Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Bisa Anda Coba!

Ide bisnis online untuk pelajar

Ingin memiliki uang saku tembahan atau sekadar mengisi waktu luang? Dengan ide bisnis online untuk pelajar yang minim modal ini, Anda bisa menguji kreativitas, ketahanan, dan jiwa kewirausahaan Anda saat sekolah.

Sebelum masuk ke ide bisnis, kami akan memberikan Anda beberapa tips untuk mendukung persiapan Anda.

Tips Persiapan Memulai Bisnis

  1. Tulis rencana bisnis – pikirkan tentang masalah apa yang bisa diselesaikan oleh bisnis Anda untuk konsumen. Bahkan jika Anda memulai dari yang kecil, rencana bisnis Anda adalah sesuatu yang bisa Anda kembangkan dari waktu ke waktu. Ini membantu Anda mendapatkan yang terbaik dari ide-ide menarik Anda dengan menjelajahi peluang, mengidentifikasi potensi hambatan, dan merencanakan pemasaran Anda.

 

  1. Kelola anggaran Anda – merupakan ide bagus untuk membuat anggaran baik untuk kehidupan siswa pribadi maupun usaha bisnis Anda. Memiliki anggaran bisnis berarti Anda melacak pendapatan dan pengeluaran, membantu Anda merencanakan pertumbuhan di masa depan. Ketika Anda baru saja memulai bisnis sampingan, merupakan ide bagus untuk menyimpan uang yang Anda hasilkan dan memasukkannya ke dalam tempat untuk berinvestasi dalam bisnis atau membelanjakannya untuk kursus pengembangan karir yang Anda minati.

Ide Bisnis Online untuk Pelajar #1 Desain Produk Kerajinan

Jika Anda seorang yang artistic dan mencari bisnis kreatif yang bisa Anda mulai dari 0, mengapa tidak mencoba untuk memulai bisnis kerajinan? Anda bisa membuat lilin, perhiasan, atau menjual cetakan seni berbingkai yang Anda buat sendiri.

Anda bisa memulai melakukannya dari rumah. Tetapi anda juga bisa membuka kios kerajinan milik Anda sendiri di pasar lokal. Anda juga bisa memasarkannya lewat online.

Ide Bisnis Online untuk Pelajar #2 Bimbingan Belajar

Menurut Student.com, 20% siswa menghasilkan uang melalui bimbingan belajar. Jadi kenapa Anda tidak mencobanya? Anda bisa memulainnya dengan membimbing mereka dengan mata pelajaran spsesialis Anda, seperti matematika dan Bahasa Inggris.

Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu banyak menyiapkan segala sesuatunya, cukup pengetahuan Anda dan materi spesifik apa pun untuk mata pelajaran tersebut. Jika tahun lalu telah melakukannya, maka Anda juga bisa menawarkan jasa ini sebagai layanan online.

Ide Bisnis Online untuk Pelajar #3 Menjadi Influencer di Media Sosial

Banyak siswa menghasilkan uang tanpa meninggalkan kamar mereka dengan mempromosikan sebuah brand di akun media sosial mereka dengan imbalan uang tunai. Jika Anda memiliki follower yang kuat dan pemirsa yang interaktif, merek mungkin tertarik untuk bekerja sama dengan Anda sebagai pemberi pengaruh.

Anda tidak perlu ribuan pengikut, Anda hanya perlu menemukan niche pasar Anda dan bersedia memposting konten yang mengangkat brand mereka beberapa kali sepekan.

Ide Bisnis Online untuk Pelajar #4 Menjadi YouTuber

Gunakan kamera milik Anda, sound equipment, dan bagroud yang bagus dan Anda bisa menjadi vlogger besar berikutnya. Vlog mode, tutorial make up, dan vlog perjalanan adalah tren populer di YouTube. Anda bahkan bisa mendokumentasikan challenges, joys, dan menceritakan kehidupan mengispirasi Anda sebagai siswa.

Menghasilkan uang di YouTube membutuhkan sedikit waktu dan usaha, tetapi jika viewer Anda mulai terjadi peningkatan, Anda berkesempatan untuk bisa menghasilkan uang melalui iklan atau channel membership.

Ide Bisnis Online untuk Pelajar #5 Become a Freelancer

Freelance adalah cara yang bagus untuk mendapatkan sedikit uang tambahan sampingan. Tetapi dengan sedikit kerja keras dan Anda bisa menjadikannya sebagai pekerjaan utama Anda. Anda bisa mencoba menjadi copywriter. Copywriting adalah layanan populer untuk ditawarkan karena banyak bisnis mencari copywriter untuk menulis blog dan artikel.

Peluang freelancer lainnya adalah fotografi dan desain grafis. Apapun keahlian Anda, freelance adalah cara beresiko rendah untuk memulai membangun basis klien dan menemukan niche market Anda.

Nah itu tadi 5 ide bisnis online untuk pelajar yang bisa Anda coba aplikasikan di rumah, selamat mencoba!

 

Leave a Comment