Keuntungan Berbisnis Online dan Alasan untuk Memulainya

Keuntungan Berbisnis Online

Bisnis online fleksibel untuk beroperasi dan berkembang selama pandemi ini. Temukan berbagai keuntungan memiliki bisnis online dan tips memulainya! Ada banyak keuntungan bisnis online yang bisa Anda dapatkan.

Berikut adalah 10 Keuntungan Bisnis Online dan Mengapa Anda Harus Segera Memulainya.

1. Keuntungan Bisnis Online adalah Tidak Tahu Ruang dan Waktu

Bisnis online dengan jaringan pemasaran yang tidak terbatas atau ruang lingkup bisnis yang tidak terbatas. Hanya dengan internet toko online Anda bisa menjangkau pembeli dari luar negeri. Toko online sangat nyaman karena tidak memerlukan jam buka dan tutup. Pelanggan dapat mengunjungi kapan saja.

2. Anda Tidak Membutuhkan Banyak Modal

Modal seringkali menjadi kendala bagi mereka yang ingin memulai usaha. Bisnis online tidak mengharuskan Anda menyewa tempat atau toko. Anda bisa memanfaatkan rumah Anda sendiri untuk menyimpan barang-barang. Bahkan, pada beberapa jenis bisnis online, Anda sama sekali tidak membutuhkan lokasi seperti dropshipper.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Langsung

Selain itu, promosi bisnis online juga cenderung lebih murah dan parktis. Lupakan billboard, iklan cetak atau televisi yang membutuhkan banyak uang. Dengan bisnis online, Anda dapat mempromosikan akun media sosial Anda secara gratis. Media sosial saat ini menjadi media periklanan yang paling efektif.

3. Keuntungan Bisnis Online adalah Tidak Harus dari Sekolah Bisnis

Terlepas dari latar belakang Anda, Anda dapat membuka bisnis ini secara online. Tidak semua pengusaha sukses berbanding lurus (linier) dengan tingkat pendidikan yang mereka terima di sekolah. Bisnis apapun bisa mandiri, termasuk bisnis online. Anda bisa mempelajari bisnis tersebut melalui informasi dan berbagai pelatihan/kursus yang banyak tersedia di internet.

4. Kemampuan untuk Mendapatkan Pelanggan Baru dengan Mudah

Salah satu tujuan bisnis online adalah bisa mendapatkan pelanggan baru dengan mudah. Anda dapat meningkatkan promosi, menggunakan iklan media sosial, atau berkolaborasi dengan influencer. Pastikan konten dan postingan media sosial Anda juga menyenangkan untuk dikunjungi!

5. Penghematan Biaya Operasional

Manfaat lain menjalankan bisnis online adalah Anda dapat menghemat biaya operasional, seperti biaya pemasaran dan sewa. Tidak ada tempat untuk disewa, artinya tidak ada tambahan biaya listrik, perawatan dan air sehingga Anda dapat menggunakan biaya tersebut untuk kebutuhan lainnya.

keuntungan bisnis online

6. Produk yang Mudah Ditemukan

Anda dapat menampilkan variasi produk Anda di website atau media sosial Anda sehingga pembeli dapat dengan mudah menemukan toko Anda. Pembeli hanya perlu menuliskan nama toko Anda di kotak pencarian. Pastikan situs web Anda mudah diakses dan akun media sosial bisnis Anda tidak bersifat pribadi.

7. Pangsa Pasar yang Besar

E-commerce memungkinkan orang untuk mengunjungi toko Anda. Tidak ada batasan wilayah. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, calon pelanggan Anda juga dapat berasal dari luar negeri. Dengan bisnis online, pembelanja dapat menghemat waktu perjalanan ke toko Anda karena dapat mengakses toko kapan saja, di mana saja selama ada koneksi internet.

8. Fleksibilitas

Bisnis online juga sangat fleksibel untuk dikelola. Anda dapat menjalankannya dari berbagai belahan dunia selama Anda memiliki koneksi internet dan laptop. Secara opsional, Anda dapat mengatur jam buka atau tutup toko, bahkan selama 24 jam berturut-turut.

9. Peluang Bisnis Baru Dibuka

Keuntungan dari e-commerce adalah peluang bisnis baru selalu terbuka. Dengan berbisnis online, Anda akan terhubung dengan seller lain, reseller, produsen, distributor, dan lainnya. Dari relasi yang ada, Anda akan bisa mendapatkan peluang bisnis baru.

10. Industri dan Perdagangan Terbuka

Dengan membuka usaha, Anda membantu menciptakan lapangan kerja bagi orang-orang yang membutuhkan. Pada awalnya, Anda dapat mengelola semuanya sendiri, tetapi semakin besar bisnis Anda dan semakin banyak pelanggan yang Anda miliki, semakin banyak staf yang Anda perlukan untuk melakukan tugas lain.

Di atas adalah beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis online, semoga bermanfaat!

Leave a Comment