Cara Masak Opor Ayam Santan yang Lezat dan Mudah

Cara Masak Opor Ayam Santan – Opor ayam merupakan salah satu makanan yang khas dari Indonesia. Makanan ini biasanya disajikan pada saat hari raya seperti Idul Fitri, Natal, Tahun Baru dan acara-acara adat lainnya. Opor ayam mempunyai cita rasa yang gurih karena bahan utamanya biasanya adalah santan kelapa.

Cara Memasak Opor Ayam Santan

cara masak opor ayam santan

Berikut adalah cara masak opor ayam santan yang mudah dan praktis:

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam, potong-potong sesuai selera
  • 1L santan kelapa kental
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 5 buah cabai merah, iris serong
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 ruas jari lengkuas, memarkan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 cm kunyit, memarkan
  • 2 sdm garam
  • 1 sdm gula merah
  • Air secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Siapkan semua bahan yang di perlukan.
  2. Panaskan sedikit minyak goreng pada wajan dan tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Masukkan ayam dan aduk sampai ayam agak kecoklatan.
  4. Tambahkan daun salam, serai, cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, gula merah, dan garam.
  5. Masukkan santan, aduk-aduk hingga rata.
  6. Sesekali aduk aduk supaya santan tidak pecah.
  7. Masak opor ayam dengan api kecil selama kurang lebih satu jam sampai ayam empuk dan bumbu meresap.
  8. Jika dirasa kuah santan terlalu kental, bisa ditambahkan air secukupnya.

Cara masak opor ayam santan yang mudah dan praktis di atas bisa menjadi opsi menu makan siang atau makan malam di rumah. Opor ayam santan dapat dihidangkan dengan nasi putih dan sambal sebagai pelengkap.

Tips Memasak Opor Ayam Santan yang Lezat

1. Pilih Ayam yang Segar dan Berkualitas

Kualitas ayam adalah kunci terpenting untuk menciptakan cita rasa Opori yang asin dan nikmat. Untuk ini, Anda harus memperhatikan tidak hanya jenis ayam pedaging, tetapi juga ayam segar dan berkualitas tinggi.

Umumnya ayam yang sering dimasak sebagai opor adalah ayam kampung atau ayam jantan. Rasanya yang lebih asin dan kenyal serta kandungan protein yang tinggi justru menjadi alasan mengapa ayam kampung begitu digemari.

Memanggang ayam kampung membutuhkan kesabaran karena membutuhkan waktu lebih lama. Namun, Anda bisa menggunakan panci presto agar lebih mudah dan praktis. Potong ayam menjadi 8-12 bagian, cuci bersih dan tambahkan ke dalam panci.

2. Gunakan Santan dari Kelapa Tua

Menggunakan santan dalam ayam menambah rasa pada saus asin. Pilih santan dari kelapa tua agar lebih enak. Karena kelapa tua bisa menghasilkan santan lebih banyak dan rasanya lebih asin.

Perhatikan juga konsistensi santan kental pada adonan kari ayam. Ayam kampung biasanya membutuhkan lebih banyak santan daripada ayam pedaging yang sudah banyak airnya.

3. Pilih Bumbu yang Berkualitas

Agar rasa opor ayam semakin nikmat, gunakan bumbu yang masih segar dan berkualitas baik. Jika menggunakan bumbu, gunakan blender atau food processor untuk menghaluskannya hingga halus.

Hindari meratakan bumbu dengan menambahkan air, karena dapat membuat rasa menjadi hambar. Tumis bumbu sampai benar-benar matang sebelum memasukkan ayam.

4. Masak Opor Ayam dengan Api Kecil

Saat memasak opori, Anda harus memperhatikan nyala api agar ayam matang secara merata. Gunakan api kecil saat memasak op. Selain membuat daging terasa empuk dan bumbu meresap, juga berfungsi untuk mencegah santan pecah.

Kemudian perlahan dan merata aduk kaldu ayam. Pencampuran kuah dapat mengeluarkan kandungan minyak dari santan lebih cepat. Untuk itu, jeda setiap kali mengaduk adonan agar kandungan minyak santan tetap terkendali.

5. Menyimpan Opor Ayam Sisa agar Tidak Basi

Jika Anda memiliki sisa ayam yang sudah dimasak atau tidak habis, Anda dapat menyimpannya di lemari es. Tempatkan terlebih dahulu dalam plastik atau wadah, lalu tutup rapat. Hindari menyentuh tulang ayam secara langsung dengan tangan, karena tangan yang kotor dapat memindahkan bakteri yang akan menyebabkan ayam lebih cepat busuk.

Saat ingin memakannya lagi, keluarkan dari freezer dan masukkan ke dalam pendingin untuk menurunkan suhunya. Karena kalau langsung dipanaskan saat masih beku malah merusak santannya. Panaskan dengan api kecil, aduk sesekali.

Tentunya apabila ingin membuat Opor Ayam. Tentu dalam berbahan utamannya adalah santan. Untuk itu menghasilkan santan yang dari kelapa Anda bisa memakai Mesin Peras Santan. Adapun jika anda memerlukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda.

Leave a Comment