Khasiat Biji Mete yang Baik untuk Kesehatan

Khasiat biji mete – Kacang-kacangan bukan makanan yang asing buat kita. Meski tidak mengkonsumsinya setiap hari, tetapi sejak kecil kita sudah sering mengkonsumsi berbagai jenis kacang dalam banyak cara.

Mulai dari menyantap kacang goreng dan kacang rebus sebagai cemilan, memakan kacang yang sudah diolah menjadi bumbu sate atau pecel, dan yang paling enak adalah menikmati cacahan kacang bersama coklat sebagai topping martabak.

Kacang-kacangan memang enak dikonsumsi dan diolah jadi banyak makanan, entah itu makanan manis atau gurih. Bahkan tidak jarang, kacang dijadikan sebagai bahan untuk membuat kue.

Membahas soal kacang-kacangan, kebanyakan orang Indonesia biasanya lebih mengenal kacang tanah. Maklum selain lebih mudah ditemukan dan bisa diolah dengan mudah, harga kacang tanah juga jauh lebih murah.

Namun selain kacang tanah, ada satu jenis kacang lain yang tidak kalah enak dan kaya akan manfaat, apalagi kalau bukan kacang mete. Bagi beberapa orang, kacang mete memang kurang familiar.

Meski kita sering melihat gambarnya, namun banyak orang yang belum pernah mencicipinya. Kacang mete sendiri berukuran lebih besar dari kacang tanah, dan rasanya lebih gurih.

5 Khasiat Biji Mete

Khasiat Biji Mete

Di Indonesia, kacang mete memang cukup jarang digunakan. Salah satu alasannya karena harganya yang sedikit lebih mahal ketimbang kacang tanah, membuat beberapa orang berpikir dua kali sebelum membelinya. Tidak dipungkiri, harga kacang mete memang sedikit lebih mahal karena ukurannya yang lebih besar.

Selain masalah harga, banyak orang beranggapan bahwa kacang mete sulit diolah dan hanya cocok untuk dibuat menjadi berbagai jenis kue saja. Padahal kacang mete juga sebenarnya enak diolah jadi banyak makanan, bahkan manfaatnya juga sangat beragam. Berikut manfaat kacang mete yang jarang diketahui.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit kardiovaskular seperti jantung menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh kadar kolesterol jahat alias LDL yang tinggi dalam darah.

Kadar kolesterol jahat yang tinggi jika dibiarkan akan membentuk plak pada saluran darah yang dapat menyumbat peredaran darah dalam tubuh.

Penyumbatan ini pada akhirnya akan memicu masalah pada jantung hingga akhirnya menyebabkan berbagai penyakit. Untuk menghindari hal ini, kita perlu menurunkan kolesterol jahat yang ada di tubuh. Salah satu cara paling enak adalah dengan mengkonsumsi kacang mete.

Kacang mete memiliki kandungan serat, beberapa jenis vitamin, dan juga mineral yang dipercaya ampuh menurunkan LDL alias kolesterol jahat di tubuh kita. Dengan turunnya kadar kolesterol jahat, maka secara otomatis juga akan menurunkan risiko kita terkenal penyakit-penyakit mengerikan tersebut.

2. Mencegah Anemia

Anemia atau kurang darah menjadi salah satu masalah yang dirasakan oleh banyak orang. Anemia bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu diantaranya adalah pola makan yang buruk, sehingga membuat kita kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Biasanya, anemia atau kurang darah ditandai dengan tubuh yang mudah lelah, pusing, hingga mata berkunang-kunang. Sebenarnya untuk penyakit anemia atau kurang darah ini, kamu bisa mengatasinya dengan mudah. Saat ini, sudah banyak suplemen penambah darah yang bisa dikonsumsi. Kamu juga bisa mengkonsumsi banyak makanan, dan kacang mete adalah salah satunya.

Kacang mete mengandung zat besi dan juga tembaga yang dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah merah. Manfaat lainnya yang tidak kalah istimewa adalah zat besi plus kalsium yang ada di kacang mete juga sangat baik untuk menjaga agar tulang bisa tetap sehat.

3. Memenuhi Kebutuhan Energi

Aktivitas yang padat, ditambah lagi dengan pola makan yang berantakan dan tidak teratur, kadang membuat kita kehilangan banyak energi. Untuk mengembalikannya, ketimbang mengkonsumsi makanan atau cemilan yang tidak sehat, kamu bisa menggantinya dengan mengkonsumsi kacang mete.

Kacang mete mengandung lemak baik dan juga kalori. Dua zat ini nantinya akan diolah tubuh menjadi energi yang kita butuhkan. Namun tentu saja, ngemil kacang mete saja tidak cukup, ya! Selain ngemil kacang mete, kamu juga harus memenuhinya dengan makan yang cukup dan sehat.

4. Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Penggunaan gadget yang berlebihan bisa menyebabkan masalah bagi mata kita. Nah karena kita tidak bisa hidup tanpa gadget, kita perlu memberikan perhatian lebih pada mata kita. Perhatian lebih sendiri bisa berupa rajin mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata.

Kacang mete mengandung antioksidan yang ampuh melindungi mata dari berbagai masalah. Jika dikonsumsi secara rutin dengan takaran yang cukup, kacang mete bahkan bisa menurunkan risiko kebutaan. Keren banget, kan?

5. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Banyak orang yang diet enggan mengkonsumsi kacang-kacangan karena khawatir akan menambah berat badan. Ini karena kacang mengandung lemak. Namun yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah, kebanyakan lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan, khususnya kacang mete merupakan lemak yang baik.

Selain kandungan lemak baik, kacang mete juga kaya akan protein dan juga serat. Bukan rahasia lagi kalau serat sangat bermanfaat bagi orang yang sedang diet. Serat bukan hanya sehat, namun juga dapat mengekang nafsu makan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Jika ingin lebih mudah dalam mengupas biji mete bisa dengan alat pengupas mete agar hasil lebih maksimal, rumahmesin.com menyediakan alat pengupas mete yang berkualitas namun dengan harga terjangkau.

Demikian itulah ulasan mengenai khasiat biji mete yang perlu anda tahu, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk kamu ya!!

Leave a Comment