Klasifikasi Jenis Usaha Bumdes

Klasifikasi jenis usaha bumdes Jenis usaha bumdes terbaik Menentukan jenis usaha bumdes untuk dijalankan memang bukanlah hal yang mudah, beberapa macam persoalan timbul untuk menentukan sebuah usaha untuk Bumdes.

Salah satu Ide Usaha BUMDes yang paling stabil dalam meningkatkan dan mengembangkan BUMDes adalah dengan membangun sebuah sentralisasi ekonomi Desa.

Sebagai contoh, membangun sebuah sentra pemasaran yang dapat mengakomodasi hasil produktivitas warga Desa.

Dengan begitu Masyarakat Desa tidak akan lagi diatur oleh para tengkulak, yang mana sering membeli hasil bumi Masyarakat Desa dengan harga rendah.

Selain itu, Sentralisasi Ekonomi Desa juga dapat menghasilkan barang unggulan baru dari hasil pengolahan hasil bumi masyarakat Desa dengan memanfaatkan Teknologi Tepat Guna.

 

Berikut ini adalah beberapa Jenis Usaha Bumdes yang bisa dengan mudah dijalankan

  1. Pengolahan Hasil Pertanian

Pengolahan Hasil Pertanian Masyarakat Desa contohnya padi menjadi produk beras dengan kualitas yang bagus serta pengemasan yang baik sehingga banyak dicari oleh pasar luas.

  1. Pengolahan Hasil Bumi

Pengolahan Hasil Bumi menjadi produk makanan, pakaian, kerajinan dengan sempurna serta pengemasan yang siap untuk pasar Ekspor.

  1. Pengolahan Sampah

Pengolahan Sampah Organik maupun Non-Organik membuat produk yang lebih bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi yang lebih,Seperti pupuk ataupun cacahan plastik yang siap untuk daur ulang.

  1. Membentuk Kelompok Industri Pengolahan Buah Maupun Sayur

Pengolahan Buah Maupun Sayur hasil dari masyarakat Desa menjadi produk yang memiliki nilai tinggi dan dapat menarik minat calon konsumen.

  1. Membentuk Kelompok Peternak Desa

Membentuk Kelompok Peternak Desa serta memberikan ilmu dan metode beternak yang bagus dengan memanfaatkan teknologi tepat guna.

  1. Mengelola Lingkungan

Pengelolaan Lingkungan Desa yang dapat mengembangkan menjadi desa wisata, kampung industri, kampung edukasi, kampung ekonomi, ataupun kampung kampung jenis lainnya.

Yang dapat menghasilkan nilai materil yang lebih serta menjadikan pedoman yang baik bagi desa desa lainnya.

  1. Mendirikan Marketplace Digital Dengan mengikuti Zaman Dan Selalu Berinovasi

Dan pastinya merupakan dengan memanfaatkan perkembangan zaman, yakni dengan menerapkan teknik Marketing Digital disemua lini usaha BUMDes.

Serta jangan berhenti dalam berinovasi, karena Inovasi adalah salah satu kunci sebuah usaha dapat bertahan lama sekaligus berkembang.

Itu tadi, adalah Jenis Usaha BUMDes yang sangat cocok diterapkan di BUMDes dalam proses mengembangkan serta menggerakkan ekonomi sebuah Desa.

Semua hasil bumi dari Desa manapun, Insyaallah jika diprodukasi serta diproses dengan sistem serta cara yang benar ditambah lagi tersedianya teknologi yang memadai.

Sehingga dapat memproduksi beberapa produk unggulan desa yang Insyaallah dapat meningkatkan perekonomian Desa dan Masyarakatnya.

Meskipun tidak memiliki keuntungan sefantastis Desa Ponggok namun, kehadiran BUMDes Multianggaluku Mandiri di Desa Kalukubula Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi tengah mampu memajukan taraf hidup masyarakatnya.

Usaha toko penyaluran barang barang bersubsidi dari pemerintah sangat meringankan masyarakat untuk bisa menikmatinya secara meratam sehingga kualitas dan kemampuan hidup mereka menjadi terjamin.

Dengan modal 35 juta yang berasal dari dana desa BUMDes ini menjadi jalan sebagian subaidi pemerintah seperti beras, gas elpiji, gula dan bawang merah.

Antusias masyarakat yang luar biasa membuat BUMDes ini ramai didatangi dan barang yang ada ditoko selalu habis terjual.

Meakipun begitu jumlah keuntungan yang diperoleh hanya mencapai 4 juta perbulannya, Namun hal itu tidak menjadi penghalang untuk bisa membuka jenis usaha lain dari hasil keuntungan tersebut.

Dalam waktu dekat rencananya akan dibuka warung kopi dengan  akses internet yang termasuk.

Baca Juga: Jenis usaha terbaik bumdes

 

 

 

Leave a Comment