Membuat Kue Cubit

Membuat kue cubit, bolu atau kue bolu adalah kue berbahan dasar tepung, gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus.

Cake yang dihias dengan lapisan dari krim mentega, fondant, atau marzipan disebut kue tart. Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun.

Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu acara. Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan peran cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan.

Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan tumpeng. Cake berukuran besar dengan bentuk persegi empat atau bundar dimaksudkan untuk dipotong-potong ketika dijual atau disajikan. Kue bolu yang digulung dan berisi krim mentega atau selai disebut bolu gulung.

Berbagai macam puding juga menggunakan bahan dasar potongan kue bolu yang diletakkan di dasar loyang sebelum disiram dengan agar-agar. Alat pengocok kue digunakan untuk mengocok telur atau mentega dengan gula hingga mengembang.

Gelembung udara di dalam adonan membuat kue menjadi empuk setelah matang. Penambahan lemak nabati atau hewani dalam bentuk mentega, margarin, santan, atau shortening ke dalam adonan membuat tekstur kue menjadi lebih lembut.

Bahan kimia pengembang, penstabil, dan pengemulsi sering ditambahkan ke dalam adonan untuk hasil kue yang lebih baik. Campuran tepung kue siap pakai menawarkan kemudahan dalam pembuatan kue bolu dan mengurangi kemungkinan kue menjadi gagal.

Salah satu merek tepung kue siap pakai yang terkenal adalah Duncan Hines, sedangkan di Indonesia dikenal tepung kue siap pakai dengan merek Pondan. Kue bolu ini rasanya enak dan cara membuatnya cukup sederhana. Tampilannya juga sangat menggugah selera.

Maka dari itu, kue tersebut sering dijadikan makanan utama di sebuah pesta atau acara. Mesin penepung diskmill serbaguna. Mesin penepung diskmill serbaguna.

 

Jenis-Jenis Kue

1. Bika Ambon

Bika Ambon merupakan kue tradisional legendaris khas Sumatera Utara. Kue ini banyak dijual untuk oleh-oleh ketika berkunjung ke Medan. Ciri khas bika ambon punya rongga atau jaring di bagian dalamnya. Bika ambon termasuk kue basah yang kini memiliki varian rasa coklat, durian, keju, sampai pandan.

Bika Ambon terbuat dari tepung tapioka, telur, gula, dan santan. Waktu yang diperlukan untuk memasak kue ini sekitar 12 jam. Bika Ambon bisa kenyal sampai 4 hari. Lebih dari 4 hari tekstur kue akan mengeras namun rasanya masih tetap sama.

2. Lepuk Durian

Lempuk durian merupakan makanan tradisional Riau yang tersebar di Kota Tarempa atau Letung. Kue ini disebut juga dodol buah durian siantan yang dikenal legit dan empuk. Bahan membuat lempuk durian yaitu gula sebagai pengawet alami, daging durian, dan gula merah.

Kemudian bahan tersebut dimasukkan dalam kuali lalu dicampur. Lempuk durian membutuhkan waktu memasak sekitar 3-4 jam sampai adonan mengental.

 

Resep Membuat Kue Cubit

Bahan-Bahan :

  • 8 sdm terigu
  • 6 sdm gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1 sdm margarine
  • 1 sachet SKM
  • 120 ml air
  • vanili secukupnya

Topping :

  • Keju parut
  • Cokelat meses

Cara Membuat :

  1. Campur telur dan gula. Aduk dengan whisk sampai merata.
  2. Masukan tepung terigu, baking powder, baking soda, susu yang sudah ditambahkan air, dan margarine.
  3. Masukan vanili, lalu aduk sampai adonan tidak bergerinjil.
  4. Panaskan cetakan dengan api kecil, lalu oleskan mentega di seluruh permukaannya. Tuang adonan.
  5. Setelah adonan dituang, beri topping di atasnya. Tutup cetakan dengan tutup panci.
  6. Angkat dan sajikan.

Leave a Comment