Jenis Tepung Kanji dan Mengenal Proses Pembuatannya

Jenis Tepung Kanji – Tepung kanji terbuat dari singkong dan umumnya dikenal sebagai tapioka. Ya, kanji dan tapioka adalah dua hal yang identik.

Bubuk ini sering ditambahkan ke makanan yang dipanggang atau digunakan sebagai pengental sup dan saus.

Pati juga dapat digunakan dalam berbagai resep. Cari tahu dulu dan pahami informasi tentang pati sebelum menggunakannya.

Apa Itu Tepung Kanji?

Jenis Tepung Kanji

Pati adalah tepung yang terbuat dari tapioka yang dihancurkan, umbi asli Amerika Selatan dan Karibia. Meski berasal dari tumbuhan yang sama, tapioka dan tapioka atau tapioka sebenarnya berbeda.

Tepung tapioka menggunakan umbi utuh dan tepung tapioka hanya menggunakan ampasnya. Seperti pati lainnya, pati adalah tepung putih yang sangat halus yang cocok untuk pembuatan kue bebas gluten.

Fungsi tepung ini juga bisa menggantikan tepung maizena sebagai pengental pie, puding, pasta dan saus. Karena membantu menciptakan kerak yang renyah dan kenyal saat dipanggang.

Proses pembuatan pati dan mengapa bahan ini biasa digunakan 

Untuk membuat tapioka atau tapioka, singkong terlebih dahulu dikupas, dicuci, dan dicincang.

Kemudian singkong ditumbuk halus dan ampas yang diperoleh dicuci bersih, diperas dan dicuci hingga campuran utamanya adalah tepung kanji dan air murni. Pati ini kemudian dikeringkan.

Fungsi pati sebagai pengental lebih unggul dari tepung kentang. Ini memberikan kerak yang renyah dan tekstur kenyal untuk makanan panggang bebas gluten. Ini pula berfungsi menjadi pengental yg efektif buat resep lain misalnya puding, campuran kue, & saus.

Beberapa orang memilih tepung ini karena alasan kesehatan, mereka tidak bisa makan jagung atau kentang dan tapioka ini adalah pengganti yang baik.

Fakta Lain Tentang Tepung Kanji

Ada beberapa fakta tentang tapioka atau tepung terigu yang perlu kamu pahami di bawah ini :

1. Teksturnya Licin dan Warnanya Putih Bersih

Dibandingkan tepung terigu, pati atau tapioka memiliki tekstur yang lebih lembut dan juga sangat licin.

Selain itu jika dilihat dari warnanya terlihat putih dan lebih cerah dari tepung terigu, jika dipegang akan terlihat bahwa tepung ini sangat mirip dengan tepung sorgum, beras dan tepung maizena.

Untuk itu, jika dibiarkan pada tempatnya atau di dalam wadah, jangan lupa diberi nama atau label agar tidak tertukar.

2. Pengganti Sagu atau Maizena

Pada beberapa jenis masakan, tepung kanji atau tapioka bisa menggantikan tepung maizena atau sorgum. Jadi fungsi kanji adalah untuk mengentalkan masakan seperti tumisan, sup atau saus.

Selain itu, seperti halnya sorgum dan tepung maizena, tepung kanji atau tapioka juga dapat menimbulkan kerenyahan pada gorengan.

Selain itu, tepung tapioka berfungsi sebagai pengembang adonan. Tepung tapioka memiliki daya serap air yang tinggi, menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk proses dehidrasi. Jadi, semakin tinggi absorbansi, semakin tinggi kapasitas pengembangan adonan. Keunggulan lainnya, tepung tapioka pula dipakai buat menciptakan kuliner lebih renyah.

3. Manfaat Tepung Kanji

Tepung tapioka merupakan jenis tepung dengan kandungan natrium yang rendah, sehingga sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke. Kami menyarankan juga anda membuat tepung sendiri menggunakan Produk mesin penepung diskmill serbaguna untuk menghindari penyakit celiac.

Kandungan pati resisten juga baik untuk pencernaan. Manfaat pati resisten sama dengan manfaat serat untuk sistem pencernaan. Ini juga dikenal sebagai tepung bebas gluten, jadi pati ini adalah makanan pokok bagi ibu yang menjalani diet bebas gluten.

4. Dikenal Berkat Bubble Tea

Tepung jenis ini bisa dibilang hanya diproduksi oleh negara-negara dengan iklim tropis karena singkong hanya tersedia di negara-negara tersebut, terutama negara-negara Asia Tenggara.

Oleh karena itu, banyak negara yang tidak mengetahui keberadaan pati atau tapioka ini dan banyak negara yang lebih mengetahui tentang tepung jagung atau tapioka.

Namun, sejak bubble tea atau bubble tea menjadi semakin populer secara global, tepung tapioka atau tapioka, bahan utama pembuatan bubble tea, menjadi semakin populer.

Kini masyarakat dari berbagai negara lebih mengenalnya dengan nama tapioca pearls atau tapioka yang terbuat dari tepung tapioka.

Itulah berbagai fakta-fakta menarik tentang Jenis Tepung Kanji yang bisa kita ketahui jika ingin menggunakannya.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.

Leave a Comment