Apa Itu Crude Palm Oil?

Crude palm oil (CPO) adalah tidak benar satu style minyak nabati yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia, yakni lebih kurang 40% berasal dari semua style minyak nabati. Pemanfaatan minyak ini pun terlampau beragam, khususnya sebagai bahan pangan, industri kosmetik, industri kimia, industri pakan ternak, dan lain-lain.

 

Apa Itu Crude Palm Oil?

Seperti namanya, crude palm oil merupakan minyak kelapa sawit mentah. Produk ini diperoleh berasal dari hasil ekstrkasi atau proses pengempaan daging buah (mesocarp) kelapa sawit kebanyakan berasal dari spesies Elaeis guineensis dan belum mengalami pemurnian.

Minyak kelapa sawit mentah tidak sama dengan minyak inti kelapa sawit (palm kernel oil) samasekali keduanya dihasilkan oleh buah yang sama. Selain itu, minyak kelapa sawit mentah termasuk tidak sama dengan minyak kelapa yang dihasilkan berasal dari inti buah kelapa (Cocos nuifcera).

Perbedaan ini terletak pada takaran yang dimiliki oleh masing-masing style minyak. CPOpada dasarnya mempunyai warna kemerahan dikarenakan ada takaran beta-karoten yang tinggi.

Beta karoten sendiri merupakan senyawa awalan vitamin A yang termasuk merupakan pigmen berwarna dominan merah-jingga yang secara alami tersedia pada tumbuhan termasuk buah-buahan.

Sementara itu, inti minyak kelapa sawit tidak miliki takaran beta-karoten agar berasal dari komposisi warnanya pun berbeda. Adapun perbedaan takaran lemak jenuh di antara minyak kelapa sawit mentah, minyak inti kelapa, dan minyak kelapa cukup signifikan, yakni berturut-turut 41%, 81%, dan 86%.

 

Komponen Penyusun Crude Palm Oil

Komponen penyusun crude palm oil meliputi takaran senyawa, komposisi asam lemak, dan karakter fisika dan kimia.

Sebagai catatan, karakter fisika maupun kimia didalam minyak kelapa sawit mentah mampu berubah-ubah sesuai dengan kemurnian dan mutu berasal dari minyak tersebut.

Adapun yang dimaksud dengan karakter fisika dan kimia didalam minyak kelapa sawit mentah termasuk warna, bau, rasa, kelarutan, titik cair dan polymorphism, titik didih, titik nyala dan titik api, bilangan iod, dan bilangan penyabunan.

Untuk selengkapnya, berikut adalah daftar komponen penyusun minyak kelapa sawit mentah.

 

Leave a Comment