Cara Mengemas Keripik Singkong dan Keripik Lainnya

Cara Mengemas Keripik Singkong dan Keripik Lainnya

Cara mengemas keripik, kemasan merupakan identitas dari suatu produk yang kita buat agar menjadi lebih higienis dan terjaga kualitasnya oleh karena itu perlu adanya kemasan. Sebagai seorang produsen keripik, Anda harus tahu betapa pentingnya kemasan terhadap produk yang Anda buat. Selain itu juga kemasan dapat melindungi produk Anda dari berbagai macam hal. Hal ini membuat kemasan semakin bermanfaat untuk produk, sebelum membahas cara mengemas keripik akan terlebih dahulu membahas apa saja manfaat dari kemasan.

Mengapa Kita Perlu Mengemas Keripik?

Dari dulu, produk yang berada di dalam kemasan sangat berguna dan berfungsi untuk melindungi produk yang Anda miliki. Seiring berjalannya waktu, fungsi kemasan mulai diakui sebagai salah satu kekuatan yang paling utama dalam persaingan pasar. Dulu, kemasan masih terbuat dari kayu, batu, kain, keramik, dan kaca. Pada saat itu, kemasan ini yang berfungsi untuk melindungi sebuah produk terhadap cuaca, debu, dan yang lainnya. Jadi, bagaimana dengan fungsi utama pada kemasan produk saat ini?

1. Identitas suatu produk

Dikutip dari beberapa sumber yang ada, kemasan produk ini dapat berfungsi untuk identitas produk. Hal ini karena warna, ukuran, baik bentuk khusus dari kemasan bisa berbeda-beda. Sehingga dapat diidentifikasikan atau pun dibedakan dari macam produk pesaing lainnya.

2. Melindungi dan mengawetkan produk

Secara keseluruhan, fungsi kemasan produk ini yaitu untuk melindungi isinya dari berbagai macam-macam jenis kerusakan produk. Kerusakan-kerusakan pada produk ini bisa terjadi, karena pada saat penyimpanan produk didalam gudang baik handling atau pun pada saat pengiriman.

3. Keamanan produk dan konsumen serta legalitas

Pada kemasan produk ini sangat penting untuk memastikan sebuah keamanan produk dan pembeli. Hal ini disebabkan karena selain mencantumkan nama merek, juga memuat informasi produk dan informasi keamanan. Misalnya bahan baku pembuatan, bahkan informasi mengenai risiko.

4. Media promosi

Fungsi pada kemasan selanjutnya adalah sebagai media untuk pemasaran dan promosi. Oleh karena itu, kemasan ini harus memiliki pengaruh yang baik terhadap keputusan konsumen. Warna, logo, simbol, desain, komposisi, manfaat, dan keunggulan sangat memengaruhi peningkatan daya beli konsumen.

5. Meningkatkan efisiensi

Efisiensi menjadi salah satu banyaknya fungsi utama dari kemasan produk ini. Karena, hal ini berpengaruh terhadap kecepatan distribusi pada produk. Kemasan haruslah memiliki efisien dan simpel agar mudah unuk dihitung, dipindahkan, diangkat, atau pun disimpan, sehingga tidak terjadinya penghambatan pendistribusian pada produk.

Itulah beberapa manfaat kemasan produk untuk Anda yang khususnya memiliki atau berencana membuka usaha camilan keripik singkong atau chips, Anda harus mencari beberapa referensi kemasan menarik dan keren.

cara mengemas keripik singkong dan keripik lainnya

Cara Mengemas Keripik Singkong

Untuk Anda yang memiliki usaha keripik singkong, Anda harus tahu bagaimana cara mengemas keripik singkong yang baik dan benar agar bisa memiliki tampilan yang bagus dan menarik daya tarik konsumen.

Dalam hal cara mengemas keripik singkong biasanya Anda sering menemui dalam bentuk kemasan plastik. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa keripik singkong ini juga termasuk produk yang perlu dikemas dalam bentuk semenarik mungkin agar menarik para pembeli dan konsumen.

Kemasan keripik singkong sendiri hampir sama seperti kemasan keripik lainnya, hanya saja perbedaan paling kentara adalah pada material bahan yang akan di pilih. Sama halnya dengan usaha bawang goreng, bawang goreng juga perlu adanya pengemasan Anda bisa baca pada artikel berikut usaha bawang goreng aneka rasa. Pada pengemasan keripik singkong menggunakan plastik yang disablon. Dengan kemasan ini tentunya tampilan keripik lebih rapi dan menarik. Selain itu pada kemasannya terlihat jelas desain gambanya.

Banyaknya pengusaha atau pebisnis kuliner keripik singkong UKM telah memilih menggunakan kemasan pouch dengan menambahkan material nylon, untuk system ini segelnya menggunakan tipe pressing sealer. Tetapi, ada pula sebagian produsen yang ingin memilih menggunakan kemasan standing zipper pouch ini. Nah, khususnya bagi tipe zipper kemasan ini dirasa paling strategis untuk mengemas keripik UKM ini.

Mengapa tipe zipper?

  • Bahan yang kuat dan tebal
  • Pada segi system zipper lock pada kemasan ini memungkinkan isi produk agar tetap baik meski mengalami buka tutup
  • Terdapat tipe standing, membuat produk Anda semakin berkelas dan elegant
  • Mempunyai variasi ukuran banyak

Hal-hal diatas merupakan kelebihan dari plastik zipper pouch dibanding dengan bahan nylon pouch. Tetapi, kekurangan pada kemasan keripikĀ  singkong yang satu ini adalah adanya yang harga yang lebih mahal dari pada harga singkongnya. Jadi, Anda perlu melakukan kalkulasi dari sisi ekonomi ini untuk mengurangi hal yang kurang baik, namun dari segi promosi dan branding ini merupakan hal yang harus bisa Anda terapkan dan strategiskan.

Leave a Comment