Kegunaan Minyak Kelapa

Kegunaan minyak kelapa – Kegunaan minyak kelapa. Tak hanya untuk masakan, ternyata ada banyak manfaat minyak kelapa yang baik untuk kesehatan. Apa saja itu? Simak daftarnya di sini. Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang sangat besar, yaitu sekitar 80-90 persen.

Asam lemak jenuh yang paling banyak di dalam minyak kelapa adalah asam laurat, yaitu sebanyak 47 persen. Lalu, ada pula asam miristat dan palmitat dalam jumlah yang lebih kecil. Meski mengandung asam lemak jenuh, minyak kelapa terbukti bermanfaat untuk kesehatan!

Tentunya sebelum memulai memanfaatkan kegunaan minyak kelapa ini, bahan utamanya yaitu Anda harus memiliki alat mesin vco terlebih dahulu, tidak usah khawatir Anda bisa membeli mesin vco itu yang sangat mudah untuk digunakan dan juga hasil yang memuaskan.

Kegunaan Minyak Kelapa

Kegunaan Minyak Kelapa

Di bawah ini kegunaan minyak kelapa untuk kesehatan yang perlu kamu tahu.

1. Mengurangi Risiko Perburukan Organ dan Jaringan Tubuh

Konsumen asam lemak jenuh terbanyak di dunia adalah masyarakat Tokelau yang tinggal di kepulauan di Pasifik (bagian dari Selandia Baru) dan Kitava (bagian dari Papua Nugini).

Meski 60 persen kalori yang mereka konsumsi didapat dari minyak kelapa, masyarakat Tokelau dan Kitava dalam kondisi sehat. Mereka juga jarang terkena penyakit degeneratif, yaitu kondisi medis yang menyebabkan memburuknya organ dan jaringan tubuh secara bertahap.

2. Membakar Lemak

Kendati termasuk lemak jenuh, minyak kelapa bermanfaat untuk meningkatkan pembakaran lemak tubuh. Menurut penelitian, mengonsumsi 15-30 gram asam lemak jenuh rantai sedang dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar lima persen, artinya ada 120 kalori yang dibuang.

Namun, perlu diingat minyak kelapa tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi minyak kelapa dalam jumlah banyak justru bisa meningkatkan berat badan.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Minyak kelapa diduga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular alias penyakit jantung dan pembuluh darah.

Sebuah studi menunjukkan, orang yang menyertakan minyak kelapa dalam menu diet hariannya memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Meski begitu, jenis minyak kelapa yang dikonsumsi adalah minyak kelapa murni.

Minyak kelapa murni adalah minyak kelapa yang diekstrak dari daging kelapa. Selain itu, mereka juga mengimbanginya dengan makanan tinggi serat dan rendah gula.

4. Membunuh Bakteri

Asam laurat dalam minyak kelapa sanggup membunuh bakteri, virus, dan jamur. Karenanya, kebiasaan mengonsumsi minyak kelapa diduga bisa membantu menurunkan risiko penyakit akibat infeksi mikroba.

Bahkan, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa minyak kelapa bisa digunakan sebagai obat kumur. Cara yang disebut sebagai oil pulling ini ternyata baik untuk kesehatan mulut.

5. Mengurangi Rasa Lapar

Mengonsumsi minyak kelapa dapat membantu mengurangi rasa lapar. Kandungan lemak murni pada minyak kelapa dapat memenuhi kebutuhan lemak kamu.

Bahkan, rasa lapar bisa diatasi dengan mengonsumsi minyak kelapa, tanpa harus menambahkan karbohidrat ke dalam menu makanan.

6. Meningkatkan Kolesterol Baik

Manfaat lain yang tidak kalah hebat dari minyak kelapa adalah kemampuannya dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Peningkatan HDL berkaitan erat dengan menurunnya risiko berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Khasiat minyak kelapa ini diperoleh dari kandungan asam lemak di dalamnya.

7. Menurunkan Kolesterol Jahat

Selain dapat meningkatkan kolesterol baik, kegunaan minyak kelapa juga bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL). Seiring dengan peningkatan HDL, maka LDL pun dapat ditekan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada empat puluh wanita menemukan bahwa minyak kelapa mampu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Hal ini bila dibandingkan dengan minyak kedelai.

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam menggunakan minyak kelapa Anda harus mempunyai mesin vco yang ini. Nah, itulah keguaan minyak kelapa yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Comment