Cara Optimasi SEO On Page Tanpa Pusing Lewat 15 Langkah

Cara Optimasi SEO On Page Tanpa Pusing Lewat 15 Langkah, berfokus pada elemen yang terletak di dalam konten. Sederhananya, SEO on-page dapat dipahami sebagai langkah optimasi untuk meningkatkan kualitas konten agar mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca website atau blog.

Tidak hanya itu, metode SEO Onpage yang baik juga akan memudahkan mesin pencari untuk memahami konteks konten Anda dan seberapa relevan website Anda dengan kata kunci yang Anda cari.

Cara Optimasi SEO On Page

Cara Optimasi SEO On Page

Setidaknya ada Cara Optimasi SEO On Page Tanpa Pusing Lewat 15 Langkah.yang bisa Anda terapkan. Dari memperbaiki permalink hingga mengubah pengaturan tautan untuk mempermudah pembukaan di tab baru. Apa langkah-langkahnya? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Gunakan Simple Permalinks

Simple Permalinks adalah salah satu indikator kunci optimasi SEO on-page. Permalink sederhana akan memudahkan mesin pencari mengenali topik yang Anda liput.

2. Buat Judul Konten yang Menarik

Saat seseorang mencari kata kunci di Google, mungkin  mereka hanya melihat judul pada konten Anda dan deskripsi singkat di hasil pencarian. Oleh karena itu, Anda membuat judul semenarik  di perlukan mungkin agar orang tertarik langsung membaca konten Anda.

3. Menambahkan Gambar atau Video

Konten yang hanya berupa teks tentu sangat mengganggu pembaca. Selain membosankan, konten tanpa dukungan visual juga melelahkan untuk dibaca. Jadi untuk menambahkan setidaknya satu atau dua gambar ke setiap entri Anda.

4. Mengoptimalkan Gambar

Sebagai poin ketiga tentang cara mengoptimalkan SEO on-page, praktik terbaiknya adalah menambahkan gambar ke konten Anda. Jika menyangkut gambar yang Anda tambahkan untuk meningkatkan SEO on-page, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

5. Kegunaan Heads dan Sub-Heads

Cara selanjutnya untuk mengoptimalkan SEO website Anda adalah membuat konten Anda lebih mudah dibaca oleh pembaca Anda. Anda di perlu membuat struktur  jelas dan mudah dipahami pada konten. Cara untuk membuat struktur konten yang mudah dipahami  salah satunya adalah dengan menggunakan heading dan subheading.

6. Letakkan Kata Kunci Target Anda di 100 Kata Pertama

Selain judul, paragraf pertama harus memberikan kesan pertama yang baik kepada pembaca: Anda harus berada di jalur yang benar tentang apa yang ingin Anda sampaikan dengan kontennya. Itulah mengapa yang terbaik adalah menempatkan kata kunci favorit Anda di 100 kata pertama jika memungkinkan.

7. Kegunaan Tema Responsif (ramah seluler)

Tema responsif artinya kompatibel dengan semua perangkat. Baik itu dibuka di desktop, tablet, atau perangkat seluler, situs web Anda akan selalu berfungsi dengan baik dan responsif. 8. Tambahkan tautan eksternal.

9. Maksimalkan Tautan Internal

Selain external link, Anda juga harus memaksimalkan internal link untuk mengoptimalkan SEO website Anda. Tautan internal adalah tautan yang isinya mengarah ke konten lain di situs web Anda. Jenis tautan ini penting agar pembaca dapat dengan mudah berpindah dari satu konten di situs Anda ke konten lainnya.

10. Tingkatkan Kecepatan Situs Web

Situs web yang memuat lambat hanya akan membuat pengunjung Anda frustrasi dan mereka akan meninggalkan situs web Anda. Semakin banyak orang meninggalkan halaman Anda, semakin tinggi rasio pentalan. Tingkat bouncing yang tinggi pasti berdampak negatif pada kualitas pengoptimalan mesin telusur Anda.

11. Gunakan Kata Kunci LSI

. Anda perlu mengulangi kata kunci utama Anda beberapa kali dalam konten Anda untuk mengetahui cara mengoptimalkan halaman Anda untuk SEO. Namun, bukan berarti Anda boleh berlebihan. Jika Anda terlalu sering mengulang kata kunci, Google akan menganggap konten Anda sebagai spam.

12. Menambahkan Tombol Berbagi Sosial

Meskipun aktivitas sosial tidak secara langsung memengaruhi kualitas SEO, Anda tidak dapat mengabaikannya. Media sosial dapat membantu Anda menjangkau dan membangun audiens baru di berbagai platform.

13. Perhatikan Panjang Konten

Jumlah kata yang terdapat pada konten juga yang merupakan indikator SEO on-page yang harus diperhatikan.

Tidak ada jumlah kata tertentu yang harus dimasukkan ke dalam tubuh. Karena jumlah kata selalu bervariasi sesuai target keyword dan konten yang bersaing. Mungkin Anda perlu membuat konten 800 kata untuk Kata Kunci A, sementara Anda perlu membuat konten 2.000 kata untuk Kata Kunci B.

14. Pastikan Anda Membuat Konten Berkualitas yang Mudah Dipahami

Selain jumlah kata, kualitas juga perlu dipertimbangkan saat menulis artikel yang dioptimalkan untuk SEO. Tanpa kualitas yang baik, sebanyak apapun kata yang Anda tulis, akan sulit untuk mengalahkan persaingan di hasil pencarian Google.

BACA JUGA Cara Optimasi SEO On Page dengan Cara Simple

15. Tetapkan Tautan untuk Dibuka di Tab Baru

Membuka tautan pada tab baru mungkin tampak sepele, namun bisa mempertinggi pengalaman pengguna bagi pengunjung situs web Anda. Bayangkan jika sebuah artikel memiliki tiga atau empat tautan, pembaca harus berulang kali menekan tombol kembali untuk kembali ke konten pertama. Selain kelelahan pembaca, ada kekhawatiran bahwa membuka tautan di tab yang sama meningkatkan rasio pentalan.

Kunjungi Juga Jasa SEO Website

Leave a Comment