Alasan Belanja Online Semakin Digandrungi Masyarakat

Pesta belanja online merupakan salah satu moment yang ditunggu-tunggu banyak orang, lebih-lebih oleh pemburu promo. Terutama menjelang akhir tahun, tersedia banyak moment pesta belanja online dengan beraneka promo yang menggiurkan. Setiap tahunnya, kuantitas transaksi pesta belanja online terus meningkat.

Pada tahun 2018, keseluruhan transaksi Harbolnas 12.12 mencapai Rp 6,8 triliun. Tahun lalu, keseluruhan transaksi ini meningkat jadi Rp 9,1 triliun. Peningkatan ini pun dianggap oleh salah satu marketplace di Indonesia yakni Bukalapak. Menurut VP Marketingnya, kuantitas transaksi terhadap Harbolnas 10.10 kemarin meningkat 5 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Jumlah pengunjung pun meningkat hingga 500%.

Mengapa pesta belanja online makin marak dan transaksinya terus meningkat tiap tiap tahunnya? Apa yang menyebabkan pesta belanja online begitu digandrungi oleh masyarakat Indonesia? Berikut alasannya.

 

Setiap Bulan Selalu Ada

Awalnya, pesta belanja online hanya diselenggarakan terhadap 11.11, cocok dengan awal mulanya yakni Single Day. Namun, lantas pesta belanja online ini berkembang dan pada akhirnya diselenggarakan nyaris tiap tiap bulan terhadap tanggal berulang seperti 1.1, 2.2, dan seterusnya hingga puncaknya di 12.12. Biasanya menjelang akhir tahun promo yang diselenggarakan makin heboh dan besar-besaran.

Promo ini pun pada akhirnya tidak hanya dijalankan oleh bisnis online tapi termasuk offline. Selain pesta belanja online terhadap tanggal cantik, pesta belanja online termasuk sering mengadaptasi fenomena belanja yang udah tersedia sejak lama seperti Midnight Sale dan Black Friday. Walaupun di Indonesia kami tidak merayakan Black Friday, tapi beberapa bisnis turut mengimbuhkan promo teristimewa Black Friday, mendorong customer untuk melaksanakan transaksi.

 

Banyak orang Menghabiskan Waktu di Rumah

Sejak pandemi, aktivitas belanja online meningkat pesat. Hal ini karena aktivitas di luar tempat tinggal terbatas supaya orang lebih banyak menghabiskan saat mereka di internet dan melacak alternatif untuk berbelanja.

Menurut Twitter Indonesia, salah satu topik yang paling banyak dibicarakan di Twitter adalah belanja online dan obrolan seputar gadget. Apabila kebanyakan orang sanggup melacak hiburan dengan jalan-jalan ke mall terutama saat liburan, ada pandemi menyebabkan aktivitas selanjutnya tidak sanggup dijalankan atau wajib dibatasi. Untuk menggantikan ini, banyak orang pada akhirnya beralih ke belanja online karena banyak katalog belanja yang sangat menarik.

 

Pengalaman Berbelanja yang Lebih Praktis

Pesta belanja online memungkinkan customer untuk berburu barang dengan gampang dan praktis. Mereka sanggup melacak barang yang menginginkan mereka membeli hanya dengan memasukkan kata kunci. Selain itu, belanja online termasuk sanggup dijalankan dari smartphone, gadget yang sering dipakai didalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kemudahan ini, customer tidak wajib repot untuk muncul tempat tinggal atau macet-macetan. Kalau kebanyakan saat sale di mall antrian bakal panjang, customer tidak wajib berlama-lama mengantre untuk melaksanakan transaksi saat belanja online. Alhasil, customer sanggup lebih menghemat waktu.

 

Transaksi Cashless

Kemudahan lain yang di tawarkan belanja online adalah kemudahan didalam melaksanakan transaksi. Saat ini udah banyak bisnis online dan marketplace yang bekerja mirip dengan dompet digital. Dengan demikian, pilihan pembayaran makin beragam. Bahkan tersedia termasuk bisnis yang menawarkan cash on delivery. Hal ini memudahkan customer saat melaksanakan transaksi karena seutuhnya terhubung.

 

Pilihan Produk yang Semakin Banyak

Saat bisnis online baru muncul, pilihan produk yang sanggup dibeli secara online bisa saja masih terbatas. Namun sekarang, ekosistem bisnis online udah benar-benar berkembang supaya tersedia begitu banyak pilihan kategori dan jenis produk yang sanggup dibeli merasa dari produk fashion, kecantikan, alat tempat tinggal tangga, keperluan bayi, hingga barang bekas. Selain kemudahan didalam melacak barang, customer termasuk lebih gampang untuk membandingkan harga untuk produk serupa.

 

Promo yang Menarik dan Beragam

Pesta belanja online banyak menawarkan promo-promo yang beragam dan menarik. Menjelang pesta belanja online, beraneka bisnis dan merk berlomba-lomba untuk menawarkan promo yang sanggup menarik perhatian konsumen. Bukan sekadar potongan harga atau cashback, kadangkala beberapa bisnis dan marketplace termasuk mengfungsikan cara-cara kreatif supaya customer mau mengfungsikan promo, salah satunya melalui game.

Salah satu contohnya adalah Shopee yang punya beberapa fitur game supaya customer sanggup beroleh koin tambahan seperti Shopee Candy, Shopee Bubble, dan banyak lagi. Cara ini sanggup makin memikat konsumen. Konsumen yang mulanya bisa saja tidak tertarik untuk berbelanja lantas bermain game pada akhirnya beroleh kode promo dan mengfungsikan kode promo tersebut.

Pesta belanja online jadi moment yang sanggup dimanfaatkan pebisnis sebagai kesempatan untuk menaikkan penjualan. Pastikan anda sediakan pengalaman berbelanja yang gampang dan menyenangkan, pilihan pembayaran yang beragam, serta promo yang unik dan menarik supaya anda sanggup menjangkau lebih banyak konsumen. Dengan demikian, customer sanggup senang berbelanja dan mau ulang melaksanakan transaksi.

Leave a Comment