Cara Membuat Santan Kental dari Kelapa

Cara membuat santan kental dari kelapa. Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat santan kental dari kelapa, kita perlu mengetahui sedikit penjelasan tentang kelapa di Indonesia. Pohon kelapa sangat mudah ditemui di seluruh daerah di Indonesia.

Hal ini disebabkan karena Indonesia memiliki tanah yang subur sehingga pohon kelapa bisa tumbuh dengan mudah di Indonesia.

Perlu diingat kembali, negara Indonesia merupakan negara penghasil kelapa terbesar di dunia. Pohon kelapa memiliki julukan sebagai pohon sejuta manfaat. Disebut dengan pohon sejuta manfaat karena semua bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Salah satu bagian dari pohon kelapa adalah daging buah kelapa. Bagian ini adalah bagian paling sering dimanfaatkan dan digunakan untuk memenuhi kehidupan hidup sehari-hari. Daging buah kelapa biasa diolah menjadi masakan, minuman, hingga jajanan.

Daging buah kelapa bisa diolah menjadi berbagai olahan, salah satunya adalah digunakan sebagai bahan utama untuk membuat santan. Untuk membuat santan murni dari kelapa juga tidaklah sulit. Karena bahan dasarnya yaitu buah kelapa bisa kita temukan di seluruh daerah di Indonesia.

Baca juga : Cara Membuat Santan Kelapa Ala Rumahan

 

 

Jenis Santan Kelapa di Indonesia

cara membuat santan kental dari kelapaDi Indonesia ada dua jenis santan murni yang berasal dari buah kelapa, yaitu santan kental dan santan encer. Kedua jenis santan murni kelapa ini memiliki perbedaan dari segi tekstur dan proses pembuatan santannya.

Tetapi pada dasarnya, santan encer dan santan kental memiliki kegunaan dan manfaat yang sama, keduanya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masak. Jika kita ingin memasak kari ayam dan masakan berat lainnya, kita pastinya membutuhkan jenis santan yang kental.

Santan juga bisa dijadikan sebagai bahan campuran atau bahkan bahan utama dalam mengolah masakan, minuman, hingga jajanan. Seperti gulai, kue, pudding, cendol,  bubur, dawet ayu, klepon, dan masakan lainnya.

Santan kental juga sering disebut dengan santan kelapa yang super murni dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis santan lainnya.

Untuk membuat santan kelapa yang super murni, kita membutuhkan buah kelapa yang tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua, yang memiliki tingkat kematangan pas.

Karena tingkat kematangan buah kelapa sangat mempengaruhi hasil akhir dari santan kelapa yang akan kita buat. Biasanya, untuk mengetahui tingkat kematangan kelapa, kita bisa mengetahui lewat beberapa ciri buah kelapa. Bisa dilihat lewat batok kelapan yang sudah berwarna coklat atau belum.

Lalu, bagaimana cara membuat santan kental dari kelapa?

 

 

Cara Membuat Santan Kental dari Kelapa

Berikut adalah bahan dan cara membuat santan kental dari kelapa dengan mudah di rumah :

Bahan-Bahan :

  • Kelapa yang matangnya pas
  • Air secukupnya

Cara Membuat Santan Kental :

  1. Siapkan buah kelapa yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda. Matangnya pas.
  2. Siapkan panci, dan rebus air secukupnya sampai matang, kemudian sisihkan dalam wadah.
  3. Bersihkan dan kupas kulit luar buah kelapa yang berwarna coklat.
  4. Cuci bersih buah kelapa kemudian belah menjadi beberapa bagian.
  5. Potong menjadi beberapa bagian kecil kecil, lalu parut daging kelapanya. Jika tidak ingin memakan waktu lama dan proses yang panjang, kita bisa meminta bantuan penjual kelapa untuk memarutkan dagingnya.
  6. Setelah selesai diparut, campurkan parutan kelapa dengan air hangat yang sudah direbus tadi secukupnya. Lalu aduk hingga rata.
  7. Jika sudah tercampur rata, mulailah untuk meremas parutan kelapa dengan air sampai sarinya keluar. Sari kelapa inilah yang dinamakan santan. Jangan lupa untuk menggunakan saringan.
  8. Lakukan secara berulang-ulang sampai parutan kelapa sudah kering dan tidak bisa diperas lagi.
  9. Masukkan dalam wadah dan simpan dengan baik.
  10. Santan kental siap diolah menjadi aneka masakan.

Leave a Comment