kegunaan briket arang batok kelapa untuk kehidupan sehari-hari

Kegunaan briket arang batok kelapa-Sebelum membahas kegunaan briket arang tempurung kelapa,saya akan membahas terlebih dahulu apa itu Briket arang.Briket arang adalah salah satu jenis arang yang dibuat dari berbagai arang jenis lain yang dibuat dengan cara dihaluskan terlebih dahulu lalu kemudian arang tersebut dicetak dan dibentuk sesuai kebutuhan dengan cara mencampurnya dengan tepung kanji.Setiap barang yang dibuat pasti ada tujuan mengapa benda itu dibuat, begitu pun dengan briket arang.Tujuan dari pembuatan briket arang atau arang briket ini adalah untuk memperpanjang jangka waktu pembakaran dan sehingga lebih menghemat biaya pembakaran.Briket arang ini diharapkan menjadi bahan bakar alterntif yang tepat dan mengurangi terjadinya penebangan pohon sembarangan.

Namun, tidak sembarangan arang bisa dijadikan briket,Arang yang bisa dijadikan sebagai bahan baku briket arang adalah jenis arang batok kelapa.Untuk membuat briket arang tempurung kelapa, harus dari kelapa yang sudah tua, karena batok kelapa yang sudah tua lebih padat dan kandungan air pada batoknya sudah lebih sedikit jiak dibandingkan dengan batok pada kelapa yang masih agak muda.

Briket arang batok kelapa memberikan  banyak kontribusi pada pengurangan ketergantungan  bahan bakar minyak dan gas khususnya bagi masyarakat kecil di perkotaan dan pada saat yang bersamaan mendukung pemanfaatan sampah batok kelapa sebagai bahan bakar.penggunaan  kelapa  tua khususnya sebagai santan di Jakarta sangat besar sehingga turut andil dalam menghasilkan sampah batok kelapa di pasar. Biasanya sampah batok kelapa telah dimanfaatkan sebagai  bahan bakar.  Dengan adanya  pembentukan briket arang batok kelapa memberikan  banyak kelebihan  dibandingkan arang biasa , seperti tidak berasap, bersih dan mudah kemas. Lebih jauh lagi, pemanfaatan dari  briket arang batok kelapa sejalan dengan penyelesaian permasalahan global saat ini yang berkaitan dengan pencemaran udara, energi alternatif dan teknologi yang ramah lingkungan.

Selaian menjadi alternatif bahan bakar,ada banyak sekali kegunaan briket arang batok kelapa, diantaranya yaitu:

1.Untuk kebutuhan memasak

pada umumnya  biasanya  digunakan untuk kebutuhan memasak. masyarakat biasanya menggunakan briket tempurung kelapa untuk memasak berbagai jenis masakan yang prosesnya itu memang harus dibakar terlebih dahulu seperti Barbeque, steak, atau yang lebih sering kita lihat yaitu bakar sate.

2.Untuk mengkonsumsi rokok

Kalau di negara Timur Tengah, briket ini biasanya digunakan untuk mengkonsumsi ‘sisha’, semacam rokok yang dihisap melalui alat yang punya beberapa varian rasa.

Baca juga:Cara Membuat Serundeng Kelapa 

3.Sebagai proses pembakaran

Briket biasanya digunakan untuk memasak makanan dan jajanan seperti jajanan pasar dari kelapa parut  dan  juga  digunakan sebagai proses pembakaran. Bahkan ada juga, briket yang difungsikan untuk membuat pembangkit listrik tenaga uap.Karena briket dipakai sebagai pengganti batubara.intinya briket memiliki fungsi yang tiada lain adalah sebagai bahan pakar. Fungsi briket ini tergolong alternatif.

4.Untuk membakar wewangian

Selain itu, terdapat juga di negara Timur Tengah, briket tempurung kelapa biasa digunakan untuk membakar wewangian ruangan. sedangkan negara di Eropa dan Amerika, briket tempurung kelapa ini biasanya digunakan sebagai penghangat ruangan dan juga pemanas ruangan untuk spa. Namun lebih sering digunakan sebagai bahan pembakaran tungku untuk proses memasak.

Buah yang memilki nama latin Cocos nucifera L ini atau biasa disebut Kelapa memberikan banyak kontribusi  untuk kehidupan sehari hari manusia, mulai dari daunnya, dagingnya bahkan bagain  terluar dari daun kelapa ,daging kelapa , air kelapa, batang , akar, hingga bunga, dari fakta ini bisa disimpulkan kita sebgai penerus bangsa harus bisa melestarikan buah kelapa agar tidak cepat habis .

Sekian artikel tentang keguanaan briket batok kelapa, saya harap artikel ini bisa menambah wawasan kita semua, pesan saya untuk kita para pemuda, teruslah berkerja,belajar dan berkarya. Terimakasih

 

Leave a Comment