Kegunaan Pupuk Kandang Untuk Tanaman Cabe

Kegunaan pupuk kandang untuk tanaman cabe.Buah cabe dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Capsicum annum adalah sayuran yang banyak disukai orang Indonesia. Masyarakat Indonesia pada umumnya menyukai masakan pedas, terbukti dengan adanya jenis-jenis sambal dan masakan pedas yang ada di berbagai daerah. Bahkan ada yang bilang, dimana masakan tidak akan terasa nikmat jika tidak pedas. Biasanya penyuka cabe bilang tidak selera makan kalau tidak ada sambal.Baca juga kegunaan pupuk kandang

Cabe segar, baik cabe merah maupun cabe hijau merupakan sumber vitamin C yang sangat tinggi. Untuk  100 gram cabe segar mengandung sekitar 143.7 mg atau sekitar 240% RDA. Vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air. Vitamin C dibutuhkan untuk pembentukan kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh yang diperlukan untuk melindungi integritas pembuluh darah, kulit, organ dan tulang. Vitamin C pada buah cabe berperan sebagai antioksidan alami yang mampu meningkatkan imunitas dan anti-radikal bebas.

Banyak sekali hal-hal menarik yang harus anda ketahui dari buah yang satu ini. Misalnya dari harganya yang fenomenal dan sangat tidak stabil. Tanaman cabe dapat menjadi salah satu tanaman favorit petani, meskipun banyak petani yang sering gagal tetapi mereka tidak kapok menanam cabe. Mesin pencacah kompos.Dengan itu sangatlah menguntungkan jika menanam cabe disaat kebutuhan untuk cabe dan meningkat sedangkan ketersediaan cabe kurang.

Pupuk kandang merupakan pupuk yang berasal dari kotoran hewan. Pupuk kandang selain digunakan pada menyediakan unsur hara bagi tanaman, juga berguna dalam memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Komposisi unsur hara yang terdapat di pupuk ini tergantung pada asal jenis hewannya.

Penggunaan pupuk kandang yang baik merupakan dengan cara dibenamkan, sehingga penguapan unsur hara bisa berkurang. Pemakaian pupuk kandang yang berbentuk cair paling baik dilakukan setelah tanaman tumbuh, sehingga unsur hara yang terdapat pada pupuk kandang cair ini akan cepat diserap pada tanaman.

Pada pemupukan tanaman cabe ini lebih spesifik menggunakan kotoran ayam. Asupan unsur hara pupuk kotoran ayam lebih tinggi dari kandungan hara pada pupuk kandang sapi atau pun kuda. Kandungan N, P, dan K di pupuk kandang dari kotoran ayam lumayan tinggi, yaitu berkisar 1,5 – 1,7% N, 1,9 P dan 1,5 K. Sedangkan Nitrogen pada pupuk kotoran sapi hanya berkisar atau pun kuda hanya berkisar di angka 0,3 – 0,5%.

Kandungan unsur hara ini yang membuat pupuk ini berguna dalam menyuburkan tanah, merangsang pembentukan daun, memperbaiki kondisi tanah, dan lain sebagainya. Dari beragam jenis pupuk kandang yang beredar pada kalangan petani, pupuk kandang kambing diketahui sangat baik dibandingkan jenis pupuk kandang lainnya. Hal tersebut dikarenakan pupuk kandang kambing memiliki unsur hara kalium yang relatif lebih tinggi dibandingkan pupuk kotoran sapi maupun kerbau. Dengan demikian, kandungan nitrogen pada pupuk kambing sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman.

Penggunaan pupuk organik sangat disarankan dalam tanaman cabai. Pupuk kandang memang menjadi prioritas utama di proses menanam berbagai jenis tanaman. Pupuk kandang secara umum bisa memperbaiki sifat fisik tanah, yaitu permeabilitas, porositas, struktur, dan daya menahan air.

Pupuk kandang memiliki unsur hara yang penting seperti Nitrogen, Phospor, Kalium, Kalsium, dan Magnesium. Tumbuhan cabai membutuhkan unsur Phospor, Kalium, dan Kalsium dalam pembentukan enzimatis dan hormon tanaman.Kegunaan pupuk kandang untuk tanaman cabe.

Pembentukan enzimatis ini digunakan dalam kekebalan tanaman dari serangan hama dan penyakit. Serangan hama dan penyakit sangat besar terjadi pada musim hujan dibandingkan saat musim kemarau.Pupuk ini bisa dicampurkan secara langsung dengan tanah saat pengolahan bedengan.

Leave a Comment