Cara Membuat Bubur Jagung Mudah dan Enak Serta Banyak Manfaat

Cara membuat bubur jagung, makanan satu ini biasa di jadikan sebagai menu sarapan. Hal ini karena teksturnya yang lembut sehingga mudah di cerna oleh tubuh. Makanan satu ini juga dapat di jadikan sebagai salah satu menu alternatif untuk sarapan.

Bubur jenis ini memiliki rasa yang tidak kalah dengan bubur kacang hijau ataupun bubur yang di jadikan sarapan pada umumnya. Tidak hanya itu kandungan yang di miliki bubur jagung ini juga terbilang sangat banyak. Menu sarapan satu ini juga dapat di jadikan sebagai camilan pengganjal perut.

Sudah banyak yang menjual bubur jagung ini di pasaran. Makanan ini juga menjadi salah satu hasil kreativitas penjual untuk memanfaatkan hasil alam yang ada. Berikut adalah cara membuat bubur jagung.

 

Cara Membuat Bubur Jagung Enak dan Menyehatkan

cara membuat bubur jagung

Untuk mendapatkan bubur ini sangat mudah, karena bubur ini sudah banyak di perjual belikan di pasaran. Namun jika ingin membuat bubur ini sendiri juga sangat di anjurkan. Hal ini karena, dapat menjamin kualitas dan juga kebersihan makanan.

Bubur ini mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh. Bubur ini banyak mengandung vitamin yang sangat di perlukan oleh tubuh.

Kandungan dan Manfaat Bubur Jagung

Bubur jagung memiliki banyak sekali kandungan seperti vitamin A. Kandungan yang berada dalam bubur ini dapat membantu mencegah kerusakan mata. Bukan hanya itu saja, kandungan ini juga dapat membantu menjaga kulit, menjaga pencernaan dan juga kekebalan tubuh.

Selain kandungan vitamin, juga terdapat protein tentunya. Protein yang terkandung dalam bubur jagung ini memiliki banyak sekali fungsi. Contohnya saja adalah untuk membentuk enzim, dan juga terdapat karbohidrat yang membantu lebih lama kenyang.

Tidak ketinggalan juga kandungan mineral penting seperti fosfor, zat besi, zinc, natrium, vitamin B dan juga E.

Tips Memilih Jagung Untuk Membuat Bubur

Sebelum membuat bubur, tentunya persiapan bahan juga harus di lakukan. Jagung yang di gunakan untuk membuat makanan yang satu ini pun juga tidak sembarangan.

Hal ini memiliki tujuan yakni agar mendapat bubur yang memiliki rasa yang enak. Jagung yang di gunakan untuk membuat bubur ini haruslah jagung yang masih segar.

Ciri-ciri yang di miliki jagung segar ini adalah bijinya yang gemuk dan kuat, ukurannya mungil namun padat serta rumbai yang dimiliki berwarna kuning kecokelatan.

Resep Membuat Bubur Jagung

Bubur jagung menjadi salah satu menu alternatif yang dapat di jadikan sebagai sarapan. Setelah mengetahui tips memilah jagung sebagai bahan dasar pembuatan bubur, berikut adalah resep pembuatan bubur jagung.

Bahan Membuat Bubur Jagung

  • daun pandan yang diikat dengan simpul 2 lembar
  • Garam ½ sdt dan vanili ¼ sdt bubuk sebagai pemikat aroma
  • Tepung beras 2 sdm yang telah dilarutkan dengan air secukupnya
  • Jagung manis 2 buah berukuran besar, sisir dan tiriskan. Gunakan mesin perontok jagung untuk mempermudah pekerjaan
  • Air 700 ml
  • Santan 100 ml

Baca juga : Mesin-mesin lainnya pada web rumah mesin

Cara Membuat Bubur Jagung

  1. Pertama-tama cuci bersih jagung dan pisahkan dari daunnya. Kemudian haluskan dulu ½ jagung dengan air.
  2. Gunakan blender untuk memudahkan proses penghalusan. Jika jagung sudah halus kemudian saring dan juga pisahkan dari ampasnya.
  3. Sebelumnya jagung sisa tersebut di pipil dahulu, gunakan mesin perontok jagung untuk mempermudah pekerjaan, kemudian siapkan panci, dan masukan jagung halus yang sebelumnya sudah di saring.
  4. Masukkan juga bersama dengan sisa jagung yang sudah dipipil. Untuk memikat aroma dan menambah rasa, masukkan juga daun pandan, gula, santan, garam serta vanili bubuk.
  5. Masak menggunakan air sedang, jangan lupa untuk  terus mengaduk sampai mendidih dan matang.
  6. Tujuan pengadukan ini agar bubur tidak gosong. Setelah setengah matang  tuangkan larutan tepung beras sambil diaduk sampai merata.
  7. Masak kembali hingga bubur mendidih dan koreksi rasa. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

 

Leave a Comment