Cara Menyimpan Buah di Kulkas agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Cara menyimpan buah di kulkas – Sebagai makanan padat nutrisi, buah sering disantap sebagai makanan ringan dan pencuci mulut. Tidak mengherankan jika banyak orang membeli buah dalam jumlah besar untuk disimpan di masa mendatang.

Agar buah tetap segar, kami pastikan untuk menyimpan buah di dalam kulkas. Namun, tidak semua buah bisa disimpan di lemari es. Beberapa buah sebenarnya bisa tetap dingin pada suhu ruangan, seperti alpukat, pisang, dll.

Biasanya buah-buahan yang perlu disimpan di lemari es agar tidak cepat busuk antara lain stroberi, anggur, jeruk, mangga, dll. Seperti halnya mengawetkan sayur, menaruh buah di lemari es dan di atas meja bukanlah sesuatu yang sembarangan. Buah yang kita punya waktu bisa cepat rusak. Jadi apa yang harus Anda perhatikan saat mengawetkan buah?

Cara Menyimpan Buah di Kulkas

1. Pastikan Buah Balam Kondisi Baik

Agar buah tetap segar lebih lama, tentunya Anda harus memastikan dulu kondisi buah dalam kondisi baik. Anda bisa mencuci buah terlebih dahulu, lalu potong kecil-kecil.

Jika ada bagian buah yang busuk sebaiknya dibuang saja. Oleh karena itu, tidak menyebabkan pembusukan pada bagian buah lainnya.

2. Pisahkan Buah-Buahan Sebelum Disimpan ke Kulkas

Tidak semua buah bisa langsung disimpan di lemari es. Soalnya, beberapa buah harus matang terlebih dahulu pada suhu ruangan, seperti alpukat, aprikot, jambu biji, melon, pepaya, dan mangga. Setelah matang, Anda bisa menyimpannya di lemari es.

3. Masukkan Buah ke dalam Wadah Penyimpanan

Beberapa buah seperti apel dan pir mengandung gas etilen yang dapat mempercepat pematangan buah. Karena itu, Anda perlu memisahkan buah ini dari buah lainnya.

Cara Menyimpan Buah di Kulkas

Tempatkan buah dalam wadah plastik yang dilapisi dengan handuk kertas sebelum disimpan di lemari es. Anda juga bisa menggunakan vacuum sealer agar buah anda lebih tahan lama, anda bisa mendapatkan vacuum sealer ini dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin. Namun, hindari menaruh banyak buah dalam satu tempat sampah.

Untuk stroberi, blueberry, dan anggur, Anda bisa menyimpannya di wadah yang berventilasi baik agar tidak mudah basah.

4. Pisahkan Buah dengan Bahan Makanan Lain

Pisahkan buah dari daging, unggas, dan makanan lain yang disimpan di lemari es. Hal ini penting untuk mencegah kontaminasi bakteri yang mempercepat pembusukan buah.

5. Sesuaikan Suhu Kulkas Saat Menyimpan Buah

Suhu kulkas yang ideal untuk penyimpanan buah adalah 0-10°C. Semakin dingin lemari es, semakin sedikit oksigen yang dihirup dan semakin sedikit karbon dioksida yang dikeluarkan buah, sehingga memperlambat dekomposisinya.

6. Selalu Jaga Kebersihan Kulkas

Tips menyimpan buah di lemari es atau freezer selanjutnya adalah menjaga kebersihan lemari es atau freezer Anda. Lakukan pembersihan kulkas secara menyeluruh minimal sebulan sekali dengan larutan pembersih khusus agar tidak ada lagi kuman dan bakteri di dalam kulkas Anda.

Selain menjaga kebersihan, hindari menyimpan terlalu banyak barang di dalam lemari es, karena lemari es yang terlalu penuh menyebabkan sirkulasi udara yang buruk, yang justru dapat menyebabkan buah atau bahan makanan lain lebih cepat membusuk di dalam lemari es.

7. Simpan Buah di Tempat yang Sejuk dan Kering

Jika Anda tidak memiliki lemari es, Anda selalu dapat menyimpan buah di tempat yang sejuk dan kering. Agar buah tetap lembab, tutupi dengan tisu. Selain itu, Anda juga bisa mengawetkannya dengan plastik berlubang.

Itu lah cara menyimpan buah di kulkas agar tetap segar dalam waktu yang lama. Setelah mengetahui tips di atas, semoga kualitas sayuran di kulkas Anda tetap terjaga.

Leave a Comment