Apa Itu Videografer Serta Tugas Dan pekerjaannya

Apa itu videografer-In-house bertanggung jawab atas pekerjaan video, baik itu pemasaran untuk profil perusahaan. Sementara itu, agensi menangani semua permintaan klien, dari video komersial hingga video pernikahan. Menurut Career Explorer, peran ini juga terbagi menjadi dua, yaitu videografer atau orang yang bekerja di bawah perusahaan media, televisi, atau media online. Ada juga operator atau orang yang bekerja di bawah perusahaan film seperti film dan iklan.

Karier seorang videografer saat ini sedang naik daun. Tren video menjadi pilihan utama untuk menarik perhatian masyarakat, sehingga profesi ini menjadi salah satu yang paling banyak dicari kalangan bisnis.

Pada artikel ini kami akan memberi tahu Anda apa itu videografer, tugas dan deskripsi pekerjaannya. Selain itu, juga dijelaskan keterampilan dan kualifikasi yang dibutuhkan serta karir mereka di dalam perusahaan. Mari simak baik baik!

Apa Itu Videografer ?

Videografer adalah orang yang bertanggung jawab untuk merekam atau memproduksi video. Dibagi menurut jenisnya, yaitu. videografer mereka sendiri atau mereka yang membuat video untuk bisnis mereka sendiri. Ada juga pemirsa agensi atau mereka yang melakukannya untuk orang luar.

Tugas Dan Pekerjaan Videografer

1. Praproduksi

Proses praproduksi untuk videografer dimulai dengan membantu sutradara dan penulis skenario membuat papan cerita. Pemirsa tertarik dengan bagian ini terkait dengan waktu rilis dan anggaran.
Setelah menjelaskan storyboard, videografer langsung mengecek persiapan teknis. Mulai dari kamera yang digunakan, lensa terpasang, pencahayaan hingga mikrofon aktor.

2. Pascaproduksi

Tugas tersulit bagi seseorang dalam posisi ini mungkin adalah pasca produksi. Hal pertama yang mereka lakukan dalam proses ini adalah mengumpulkan semua video dan membuat catatan untuk diedit. Di sini mereka berperan sebagai editor video.

Pemirsa memiliki dua gaya pengeditan. Pertama, lakukan pengeditan secara menyeluruh dan sesuaikan dengan skenario. Kedua, lakukan pengeditan video demi video dan lakukan perubahan yang diperlukan yang mungkin berubah dari skrip.

3. Produksi

Selama proses ini, videografer berhubungan dengan sutradara. Dia biasanya bertanggung jawab untuk membuat video. Tetapi dia juga harus memastikan dengan banyak cara lain bahwa suara yang direkam jelas dan tidak bersuara.

Skill Yang Wajib Di Kuasai

1. Kemampuan Dalam Berkomunikasi

Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting untuk pekerjaan itu. Hal ini karena komunikasi yang baik mendukung kolaborasi antara peran tersebut dan lainnya seperti artis dan sutradara.

2. Lakukan Orientasi Pada Detail

Videografer wajib membiasakan diri dengan detailnya. Entah itu dilihat atau didengar.
Persyaratan ini penting karena setiap video yang mereka buat harus sempurna, baik dari segi gambar maupun suara.

3. Software Editing

Selain soft skill, videografer juga harus tahu cara menggunakan software. Perangkat lunak ini dirancang khusus untuk orang yang terlibat dalam pengeditan seperti Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro.

Setiap perusahaan memiliki konteks yang berbeda untuk peran ini. Ada yang memasukkannya ke dalam tim pemasaran dan ada pula yang membuat tim khusus atau yang biasa disebut Creative Labs.Dalam hal pemasaran, jalur karier seorang videografer adalah direktur merek. Ada peluang untuk posisi yang lebih besar di tim Creative Labs, di mana Anda bisa diposisikan sebagai pemimpin.

Bagi Kalian yang sedang membutuhkan dan mencari jasa video jogja kalian bisa kunjungi dan langsung cek di web punca.id.

Inilah pengertian dari videografer beserta tugas dan pekerjaannya semoga dapet membantu permasalahan anda.

 

 

 

Leave a Comment