Tips Memotong Daging Sapi Segar Agar Steak Semakin Empuk

Tips memotong daging sapi segar agar steak semakin empuk, Ada banyak faktor pada saat memasak steak yang bisa memengarhuhi hasil akhirnya, salah satunya dengan cara memotong daging sapi. Ternyata, ada teknik yang khusus untuk memotong sebuah daging yang khusus dalam cara memotong sebuah daging sapi agar menu pada steak semakin enak lho!

Untuk berbagai jenis jenisĀ  daging, baik itu sebuah daging sapi, kambing, hingga daging ayam, kelezatannya akan semakin terasa apa bila hasil pada olahan daging empuk dan juicy. Namun, tidak hanya jenis daging atau hasil potongan daging yang mempengaruhi hasil pada akhirnya.

Tips Memotong Daging Sapi Segar Agar Steak Semakin Empuk

Tips memotong daging sapi segar agar steak semakin empuk

1. Gunakan pisau yang sangat tajam

Untuk memotong sebuah daging sapi, anda perlu menggunakan sebuah pisau yang super tajam. Hal ini juga berkaitan dengan kemudahan sebuah proses cara pemotongan.

Apabila pisau yang anda gunkan tidak terlalu tajam, proses pada pemotongan daging akan jadi semakin susah dan lama. Nah, jika anda menggunakan sebuah pisau yang sangat tajam, maka anda akan lebih sangat mudah pada saat pemotongan daging.

Selain itu juga, pisau yang sangat tajam juga akan memberikan hasil daging yang sangat sempurna.

2. Perhatikan alur serat pada daging

Ini adalah hal yang paling penting selanjutnya pada saat memotong sebuah daging sapi. Serat pada daging memiliki pola yang beragam. Oleh karena itu, anda wajib untuk mengamati terlebih dahulu arah serat daging sapi.

Setelah anda sudah mengetahui arahnya, maka anda akan siap untuk lanjut pada proses selanjutnya, yaitu memotong sebuah daging.

3. Potong secara berlawanan arah dengan serat daging

Ini dia fungsi untuk mengetahui arah serat pada daging terlebih dahulu sebelum anda memotong sebuah daging sapi. Yang harus anda lakukan adalah dengan memotong daging secara berlawanan arah dengan arah seratnya.

Cara ini merupakan langkah yang sangat tepat untuk cara memotong daging sapi supaya empuk. Dengan begitu juga, hasil pada daging pastinya akan menjadi lebih empuk dan anti alot dar pada daging yang anda potong dengan mengikuti arah seratnya.

4. Perhatikan ketebalan pada potongan daging

Selain anda mengetahui cara memotongnya yang benar, anda juga harus tahu bahwa ketebalan pada potongan daging juga dapat mempengaruhi empuk atau tidaknya sebuah daging tersebut.

Hal ini juga berkaitan dengan serat pada daging terdiri atas otot yang sangat padat dan sejajar satu sama lain. Meski anda telah memotongnya secara berlawanan arah dengan serat, potongan daging yang tebal akan tetap menyisihkan otot yang sangat sulit anda kunyah.

Oleh karena itu, cara memotong sebuah daging sapi tips cocok untuk anda apabila anda ingin daging yang lebih empuk. Jangan sampai potongan daging anda terlalu tebal.

Sebenarnya, apa sih serat daging?

Sedari tadi, anda telah memahami sebuah cara yang sangat tepat untuk memotong sebuah daging sapi, yaitu secara berlawanan arah dengan serat daging sapi. Namun, apa itu serat daging sapi yang sebenarnya?

Pengertian serat daging yaitu yang mengarah kepada arah dari serat otot yang ada pada potongan daging sapi. Serat pada otot ini benar benar sangat kuat karena ia mampu menyokong aktivitas sapi dalam bergerak.

Pada serat daging bisa dilihat dengan secara kasat mata dengan memperhatikan sebuah garis garis yang melintasi pada potongan daging.

Nah maka dari itu cara menjual es krim walls di toko, tidak semua jenis pada daging sapi ini memiliki serat yang sangat mudah untuk anda lihat begitu saja. Biasanya, potongan daging seperti halnya tenderloin lebih sulit untuk anda identifikasi sebuah seratnya dibandingkan dengan bagian flank atau samcan serta skirt.

Leave a Comment