Manfaat Sekam Padi

manfaat sekam padi
Sekam padi adalah bekatul setelah mengkonsumsi butiran beras. Bersama dengan dedak, sekam merupakan produk sampingan dari penggilingan padi. Banyak sekali sekam padi di negara kita yang dibuang begitu saja karena dianggap limbah, terutama di sentra-sentra pertanian. Kalau dijual pasti murah. Biasanya, industri batu bata mengambil cangkang untuk digunakan sebagai bahan bakar. Saat ini sekam padi banyak diminati oleh para petani sebagai media tanam. Sekam padi memiliki keunggulan sebagai media tanam, antara lain karena berbentuk perahu dan memiliki kerangka sehingga lebih lama menahan unsur hara. Selain itu, rice bowl memiliki manfaat sebagai berikut:

Manfaat Sekam Padi

Manfaat Sekam Padi

1. Memperbaiki Struktur Tanah dan Meningkatkan Porositas

Campurkan sekam padi ke dalam media tanam (khusus untuk pot/polybag). Kemudian tanah memiliki sifat gembur dan keropos. Tanaman Anda menyukai jenis tanah ini. Saya pernah membuka salah satu kantong tanaman cabe saya. Dan woooo… akarnya banyak dan menyebar ke berbagai arah. Karena banyak lubang di tanah untuk perkembangan akar. Saya melihat hal yang sama dengan tanaman sirih dan pandan ketika saya memindahkannya ke pot yang lebih besar. Akarnya banyak dan berwarna putih halus.

BACA JUGA : Manfaat Dedak untuk Ternak

2. Sebagai Pencegah Kucing

Salah satu hewan yang sering mengganggu kebun saya adalah kucing. Mereka bermain di sana dan buang air di sana. Di antara tanaman saya selalu menemukan tumpukan Ee, yang tentu saja harus saya buang karena tidak jahat. Saya akhirnya menemukan cara mudah untuk mengeluarkan kucing.  Kucing itu tidak mau bermain di sana. Mereka tidak menyukai bentuk cangkang yang tajam. Sudahlah buang air besar, mereka bahkan tidak mau pergi ke taman.

3. Penangkal Untuk Siput

Siput adalah musuh tanaman muda. Itulah yang dilakukan siput. Juga bekicot masih sejenis bekicot, tapi tidak punya rumah. Orang sering mengacaukannya dengan lintah, padahal sebenarnya tidak. Siput dan siput menyerang pada malam hari dengan memakan tanaman muda. Anda dapat mengusir serangan mereka dengan menaburkan kulit kayu di sekitar tanaman. Tentunya mereka tidak akan berani merampok tanaman Anda. Perut lunak mereka tidak bisa menembus sekam padi yang tajam. Tapi jangan lupa, siput juga bisa memanjat. jika anda membutuhkan mesin giling sekam menjadi bekatul untuk pakan ternak kunjungi web tersebut

4. Sebagai Mulsa dan Mempercantik Taman

Tanah memiliki lapisan tanah pelindung yang ditempatkan di sekitar tanaman. Pemberian mulsa berguna untuk menjaga kelembaban tanah, mencegah pertumbuhan gulma dan meningkatkan mikroorganisme tanah. Mulsa bisa berasal dari koran, kompos, jerami atau bahkan plastik. Menggunakan sekam padi sebagai mulsa adalah keuntungan tambahan bagi Anda. Dengan kata lain, taman atau pot tanaman Anda akan lebih rapi, tertata dan enak dipandang.

5. Dibakar untuk Dicampur dengan Bahan Tanaman Lain

Menggunakan sekam padi juga bisa dibakar terlebih dahulu setengah (50%) atau hangus seluruhnya (100%), setelah itu baru bisa digunakan sebagai campuran pot. Campurkan tanah dan kompos. Keuntungan dari substrat kulit kayu bakar adalah steril, berpori, bergizi dan ringan, sehingga mudah untuk memobilisasi tanaman pot.

Beberapa fungsi baki bahan bakar adalah:

  1. Mengikat unsur hara ke dalam tanah sehingga selalu tersedia bagi tanaman.
  2. Untuk memperbaiki keasaman tanah.
  3. Kandungan silika dapat memperkuat daun. Dalam percobaan, tanaman yang diberi sekam bakar memiliki daun yang lebih tegak.
  4. Kandungan fosfat dapat memperkuat tanaman dan mendorong perkembangan sel tanaman.
  5. Habitat yang baik untuk mikroorganisme (serangga yang menguntungkan)

Adapun cara membuat batok bakar yaitu dengan memasukkan seng ke dalam api kemudian meletakkan batok tersebut di atas seng. Aduk sedikit sampai mulai terlihat hitam. Kemudian angkat seng (jauhkan dari api) dan aduk. Seiring waktu, kulit kayu menjadi hitam seragam.

Kita juga bisa membuat oven portable dari toples kue. Panci kue memiliki pegangan. Kulit kemudian ditempatkan di dalam dan dipanggang sebentar sampai benar-benar hitam. Kulit batang yang telah disangrai siap digunakan sebagai media tanam. kunjungi juga web rumah mesin

Leave a Comment