Cara Membuat Kue Lumpang yang Mudah dan Praktis

Cara Membuat Kue Lumpang – Kue Lumpang adalah salah satu nama sejenis kue basah khas kota Palembang. Kue ini sangat populer di mana-mana, jadi Anda bisa menikmatinya di mana saja. Kue cobek ini memiliki rasa manis yang pas, teksturnya yang lembut dan halus sehingga cocok untuk lidah kita. Setiap masakan atau hidangan membutuhkan keahlian khusus dalam mengolahnya, terutama kue cobek ini.

Kue Lumpang termasuk dalam kategori kue jajanan pasar basah, biasanya disantap bersama kopi pagi untuk sarapan pagi. Kue lumpang yang lembut ini menggelitik lidah saat menikmatinya. Membuat kue lumpang ini sangat mudah, namun Anda harus sangat berhati-hati saat menyiapkannya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Kue ini biasanya disajikan dengan taburan parutan kelapa yang dikukus dengan campuran garam halus agar lebih gurih. Jika ingin lebih detailnya, kami bagikan resepnya di bawah ini.

Resep Cara Membuat Kue Lumpang

cara membuat kue lumpang

Bahan Bahan yang Dibutuhkan:

  • 300 gr tepung ketan
  • 75 gr gula merah, serut halus
  • 1/2 sdt garam
  • 200 ml air matang
  • 75 ml santan kental
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1 sdm air kapur sirih
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue lumpang.
  2. Campurkan tepung ketan, gula merah serut halus, dan garam dalam sebuah wadah.
  3. Panaskan air matang dan tambahkan santan kental. Aduk rata hingga santan tercampur dengan air matang.
  4. Tuangkan campuran air matang dan santan ke dalam wadah yang berisi tepung ketan, gula merah dan garam. Aduk rata hingga adonan kue lumpang tercampur merata dan menjadi lebih kenyal.
  5. Tambahkan vanili bubuk dan air kapur sirih ke dalam adonan. Aduk rata kembali hingga semuanya tercampur merata.
  6. Siapkan loyang mini atau wadah tahan panas yang sempit dan bulat, lapisi dengan daun pisang.
  7. Ambil adonan kue lumpang dengan sendok dan tuangkan ke dalam wadah yang sudah dilapisi daun pisang. Pastikan adonan tersebar merata di atas daun pisang.
  8. Panaskan kukusan dan oleskan daun pisang dengan minyak goreng pada bagian atasnya. Kukus kue lumpang selama kurang lebih 20-30 menit hingga matang.
  9. Angkat kue lumpang dari kukusan dan tunggu hingga meredakan suhunya. Lakukan dengan hati-hati karena kue lumpang masih panas.
  10. Setelah suhu kue lumpang sudah turun, keluarkan dari wadah dan taruh di atas tampah. Hias dengan potongan daun pisang atau taburan kelapa parut.

Itulah resep kue lumpang yang mudah dan praktis untuk dibuat di rumah. Kue ini cocok disajikan sebagai hidangan di hari raya atau acara keluarga. Kue lumpang ini memiliki rasa manis dan lembut di tengahnya, dengan tekstur yang sedikit kenyal di permukaannya. Selamat mencoba membuat kue lumpang di rumah!

Tentunya apabila ingin membuat kue atau santan. Anda bisa menggunakan kelapa terlebih dahulu agar menjadi kelapa parut yang dapat digunakan sebagai bahan campuran pada saat membuat kue atau santan. Dengan itu, Anda harus memiliki Mesin Parut Kelapa. Adapun jika anda memerlukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda.

Leave a Comment