Macam-Macam Kue Lebaran Terfavorit

Macam-macam kue lebaran – Macam-macam kue lebaran. Hari Raya Idul Fitri tentu sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam. Maka tak heran bila hari itu tiba dirayakan dengan suka cita.

Di tengah gemuruh suara takbir dan bedug, ada satu hal yang tak boleh dilewatkan. Apa ini? Ya, kue-kue khas lebaran. Seperti sudah menjadi tradisi, perayaan pesta tidak lengkap tanpa kue kering.

Nah buat kamu yang masih bingung mau bikin atau beli kue yang mana? Berikut 21 jenis kue kering lebaran yang populer dan wajib dimiliki saat lebaran.

Macam Macam Kue Lebaran

Macam Macam Kue Lebaran

1. Kue Kering Keju

Jenis kerupuk keju atau gel keju ini ialah keliru satu kudapan manis kemarau khas lebaran yang hampir selalu ditemui pada setiap rumah yang merayakannya.

Kue ini memiliki sentuhan keju Edam atau Cheddar. Keju parmesan sering ditambahkan agar aroma khas keju lebih terasa. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang nikmat.

2. Kue Kering Kacang Tanah

Kue lebaran khas ini menggunakan kacang sebagai bahan utamanya. Rasa asin dan manis inilah yang membuat kue ini begitu populer. Kue-kue ini biasanya dipres menjadi berbagai bentuk dan kemudian dimasukkan ke dalam toples.

3. Kue Kering Putri Salju

Kue lebaran spesial selanjutnya adalah kue snow white. Penggunaan nama ini tentunya karena kue ini dibalut dengan gula halus yang manis menyerupai salju.

Dari segi tekstur, kue ini mirip dengan cheesecake, namun lebih lembut. Biasanya juga asin, tapi tidak asin seperti kue keju.

4. Kue Kering Cokelat

Siapa sih yang tidak suka dengan manisnya coklat? Seperti namanya, kue ini menggunakan ekstra cokelat di dalam adonannya.

Walaupun kue ini tidak sepopuler kue-kue sebelumnya, namun tidak begitu laris. Biasanya kue coklat ini juga dilapisi dengan dark chocolate atau coklat berwarna.

5. Kue Kering Mentega

Kue kering jenis ini terbuat dari unsalted butter yang telah dilumuri dengan tepung terigu, baking powder, selai kacang dan bahan pendukung lainnya.

Cake ini memiliki tekstur yang renyah dan manis. Berbeda dengan kue sebelumnya, kue ini harus dipanggang hingga benar-benar kering. Jika tidak, tekstur kue akan tetap lembut dan rapuh.

6. Nastar

Anda sudah tahu kue yang satu itu, bukan? Tekstur kue Nastar lembut, penuh dengan selai buah yang manis.

Selai nanas biasanya digunakan sebagai selai. Namun, banyak juga yang menggantinya dengan selai strawberry, blueberry atau selai buah lainnya.

7. Kukis Cokelat Kacang

Kue-kue ini dikenal sebagai nigreta. Kue ini mirip seperti kue coklat selai kacang. Tampilannya memang mirip dengan chocolate chip cookies biasa, namun tekstur nigreta lebih renyah dan padat. Sekilas rasanya memang mirip dengan brownies, hanya saja teksturnya lebih renyah.

8. Kue Kering Semprit Larut

Kue Lebaran yang akan datang ini memiliki bentuk yang unik. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang tidak terlalu manis menjadikan kue ini cocok sebagai pelengkap teh dan kopi.

9. Kue Lidah Kucing

Kue lidah kucing menyerupai kue gulung telur dalam tekstur dan rasa. Hanya saja bentuk kue ini lebih pipih.

Nama lidah kucing berasal dari bentuknya yang menyerupai lidah kucing. Rasa kue ini juga cukup manis. Kue ini biasanya ditaburi gula pasir, keju parut atau coklat.

10. Kue Kering Vanila Dates Cookies

Yang membuat kue ini berbeda adalah penggunaan bahan utama. Kue ini menggunakan bahan dasar kurma. Tentu saja, rasa kurma yang manis dan kerenyahan kuenya membuat perpaduan keduanya begitu nikmat.

Tentunya kue lebaran ini pasti membutuhkan yang namanya tepung, soalnya itu adalah salah satu bahan untuk membuat kue. Tepung harus bener-bener halus, gampang kok di era sekarang bisa menggunakan mesin penepung agar jauh lebih mudah.

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam menghaluskan tepung ini, Anda harus mempunyai mesin penepung yang ini. Nah, itulah macam-macam kue lebaran yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Comment