Cara Membuat Nugget Daging Sapi Sederhana

Cara Membuat Nugget Daging Sapi Sederhana- Membuat nugget sapi adalah cara membuat nugget yang bahan utamanya adalah ikan segar dan dilumuri remah roti yang renyah. Dan kali ini saya juga membagikan resep dan manfaatnya kepada teman-teman yang mengunjungi artikel ini.

Cara Membuat Nugget Daging Sapi

cara membuat nugget daging sapi

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging cincang
  • 4 sendok makan tepung maizena
  • 4 sendok makan tepung chakra
  • 2 telur
  • 3 bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Bawang hijau secukupnya
  • Merica untuk rasa
  • 1 wortel kecil
  • gula untuk dicicip
  • Tambahkan garam secukupnya
  • Sedikit minyak sayur (agar adonan tidak lengket)

Bahan pelapis:

  • telur dan tepung panir

Langkah pembuatan:

  1. Bawang merah, bawang putih, merica, gula, garam diulek jadi satu.
  2. Kocok telur lalu campur dengan bumbu halus, daging giling, tepung dan bumbu cincang. Campur dengan baik.
  3. Masukkan adonan ke dalam wadah panas dengan sedikit minyak dan kukus selama 30 menit.
  4. Matikan api dan dinginkan adonan nugget. Saat dingin, Anda dapat membentuknya sesuka Anda.
  5. Celupkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam kocokan telur, lalu gulingkan ke dalam tepung roti. Masukkan ke dalam freezer minimal 2 jam.
  6. Nugget bisa digoreng

Manfaat Nugget Sapi

1. Menjaga Massa Otot

Konsumsi daging sapi secara rutin diyakini dapat membantu menjaga massa otot dalam tubuh. Seiring bertambahnya usia, sulit untuk menghindari bentuk tubuh. Salah satu yang mungkin Anda alami adalah sarcopenia, atau kehilangan massa otot. Pada prinsipnya kondisi ini dapat dicegah dengan latihan kekuatan yang intensif dan peningkatan asupan protein yang cukup. Daging sapi bisa menjadi sumber protein pilihan untuk mencegah kondisi ini.

2. Meningkatkan Kinerja Otot

Daging sapi mengandung senyawa carnosine yang sangat penting untuk fungsi otot. Carnosine dapat dibuat dalam tubuh dari beta-alanine, asam amino yang ditemukan terutama pada ikan dan daging seperti daging sapi. Memenuhi kebutuhan beta-alanin dengan mengonsumsi daging sapi dapat meningkatkan kadar carnosine otot. Sebaliknya, pola makan vegetarian dapat menyebabkan rendahnya kadar carnosine.

3. Mencegah Anemia

Salah satu manfaat daging sapi yang diyakini sebagian besar masyarakat untuk mencegah anemia memang benar adanya. Anemia defisiensi besi adalah bentuk anemia yang sangat umum. Daging sapi tidak hanya menjadi sumber zat besi bagi tubuh manusia, tetapi juga dapat membantu penyerapan zat besi dari makanan nabati. Oleh karena itu, mengonsumsi daging sapi dinilai efektif mencegah anemia defisiensi besi.

4. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Daging sapi juga diduga meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi risiko diabetes. Asam linoleat terkonjugasi dalam daging sapi bisa sangat membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin.

Daging sapi juga mengandung senyawa yang disebut L-carnitine. Satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi L-karnitin dapat membantu meningkatkan kadar glukosa puasa dan profil kolesterol total pada penderita diabetes tipe 2.

5. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Daging sapi bisa membantu sahabat menjaga berat badan ideal. Manfaat daging sapi sebagai penahan berat badan ideal juga berasal dari kandungan asam linoleat terkonjugasi dan senyawa L-karnitinnya. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen L-karnitin dapat menghasilkan penurunan berat badan yang lebih signifikan daripada kelompok yang tidak mengonsumsinya.

Selain itu, asam linoleat terkonjugasi yang dikandungnya dikatakan membantu menghilangkan lemak. Namun jika sobat ingin menjaga berat badan, maka tentunya tidak boleh terlalu banyak makan daging sapi dan juga harus menjaganya.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian tentang manfaat daging sapi untuk kesehatan jantung sangat bervariasi. Ada yang mengatakan daging sapi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Bagian dari daging sapi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung adalah kandungan lemak jenuhnya.

Oleh karena itu, teman-teman boleh mempertimbangkan untuk mengonsumsi daging sapi tanpa lemak yang jelas lebih sehat. Di sisi lain, daging sapi justru mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, seperti: B. vitamin B dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Demikian penjelasan tentang cara membuat nugget daging sapi. Jangan lupa gunakan produk vacum terbaik yang bisa anda temukan di pabrik terpercaya. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment