Penyebab Kerusakan Pompa Sentrifugal dari Sisi Mekanis

 

Cocok dengan judul postingan kali ialah pemicu kehancuran pada pompa centrifugal. Yang kami iktikad di mari merupakan kehancuran pada nyaris seluruh tipe pompa centrifugal baik pompa air rumah tangga sampai pompa industri.

Perihal sangat mendasar yang wajib dikenal merupakan nyaris sebagian besar pompa yang universal digunakan merupakan pompa centrifugal dengan Flow Meter Digital. Kami hendak menarangkan secara pendek dengan bahasa yang gampang dipahami apa itu pompa centrifugal. Karakteristik khas pompa centrifugal merupakan mempunyai impeller. Impeller lah yang bekerja buat merubah aliran air yang pelan jadi bertekanan besar dengan style centripetal yang dikerjakannya. Jadi ingat! Apabila pompa mempunyai impeller, pompa itu nyaris tentu ialah pompa centrifugal. Pompa piston, vane, gir( gear pump), membran serta lain- lain bukan tercantum jenis pompa centrifugal.

Penyebab Kerusakan Pompa Sentrifugal

Postingan ini hendak mangulas kehancuran yang tidak diakibatkan oleh aspek listrik. Ulasan lebih ke sisi mekanis.

 

Perawatan Pompa

Pompa mempunyai komponen yang terus bergerak semacam halnya pada mobil, motor, ataupun mesin industri yang lain. Dengan terdapatnya komponen yang kerap bergerak, hingga aus hendak mencuat. Semacam halnya kita tertib bawa kendaraan bermotor kita buat ditilik( service) ke bengkel, hingga pompa pula wajib tertib di rawat( maintenance). Kerap kali pihak pemakai tidak mempedulikan keadaan pompa serta baru melapor ke service centre dikala hadapi kekurangan air yang diakibatkan kendala pada pompa. Umumnya yang terjalin merupakan suku cadang( spare- part) pada pompa telah aus sehingga performa pompa menyusut ataupun apalagi pompa jadi rusak. Solusinya adalalah dengan mempersiapkan agenda maintenance yang tertib( buat pihak industri/ komersial yang mempunyai teknisi sendiri) serta memanggil teknisi service ke rumah ataupun bawa pompa ke service centre buat ditilik( buat pihak rumah tangga).

 

Dilarang Menyalakan Pompa Dikala Tidak Terdapat Air

Kerap kali kali memandang pihak yang melaksanakan pengetesan pompa dikala tidak terdapat air pada pompa. Dengan kata lain pompa dinyalakan dikala tidak terdapat air( dry- running). Baik perihal itu dicoba dikala pembelian pompa baru ataupun dicoba buat mengecek pompa yang lagi ditilik. Apabila perihal tersebut dicoba cuma sebentar( sebagian detik) pasti tidak begitu bermasalah, hendak namun terkadang dicoba dalam jangka waktu yang lebih lama. Apabila pompa dinyalakan tanpa air dalam waktu lama hendak menimbulkan kehancuran pada suku cadang misalnya pada mechanical seal, impeller, diffuser, casing pompa, serta lain- lain. Hendak namun terkadang perihal ini dapat pula terjalin tidak disengaja misanya tidak terdapat yang mengawasi dikala air telah habis sebab pompa menyala secara manual. Ataupun perihal tersebut terjalin sebab Water Tingkat Control tidak berjalan dengan semestinya.

 

Pemipaan Wajib Benar

Pemipaan yang tidak pas bisa memunculkan kendala pada pompa. Kendala tersebut bisa mulai dari dimensi pipa yang tidak cocok dengan pompa( misalkan pengunaan pipa dengan dimensi yang lebih kecil dari sambungan pompa). Tidak hanya itu bisa diakibatkan oleh pengunaan fitting serta valve yang tidak cocok ataupun posisi pemasangan yang kurang pas. Posisi belokan pada pemipaan wajib benar secara hidrolika air. Posisi yang dapat menimbulkan terjebaknya gelembung hawa pada bagian hirup pipa wajib dihilangkan. Pemipaan sedapat bisa jadi diatur buat kurangi style gesek pada pipa( friction loss).

Jalan pemipaan wajib dibuatkan dudukan ataupun supportnya supaya tidak gampang bergerak. Pengunaan flexible joint dianjurkan buat menghindari getaran yang berlebih pada pemipaan.

Bersumber pada pengalaman kami, sebagian dari kasus yang mencuat pada pompa diakibatkan oleh sistem pemipaan yang kurang pas.

 

Posisi Pompa

Posisi peletakan pompa pula bisa pengaruhi energi tahan pompa. Misalkan pompa diletakan di ruangan yang lembab, hingga apabila pompa tersebut dibuat dari bahan logam, pompa tersebut hendak gampang hadapi korosi. Ruangan yang panas serta tidak mempunyai lumayan ventilasi ataupun pertukaran aliran hawa pula hendak pengaruhi pompa spesialnya di motor listriknya.

Tidak hanya itu buat pompa yang dikopel dengan motor listriknya, wajib ditentukan posisi sambungan kopel benar( center).

Sambungan pipa pada pompa wajib cocok serta tidak terdapat tarik- menarik antara pompa serta pipa yang bisa menimbulkan pompa beralih ataupun tertarik.

 

Ketepatan Pompa Yang Digunakan

Yang diartikan dengan ketepatan pompa yang digunakan merupakan apakah kamu selaku pihak pemakai telah percaya kalau pompa yang saat ini digunakan ataupun yang hendak digunakan telah benar? Misanya buat pompa yang hendak digunakan buat memindahkan cairan( transfer pump) sesuai dengan cairan tersebut? Misal kamu hendak memindahkan cairan kimia, cairan kental ataupun cairan solar yang kesemuanya itu hendak memerlukan jenis pompa yang berbeda yang dibuat dari bahan yang pula berbeda bergantung dengan kecocokan( material compatibility) antara cairan dengan pompa.

Tidak hanya itu pula wajib ditentukan spesifikasi pompa telah pas. Perihal ini dapat dicoba dengan meningkatkan kalkulasi hidrolik air( head loss, friction loss, dll) ke nilai pembedahan pompa( duty point). Sebab apabila kalkulasi hidrolik air diabaikan, pompa yang sepatutnya telah pas spesifikasinya di atas kertas hendak jadi tidak lumayan performanya.

Demikian ulasan pendek hendak pemicu kehancuran pada pompa dalam sisi mekanis. Para pembaca sekaligus pasti dengan ini hendak menyadari kalau kehancuran pada pompa bisa diakibatkan oleh aspek lain semacam minimnya perawatan, kesalahan pemipaan, tidak memperhitungkan hidrolik air, serta yang lain. Satu aspek lain yang tidak kami bahas mendetail di atas merupakan aspek Human Error yang sesungguhnya pula berkontribusi atas kehancuran pompa. Yang diartikan aspek Human Error merupakan aspek di mana pompa rusak disebabkan kesalahan pengoperasian ataupun prosedural oleh operator ataupun minimnya pengetahuan metode revisi pompa oleh pihak yang berupaya membetulkan pompa tersebut sendiri. Hendak namun aspek ini sangat susah dikenal sebab terkadang tidak dikenal sudah terjalin kesalahan. Penyebab Kerusakan Pompa Sentrifugal.

Leave a Comment