Fungsi Mesin Pendingin Makanan Cepat Saji

Fungsi mesin pendingin makanan cepat saji atau biasa kita sebut freezer merupakan mesin pendingin yang dibutuhkan oleh ibu rumah tangga. Biasa ibu rumah tangga menggunakan mesin ini untuk menyimpan bahan makanan agar tidak cepat membusuk. Maka itu saya akan menjelaskan fungi mesin pendingin makanan cepat saji yang perlu kamu ketahui.

Berikut Fungsi Mesin Pendingin Makanan Cepat saji

Sebagai Tempat Menyimpan Makanan

Fungsi utama dari mesin ini adalah sebagai tempat penyimpanan makanan atau bahan makanan, Tetapi juga bisa untuk menyimpan minuman. Apalagi bahan makanan yang harus disimpan ditempat yang kering dan juga sejuk.

Mesin pendingin juga bisa kamu manfaat sebagai tempat usaha makanan cepat saji kamu seperti toko roti dan masih banyak lagi. Karena mesin pendingin makanan juga berfungsi untuk menghambat makanan tidak cepat basi. Sehingga banyak restoran atau rumah rumah yang memiliki mesin pendingin makanan untuk menyimpan bahan makanan atau pun makanan cepat saji.

Dapat Membuat Makanan dan Minuman Tertata Rapi

Mesin pendingin makanan selain untuk menyimpan makanan atau minuman juga dapat membuat makanan tertata dengan rapi. Mesin pendingin makanan juga terdapat rak rak untuk menaruh makanan atau bahan makanan.

Seperti rak pada mesin pendingin maka kamu bisa menata rapi minuman dan juga makanan, jika kamu memiliki usaha minuman dan makanan maka dengan mesin pendingin kamu bisa menata dengan rapi agar menarik pembeli. Selain itu  juga terdapat rak sayuran, rak telur dan masih banyak lagi. Tapi perlu kamu ketahui tidak semua mesin pendingin memiliki rak tersebut, karena setiap mesin pendingin memiliki bentuk yang berbeda beda.

Menjaga Makanan tetap Fresh

Kesegaran makanan juga dapat mempengaruhi rasa makanan yang di hasilkan makanan yang masih segar akan lebih enak untuk dimakan. Bahan makanan seperti buah buahan, sayur, atau ikan akan tetap terjaga kesegaranya jika di simpan di mesin pendingin makanan, tetapi tidak semua bahan makanan bisa di simpan di dalam lemari pendingin.

Sebagai Alat Bantu Mengolah Makanan

Mesin pendingin bukan hanya untuk menyimpan makanan atau bahan makanan saja, mesin pendingin makanan juga bisa membantu untuk pengolahan makanan. Misal digunakan untuk mendapatkan manfaat agar agar bagi kesehatan, agar agar akan lebih cepat padat jika di suhu yang dingin.

Selain agar agar bisa juga bisa untuk membekukan makanan, membuat es krim, memadatkan agar mudah saat dipotong potong .

Dapat Meningkatkan Citarasa Pada Makanan dan Minuman

Salah satu fungsi utama mesin pendingin makanan adalah mendinginkan makanan atau minuman. Seperti untuk mendapatkan manfaat dari minum es. Kamu juga bisa menyimpan minuman atau makanan siap saji yang enak disajikan saat dingin seperti minuman kemasan, soft drink, puding, salad dan masih banyak lagi.

Jika kamu berjualan seperti jus, puding maka kamu sangat perlu mesin pendingin makanan tersebut karena dengan adanya mesin makanan akan tetap aman dan juga tambah nikmat.

Mengawetkan Makanan atau Minuman

Jika kamu memilikin usaha minuman dan makanan menggunakan mesin pendingin makanan dengan memiliki manfaat yang berbeda. Setiap ruangan mesin pendingin tidak hanya bisa mendinginkan makanan tetapi harus juga bisa menjadikan bahan bahan makanan lebih awet dan daya simpan yang lama.

Baca juga: Kegunaan Mesin Pendingin Freezer

Tips Cara Membersihkan Mesin Pendingin Agar Bebas Jamur dan Bakteri

Membersihkan Showcase Cooler atau Mesin Pendingin Makanan

Intensitas penggunaan yang tinggi membuat pendingin ini perlu dirawat dan dibersihkan secara berkala. Jika tidak, maka akan berjamur dan banyak dipenuhi bakteri yang membuat etalase tidak higenis dan tidak segar. Selain itu juga janka umur mesin pendingin akan berkurang.

Pastikan Showcase Dalam Keadaan Mati

Langkah yang harus diperhatikan dengan baik adalah semua listrik pada mesin pendingin. Hal ini dapat mengakibatkan masalah bila masih ada arus listrik. Sebelum kamu membersihkanya pastikan tidak terhubung ke dalam listrik. Kemudian semua rak pada showcase.

Bersihkan Bagian Luar

Langkah kedua adalah kamu membersihkan semua pintu kacanya dengan menggunakan kain yang lembut atau kamu dapat menggunakan kain kanebo. Pastikan pintu display cooler atau kaca pada pintu sudah benar benar bersih. Dengan begitu aneka minuman atau produk pada display cooler terlihat menarik.

Membersihkan Bodi Mesin Pendingin Makanan

Bersihkan bagian luar bodi dengan cairan pembersih kaca, lap basah dan kain yang lembut. Kamu dapat menggunakan cairan aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Agar bersih bagian dalam mesin pendingin, bersihkan dengan lap basah dan kemudian lap menggunakan kain kering dan lembut.

Jangan Membersihkan Bagian Lampu

Kamu juga tidak perlu membersihkan pada area lampu karena hal ini adalah bagian yang sensit terjadinya konleting.  Jika ingin membersihkanya usahakan fitting pada lampu tidak tersenggol dan terkena udara apalagi terkena air. Dan berisihkan dengan hati-hati karena jika tersenggol ataupun terkena air maka lampu dalam tidak akan menyala ketika digunakan.

Bersihkan Rak Secara Terpisah

Karena biasanya rak-rak minum mudah dilepas. Rak yang dilepas, dibersihkan dalam keadaan yang terpisah dengan cara disikat dan digosok menggunkan sedikit sabun. Setelah itu bilas menggunakan air bersih mengalir dan keringkan rak-rak menggunkan kain lembut, kemudian pasang kembali seperti semula.

 

 

Leave a Comment