bisa dapat angka berapa untuk harga.

Jadi, jangan asal menjual berdasarkan harga pesaing atau pasaran disekitar. Teknik ini boleh saja digunakan asal jenis produk sama baik dari jenis dan kualitasnya.

Ketika pesaing menjual sosis bakar seharga 15 ribu rupiah per potongnya, dengan jenis sosis jumbo dan topping buatan sendiri yang unik. Maka hal ini tidak bisa lantas disamakan dengan sosis kualitas standar beserta saus yang instan. Kira-kira seperti itulah gambarannya.

  1. Kulik Resep Unik

Coba perhatikan di toko-toko saingan sekitar kamu, rata-rata mereka menjual sosis dengan saus atau toping yang itu-itu saja. Barbequ, keju, rasa pedas, atau sekedar sambal botol biasa. Supaya tampil outstanding, tidak ada salahnya untuk mengulik topping yang lebih lezat.

Tidak punya keahlian dalam hal memasak? Coba lihat saja di Youtube atau internet yang membahas soal street food di luar negeri.

Orang-orang yang berjualan jajanan kaki lima di negeri Paman Sam atau amerika sangat kreatif dalam membuat topping dalam jualan sosis. Sosis sudah menjadi bagian keseharian mereka dan merupakan makanan pokok mereka juga. Maka gak heran kalau perlakuan terhadap makanan ini sangat special bagi mereka.

Jangan takut untuk mencoba ya, komunikasikan keunikan ini dengan cara yang tepat pula.

  1. Utamakan Hygiene atau Higienis

Berjualan makanan sangat mengutamakan soal kebersihan dan keamanan produk. Tujuanya tentu saja agar konsumen tidak merasa dirugikan akibat keracunan misalnya. Usahakan meja atau tempat jualan sosis kamu rapih serta bersih. Penataan produk juga harus diperhatikan dan jangan sampai terkesan berantakan.

Percaya atau tidak, presentasi sebuah tempat makan menentukan persepsi dari sang pembelinya. Orang rela membayar lebih untuk mendapatkan produk yang baik dari toko yang bersih dan enak untuk dilihat.

Usahakan memakai masker saat memasak untuk menghindari kontaminasi droplet ke makanan dan gunakan sarung tangan dari plastic atau kain. Layani dan utamakan kesehatan para konsumen bisa jadi cara jualan sosis bakar yang jitu.

  1. Perbanyak Metode Pembayaran

Sediakan banyak pilihan cara membayar bagi para konsumen agar mereka lebih nyaman saat berbelanja. Selain lewat tunai, bisa juga dengan cara lewat e-wallet. Cara ini juga mencerminkan kalau toko ini sudah dikelola secara modern dan professional tentunya.

Trik jualan sosis bakar dengan menambahkan berbagai cara bayar berpotensi meningkatkan keuntungan.

Jika memungkinkan, seiring berkembangnya usaha sosis kamu, bisa ditambahkan juga software kasir agar pencatatan keuangan atau transaksi menjadi lebih rapi. Berapa keuntungan dari jualan sosis, biaya-biaya, serta banyaknya penjualan dapat di catat dengan baik.

Cara Jualan Sosis Bakar

cara jualan sosis bakar

  1. Jalin Kerjasama Dengan Layanan Pesan Antar

Bergabunglah dengan Go Food atau Grab Food untuk meningkatkan penjualan dan meluaskan pangsa pasar sosis bakar kamu. Sekarang ini orang lebih memilih duduk di rumah sambil menunggu pesanan makanan datang. Maka agar bisa melayani konsumen dengan tipe seperti ini, jangan ragu untuk mendaftarkan sosis bakar kamu ke layanan delivery.

Yang harus diperhatikan adalah soal harga jual pasar. Umumnya penjual akan dikenakan 20 persen biaya layanan dari harga yang dipasang. Maka, lebih baik putuskan sejak awal merintis akan melakukan mark up atau menekan margin.

Jika memutuskan untuk menaikkan harga jualan, sebaiknya price list pada pembelian offline juga disesuaikan dengan metode online. Tujuannya agar tidak terjadi kebingungan pada konsumen. Idealnya memang sejak awal sudah menjalin kerjasama agar perhitungan biaya ini sudah masuk kedalam komponen harga.

  1. Promosi di Media Sosial atau Secara Offline

Tidak ada usaha yang tidak menggunakan media sosial hari ini. Sekecil apapun usahanya, jika dikomunikasikan lewat saluran yang tepat, maka bisa jadi lebih besar.

Instagram bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki engagement yang cukup tinggi dengan konsumen. Berikan konten-konten yang terbaik, foto-foto yang menarik, yang tentunya relevan dengan produk jualan.

Usahakan apa yang ditampilkan di media sosial sesuai dengan kenyataan. Misalnya, pada foto di Instagram tampilan sosis bakar yang dibuat semenarik mungkin. Nah, apa yang diberikan pada konsumen juga harus sama dengan iklan nya.

Jangan hanya terlihat maksimal untuk kebutuhan foto atau artifisial saja tapi maksimalkan juga dalam hal pelayanan. Hindari membuat konsumen kecewa karena makanan yang tidak sesuai ekspektasi.

Cara jualan sosis bakar yang dibahas di atas sangat mudah untuk dicoba. Tidak perlu takut rugi karena usaha ini cenderung tidak bermodal besar, kok. Bagi kamu yang ingin mempelajari tentang cara memulai usaha makanan online, Kamu bisa mencobanya disini.

Selamat mencoba ya, semoga sukses untuk Teman-teman semua!

 

Leave a Comment