Cara Menanam Rumput Jepang Paling Mudah Bisa di Coba di Rumah

Cara menanam rumput jepang – Ada cukup banyak jenis rumput yang biasa digunakan sebagai sarana untuk membuat taman menjadi lebih cantik. Salah satu jenis yang sangat populer dan banyak digunakan adalah rumput jepang.

Cara menanam rumput jepang juga terbilang cukup mudah dan tidak sulit dalam perawatannya. Inilah alasan kenapa rumput jepang sangat populer di Indonesia.

Rumput jenis ini memiliki tekstur yang kasar dan ukuran yang cukup pendek, selain itu rumput jepang memiliki daun yang kurus dan rapat sehingga sangat cocok untuk menghias taman rumah. Pesona inilah yang kemudian membuat rumput jepang menjadi sangat populer.

Dibandingkan dengan varian rumput yang lain, rumput jepang tergolong jenis yang membutuhkan perawatan ekstra. Kalau Anda tertarik untuk menanamnya dirumah, kali ini Kutanam akan memberikan tips dan trik cara menanam rumput jepang di rumah.

Cara Menanam Rumput Jepang

cara menanam rumput jepang

 1. Memilih Bibit

Bibit rumput jepang biasanya dijual per meter persegi atau terkadang dijual dalam bentuk bongkahan. Kalau Anda membeli bibit dalam bentuk permeter persegi, maka Anda tidak perlu repot hanya tinggal meletakkannya.

Namun kalau Anda membeli bibit dalam bentuk bongkahan maka ada beberapa hal khusus yang harus diperhatikan dalam memilih bibit yang akan Anda gunakan.

  • Bibit yang akan digunakan harus berwarna hijau segar
  • Bibit harus sehat, tidak terkena penyakit atau hama
  • Tidak layu dan memiliki tekstur yang keras

Cara memilah bibit rumput jepang :

  • Bibit harus dipisah menjadi kumpulan kecil saja
  • Harus benar benar pastikan akar tanaman ikut terpisah dan tidak tercabut
  • Apabila tidak langsung digunakan sebaiknya letakkan dalam tempat tertutup yang tidak terkena sinar matahari langsung dan siram secara berkala supaya tetap segar.

2. Mempersiapkan lahan

Ada beberapa tahapan yang harus Anda persiapkan dalam mempersiapkan lahan untuk ditanam rumput jepang.

  • Persiapkan cangkul untuk menggemburkan lahan dan jangan lupa sesuaikan kedalamannya
  • Ratakan permukaan tanah sampai benar benar merata
  • Bersihkan batu dan sisa sisa rumput sampai benar benar bersih supaya tidak mengganggu pertumbuhan rumput jepang.
  • Apabila tanah kurang gembur, Anda bisa menggunakan garpu supaya tanah bisa gembur sesuai keinginan
  • Gunakan pupuk kandang dengan rasio 2:5 (pada setiap 2 meter taburkan 5kg pupuk kandang)
  • Siram setiap hari selama 5-7 hari supaya pupuk dapat menyerap dengan baik dan media tanam siap untuk digunakan.

3. Proses tanam

Setelah bibit dan media tanam sudah siap untuk dipergunakan sekarang Anda sudah bisa masuk ke tahap berikutnya yaitu proses penanaman:

  • Bibit yang akan ditanam sebaiknya disiram terlebih dahulu supaya bisa bersih dari kotoran.
  • Waktu terbaik untuk menanam adalah saat sore hari dan mulai menjelang malam, ini dikarenakan kalau ditanam pada waktu pagi hari rumput akan rusak terkena sinar matahari disaat akar belum siap.
  • Masukkan bibit rumput jepang ke dalam lubang dengan jarak sekitar 10×10 cm.
  • Ratakan lubang dengan tanah segera setelah bibit dimasukkan.
  • Siram bibit rumput jepang yang sudah dimasukkan dengan air bersih.
  • Untuk selanjutnya penyiraman harus dilakukan rutin karena masih dalam fase awal penanaman.

4. Perawatan

Rumput jepang merupakan salah satu rumput yang kurang terawat karena rumput ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dan penyiraman yang cukup (dalam artian tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit).

Bisa dikatakan ini merupakan langkah yang sangat penting dalam perawatan dan pengelolaan rumput jepang agar dapat berkembang secara optimal.

Penyiraman

Sebanya disiram secara rutin pada pagi dan sore hari. Saat rumput masih dalam tahap awal penanaman, perlu disiram dengan lembut, dengan selang atau longgar, agar tidak merusak akarnya.

Pemupukan

Apabila rumput sudah melewati tahap penanaman awal, atau sekitar 2 minggu setelah tanam, rumput sudah bisa dipupuk. Anda bisa menggunakan pupuk urea dengan dosis 1/2 kg pada lahan seluas 10 meter persegi.

Jika ukurannya kurang dari 10 meter persegi, dosisnya bisa disesuaikan dengan proporsi yang tepat. Saat rumput berumur 1,5 bulan, Anda bisa menggunakan pupuk TSP dengan dosis yang sama.

Penyiangan

Hapus segera setelah ada gulma atau rumput liar di tanah. Untuk pertumbuhan rumput yang optimal dan merata, hal ini harus segera dilakukan.

Hindari juga serangga kecil yang dapat merusak rumput, namun hindari penggunaan pestisida. Yang harus Anda lakukan adalah menjaga lingkungan dan sanitasi agar tetap bersih.

Pemangkasan

Saat rumput berumur 3 bulan, yang terbaik adalah mulai memotong rumput agar sinar matahari mencapai akar rumput.

Karena jika terlalu tinggi dikhawatirkan sinar matahari tidak sampai ke akar dan rerumputan menjadi kuning kecokelatan. Pada tahap ini rumput akan segera mati jika tidak segera dipotong.

Anda juga bisa menggunakan mesin pencacah rumput untuk mempermudah anda, anda bisa mendapatkan mesin pencacah rumput dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.

Rumput jepang sangat cantik untuk menghiasi taman rumah, meski perawatannya harus benar-benar teliti, usahanya tidak sia-sia. Jika Anda ingin menanam rumput jepang, berhati-hatilah, cukup mudah seperti yang dijelaskan di atas.

Saya harap penjelasan cara menanam rumput jepang ini membantu Anda menanam rumput Jepang di kebun Anda!

Leave a Comment