Tips Menanyakan Info Lowongan Kerja melalui WhatsApp

Tips Menanyakan Info Lowongan Kerja melalui WhatsApp

Teknologi semakin berkembang, cara orang menemukan info lowongan kerja pun makin bervariasi. Kini tidak perlu lagi mencari loker di dalam koran, pintu kantor, atau pada tiang listrik. Ada banyak situs web dan media sosial yang dapat membantumu.

Tips Menanyakan Info Lowongan Kerja melalui WhatsApp

Banyak orang yang memilih langsung mengontak recruiter untuk menanyakan info lowongan kerja. WhatsApp bukanlah pilihan yang tepat karena terlalu informal dan terkesan tidak sungguh-sungguh. Jika sudah semaksimal mungkin namun belum menemukan hasil, perhatikanlah hal berikut ini.

  1. Hindari Memulai Kontak di WhatsApp

Memang benar jika bertanya info lowongan kerja melalui WhatsApp tidak dilarang. Namun, pastikan pernah menghubungi recruiter sebelumnya dengan platform lain. Sebab, jika langsung menanyakan melalui WA bisa dianggap kurang sopan. Kontak lah terlebih dahulu via LinkedIn atau email.

  1. Perhatikan Waktu Pengiriman Chat

Untuk mengirimkan pesan kepada recruiter, sebaiknya tetap memperhatikan etika pengiriman pesan.  Hindari mengirim chat di WhatsApp lebih dari jam 7 malam atau mengirimkannya di luar jam kerja. Hal ini sangat penting untuk menunjukkan kesopanan dan menghindari kesan negatif.

  1. Ucapkan Salam Terlebih Dahulu

Sebelum memulai pembicaraan mengenai lowongan kerja di WhatsApp, ucapkanlah sapaan atau salam terlebih dahulu. Bisa dengan menggunakan “Assalamualaikum”, “Selamat pagi”, “Selamat siang”, atau “Selamat sore”. Hal ini merupakan salah satu etika dalam berkirim pesan.

  1. Gunakan Bahasa Formal dan Professional

Media sosial memang identik dengan tulisan informal dan disingkat-singkat. Namun perlu diingat untuk tidak melakukannya pada recruiter. Anggaplah WhatsApp sebagai platform yang sama dengan email. Gunakan bahasa yang seprofesional mungkin, pastikan tidak ada typo dan sesuai PUEBI serta KBBI.

  1. Singkat, Padat, dan Jelas

Hindari bertanya melalui WhatsApp dengan bahasa yang bertele-tele karena ini bukanlah surat. Pastikan pesan tersebut singkat, padat, dan jelas. Sebab recruiter tidak memiliki banyak waktu jika pesannya terlalu panjang.

  1. Jawab dengan Segera

Salah satu hal wajib dilakukan adalah menjawab dengan segera. Pastikan selalu stand by untuk menjawab pesan balasan. Sebab, recruiter sudah meluangkan waktunya untuk membalas chat. Yakinkah untuk menjawabnya dalam waktu yang lama?

Demikianlah penjelasan mengenai sopan tidaknya menanyakan info lowongan kerja melalui WhatsApp. Usahakan untuk tidak menjadikan WhatsApp sebagai jalan mencari info lowongan kerja kecuali bertanya pada teman. Semoga membantu.

Leave a Comment